5 Cara Memasak Bebek Agar Lebih Empuk, Tidak Amis, dan Enak Disantap

ads

Cara Memasak Bebek – Menu kuliner berbahan bebek semakin digemari di masyarakat. Selain rasanya yang lebih gurih dibandingkan unggas lainnya, banyak orang yang meyakini bahwa bebek ini memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik. Namun selain keunggulannya tsb, ternyata ada kekurangan bebek yang membuat sebagian orang tak menyukainya. Ya, bau bebek dan dagingnya yang alot merupakan tantangan sendiri bagi yang akan memasaknya.

Banyak orang yang belum mengerti cara memasak bebek yang benar untuk mendapatkan cita rasa nikmat, sehingga mereka lebih memilih membelinya di resto-resto atau warung makan yang sudah pasti enak.

Beberapa cara memasak bebek yang paling digemari adalah digoreng, ditumis, dan dipanggang / dibakar. Nah agar daging bebek tsb tidak amis dan empuk maka diperlukan tips khusus untuk mengolah daging bebek.

cara memasak bebek agar lebih empuk dan tidak amis

Ilustrasi cara memasak bebek agar lebih empuk dan tidak amis serta menggugah selera (image: Bebek Kaleyo)

Baca juga: Cara Praktis Menghilangkan Bau Kambing Pada Masakan

Tips / Cara Memasak Bebek Agar Tidak Amis dan Empuk

Berikut ini beberapa langkah membuat masakan daging bebek yang dapat Anda coba agar dagingnya empuk dan menghilangkan bau khas bebek yang amis.

  1. Pilih Bebek Muda

Agar mendapatkan citarasa yang baik dan empuk sebaiknya pilihlah bebek muda / bebek “ABG”. Bebek yang sudah berumur memiliki tekstur daging yang lebih alot dan keras.

  1. Bersihkan Bebek

Cara memasak bebek yang kedua adalah membersihkan bebek tsb baik dari bulu maupun kotoran lainnya. Bulu sebaiknya dibersihkan sempurna karena adanya bulu sedikit saja dapat mengurangi selera makan. Selain bulu, Anda pun harus membersihkan jeroan dan sebaiknya bagian brutu / tungir dibuang saja karena brutu / tungir merupakan salah satu sumber bau amis.

  1. Potong Bebek Sesuai dengan Kebutuhan

Cara memasak bebek berikutnya adalah memotong daging bebek sesuai kebutuhan. Sebaiknya potonglah dengan ukuran tidak terlalu kecil agar tidak mempengaruhi tekstur daging dan tidak terlalu besar juga sehingga bumbu-bumbu akan mudah menyerap. Pemotongan ukuran sedang pun akan mempercantik tampilan saat disajikan.

  1. Lumuri Dengan Jeruk Nipis

Setelah pemotongan bebek, langkah selanjutnya adalah mencucinya. Cucilah potongan daging bebek tsb dengan air bersih yang mengalir. Setelah itu untuk mengurangi bau amis bebes, lumurilah dagingnya dengan air perasan jeruk nipis, lalu biarkan selama +/- ½ jam sebelum lanjut ke cara memasak bebek berikutnya.

sponsor
  1. Rebus Daging Bebek dengan Rempah

Merebus terlebih dahulu sebelum mengolahnya adalah cara memasak bebek agar dagingnya empuk dan tidak amis berikutnya. Menambahkan rempah-rempah pada saat merebusnya merupakan cara efektik menghilangkan bau amis bebek. Anda bebas menambahkan rempah-rempah yang Anda sukai namun sebaiknya tambahkan rempah yang sesuai dengan yang akan digunakan saat pengolahan akhir. Misalnya Anda akan membuat sup bebek, maka tambahkan rempah-rempah seperti serai, lengkuas, jahe, daun salam, dan daun jeruk. Rebus sekitar 1 jam sehingga lemak / minyak dari dalam daging bebek keluar. Buanglah busa dan minyak/lemak yang mengapung di atas air rebusan / kaldu ini.

Itulah 5 cara memasak bebek agar lebih empuk dan tak bau amis yang dapat Anda coba. Sekarang Anda siap mengolah daging bebek ke tahap akhir yaitu membuat menu olahan sesuai selera Anda, apakah digoreng, ditumis, ataupun dibakar sesuai resep masakan bebek andalah Anda.

Dengan tips membuat masakan bebek di atas diharapkan Anda tak segan lagi menyiapkan menu enak bergizi berbahan bebek untuk anggota keluarga. Semoga cara memasak bebek untuk menghilangkan bau amis bebek dan membuat daging bebek lebih empuk di atas dapat berguna untuk Anda. Selamat mencoba …

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Iklan
loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara memasak bebek agar tidak amis -caramemasakbebek -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.