Cara Praktis Mengecat Ulang Furnitur Kayu yang Kusam Agar Kinclong Kembali

ads

Cara Praktis Mengecat Ulang Furnitur Kayu – Furnitur kayu termasuk salah salah satu jenis furnitur yang banyak digemari. Furnitur kayu dengan ukiran khusus seperti ukiran Jepara akan memberikan kesan bernuansa etnik yang indah. Nah keindahan tsb akan berkurang seiring dengan pertambahan usia dan lamanya pemakaian, warna furnitur kayu pun tampak kusam dan usang.

Betul sekali, salah satu masalah yang sering muncul pada furnitur berbahan kayu adalah permukaannya yang tampak kusam dan usang. Tentunya ini akan membuat penampilan rumah Anda nampak kusam pula. Nah bila Anda memiliki masalah yang sama, jangan buru-buru membuang furnitur lama Anda dan menggantinya dengan yang baru karena masih ada cara jitu untuk menyiasatinya. Ya betul, dengan pengecatan ulang! Lalu bagaimana cara mengecat ulang furnitur kayu agar kinclong kembali?

Bila Anda memiliki pertanyaan yang sama, yuk simak tips pengecatan furnitur kayu yang akan diulas oleh CaraPraktis.Info berikut ini ..

cara mengecat ulang furnitur kayu

Cara Mengecat Ulang Furnitur Kayu (image: articlesweb.org)

Baca juga: Cara Praktis Menghilangkan Noda Putih Bekas Air di Furnitur Kayu

Cara Mengecat Ulang Furnitur Kayu Yang Kusam Agar Kinclong dan Tampak Baru

Sebagai seorang pemula, Anda mungkin khawatir bila pengecatan ulang furnitur kayu tsb malah akan membuat furnitur tsb tidak menarik lagi, hasil cat yang tidak rapi, dsb. Kekhawatiran Anda tsb sebetulnya dapat diatasi dengan cara mengecat ulang furnitur kayu yang kusam tsb secara hati-hati, mengikuti garis alur kayu.

Baca juga: Cara Praktis Memilih Furnitur Kayu Jati Berkualitas Dan Awet

Alat dan Bahan yang Diperlukan dalam Pengecatan Ulang Furnitur Kayu

Berikut ini adalah peralatan dan bahan yang diperlukan:

sponsor
  • Ampelas
  • Kuas
  • Dempul
  • Cat
  • Varnish

Langkah dan Cara Mengecat Ulang Furnitur Kayu

  • Gunakan amplas yang agak kasar secara hati-hati untuk mengikis permukaan cat lama pada furnitur kayu.
  • Kikis lagi permukaan furnitur dengan amplas yang lebih halus untuk meratakan permukaan furnitur kayu.
  • Jemur furnitur kayu di bawah sinar matahari selama 3 – 5 hari. Hal ini bertujuan agar urat / alur kayu terlihat jelas. Seperti yang Anda ketahui, timbulnya urat / alur kayu ini justru akan menambah nilai estetika dari furnitur kayu itu sendiri.
  • Ratakan permukaan furnitur dengan mengamplasnya sekali lagi menggunakan amplas halus. Pastikan permukaan furnitur benar-benar halus dan rata.
  • Bila terdapat retakan atau celah pada permukaan furnitur kayu Anda, lakukan pendempulan dulu. Retakan tsb biasanya muncul di bagian sudut atau bagian sambungan. Biarkan mengering sempurna.
  • Ratakan lagi dengan amplas untuk bagian yang didempul tadi.
  • Bila permukaan furnitur sudah halus, rata dan tidak ada lubang / celah, sekarang saat nya melakukan pengecatan sesuai warna pilihan Anda. Namun pastikan menggunakan cat yang telah dilengkapi anti rayap ya agar furnitur kayu Anda tetap awet. Lakukan pengecatan secara hati-hati dan berurutan. Biarkan mengering dengan sempurna.
  • Untuk mengkilapkan permukaan furnitur, kuaskan juga varnish. Penggunaan varnish cukup tipis saja di seluruh permukaan furnitur.

Nah itulah cara mengecat ulang furnitur kayu Anda yang kusam. Sekarang Anda dapat melakukan pengecatan furnitur kayu sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat …

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Iklan
loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara mengecat kayu -cara mengecat kayu yang kusam -cara mengecat ulang furniture kayu -cara mengecat ulang lemari kayu -mengecat ulang mebel jepara -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.