Cara Merawat Rantai Motor Agar Tetap Awet

ads

Cara Praktis – Seperti yang kita ketahui, salah satu komponen terpenting motor yang harus tetap terjaga dan terawat ialah rantai. Dalam hal ini Anda harus bisa merawat rantai motor agar tetap awet sekalipun sudah bertahun-tahun digunakan. Disini kadar rantai terbaik yang bisa Anda gunakan biasanya bisa memakan waktu 1-2 tahun. Namun kadar waktu tersebut jangan dijadikan patokan jika sebelumnya Anda belum pernah melakukan perawatan pada rantai sepeda motor.

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan ulasan singkat terkait cara merawat rantai motor agar tetap awet. Adapun beberapa cara dibawah ini bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus pergi ke mekanik. Lantas seperti apakah cara merawat rantai motor agar tetap awet? Daripada penasaran, langsung saja yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Cara Merawat Rantai Motor Agar Tetap Awet

Cara Merawat Rantai Motor Agar Tetap Awet

Dibawah ini carapraktis.info akan memberikan cara merawat rantai motor agar tetap awet. Adapun beberapa cara tersebut diantaranya:

Bersihkan Rantai Secara Teratur

Seperti yang sudah kita ketahui, rantai motor merupakan salah satu komponen paling rawan dihinggapi debu. Dalam hal ini bisa Anda cek sendiri pada rantai motor Anda, apakah bersih atau malah banyak debu yang menempel? Kondisi rantai yang banyak debu alangkah baiknya jika segera dibersihkan dengan kain yang lembut. Disini Anda bisa memulainya dengan membersihkan menggunakan kain lembut yang kering. Setelah dibersihkan barulah Anda menginjak pada langkah kedua berikut ini!

Semprot dengan Chain Lube

Chain Lube atau minyak rantai merupakan aksesoris wajib yang harus Anda miliki. Disini peran dari chain lube sendiri ialah mengolesi rantai agar halus ketika bergesekan dengan roda gigi. Usahakan ketika memilih chain lube pilihlah versi pabrikan (jika ada). Namun jika tidak ada, Anda boleh memilih chain lube versi premium.

Jangan Lupa Siram Ketika Terkena Air Hujan

Rantai yang sering terkena air hujan dan jarang dibilas menggunakan air bersih rupanya bisa menyebabkan korosi dengan cepat pada permukaan rantai lho! Hal ini mengingat sifat air hujan yang bersifat asam sehingga mempercepat korosi ketika terkena udara. Untuk menghindari terjadi korosi pada rantai motor, alangkah baiknya ketika terkena air hujan langsung disiram menggunakan air bersih ya 🙂

sponsor

Nah itulah tadi ulasan singkat terkait cara merawat rantai motor agar tetap awet. Melihat ketiga langkah diatas cukup mudah untuk dilakukan, tentu kami yakin Anda bisa melakukannya sendiri tanpa perlu ke mekanik 🙂

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Iklan
loading...

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.