Cara Mengubah Font Pada Smartphone Android

ads

Cara Praktis – Kustomisasi pada smartphone berjenis Android memang tidak ada habisnya. Mulai dari mengganti tema, mengganti wallpaper, membuat locker, hingga merubah font. Kegiatan kustomisasi ini dilakukan untuk memperindah dan mempercantik tampilan smartphone. Pada beberapa smartphone Android seperti Samsung kegiatan kustomisasinya lebih mudah, hal ini dikarenakan pihak produsen smartphone tersebut sudah memberi dukungan kustomisasi. Lantas bagaimana dengan smartphone yang tidak mendapat dukungan seperti itu?

Pada beberapa smartphone local memang tidak diberi dukungan kustomisasi, sehingga ketika sang pengguna ingin mengganti font, terlebih dahulu hal yang harus mereka lakukan adalah dengan melakukan proses rooting. Proses rooting merupakan proses pengambilan hak akses Android, jadi ketika smartphone kalian dalam keadaan rooting maka kalian bisa dengan bebas mengganti font sesuka hati. Pada kesempatan kali ini carapraktis.info akan memberikan cara mengubah font pada smartphone android. Mau tau caranya bagaimana? Yuk simak langkah berikut ini!

Cara Mengubah Font Smartphone Android

Cara Mengubah Font Pada Smartphone Android

Untuk Smartphone yang sudah mendapat dukungan (Samsung)

cara mengubah font pada smartphone android

Untuk smartphone yang sudah mendapatkan dukungan oleh pihak produsen, caranya sangat mudah sekali, tinggal pergi menuju menu setting –> Devices –> Font –> Font style.

Untuk Smartphone yang tidak mendapat dukungan

cara mengubah font pada smartphone android

Untuk smartphone yang tidak mendapat dukungan kustomisasi, cara yang ditempuh lumayang susah. Jadi tolong perhatikan dan cermati agar kalian tidak salah langkah. Hal pertama yang harus disiapkan adalah aplikasi rooting (bagi Anda yang sudah di root Androidnya lsilahkan lanjut pada proses selanjutnya).

Untuk cara rooting smartphone Android berbeda-beda tergantung dari type dan merk smartphone tersebut. Disini penulis sarankan untuk melakukan googling tentang bagaimana cara root smartphone merk X type Y, atau Anda juga bisa dengan memasuki komunitas forum Android.

Setelah Smartphone kalian sudah di root, langkah selanjutnya adalah dengan mendownload aplikasi Font Installer. Aplikasi Font Installer merupakan aplikasi yang menyediakan berbagai jenis font untuk Anda gunakan, namun untuk menggunakannya dibutuhkan hak akses root.

sponsor

Untuk mendapatkan aplikasi Font Installer, silahkan Anda download versi terbarunya di Play Store, karena disana tersedia gratis.

Setelah terdownload dan terinstall, langkah selanjutnya adalah membuka aplikai tersebut. setelah aplikasi tersebut terbuka, silahkan pilih font mana yang ingin Anda gunakan, klik pada font tersebut dan pilih install. Jika ada permission Super User, pilih Grant/yes/ijikan. Setelah itu akan muncul pemberitahuan untuk melakukan restart, maka restartlah smartphone kalian dan lihat hasilnya.

Semoga cara mengubah font pada smartphone android diatas bisa membantu Anda yang sedang ingin mengganti font Android, sekaligus bisa menambah wawasan dan ilmu bagi pembaca lainnya. Mohon maaf apabila carapraktis.info tidak memberikan cara root smartphone Android, hal ini dikarenakan untuk melakukan proses rooting setiap smartphone berbeda cara, serta resiko yang diterima bila gagal bisa berakibat pada bootlop )

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Iklan
loading...

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.