Inilah Kegunaan Baking Soda Untuk Rumah Anda Selain Untuk Bikin Donat …

ads

Kegunaan Baking Soda – Mungkin Anda mengenal baking soda sebagai salah satu zat tambahan dalam memasak terutama untuk pengembang adonan roti dan donat. Namun sebetulnya, bentuk alami senyawa ini yaitu sodium bikarbonat telah digunakan sejak zaman dulu kali sebagai sabun.

Selain sebagai zat pembersih dan pengembang kue, ternyata banyak sekali manfaat baking soda untuk kesehatan tubuh termasuk sangat berguna untuk rumah Anda. Nah bila Anda penasaran apa saja kegunaan baking soda untuk rumah Anda, yuk simak ulasan Kumpulan Cara Praktis berikut ini …

kegunaan baking soda untuk rumah Anda

Baking Soda (image: undergroundhealth.com)

Baca juga: Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Sendiri di Rumah

Aneka Kegunaan Baking Soda Untuk Mengatasi Segala Macam Masalah di Rumah Anda

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda harus menyediakan baking soda di rumah ..

  1. Kegunaan Baking Soda untuk Membersihkan Dapur Anda

Cipratan minyak, bumbu ataupun air seringkali membuat noda membandel di dapur kesayangan Anda. Akibatnya dapur terasa jorok. Nah bagi Anda yang memiliki masalah yang sama, cobalah gunakan baking soda dengan cara menaburkannya di permukaan dapur yang ingin dibersihkan. Gunakan spon untuk menggosoknya dan dapur pun menjadi cling …. Anda juga dapat menambakan lemon, lavender ataupun peppermint oil untuk memberikan aroma segar di dapur Anda.

Baca juga: Model Kitchen Set Minimalis Modern Dan Murah Untuk Dapur Mungil

  1. Fungsi Baking Soda untuk Mencuci Panci dan Wajan

Anda sering kesal karena panci / wajan Anda sulit dibersihkan? Coba gunakan baking soda! Untuk mendapatkan manfaat baking soda ini, rendamlah panci / wajan dalam larutan baking soda selama 15-20menit. Ajaib, semua lemak ataupun sisa makanan akan bersih!

Anda pun dapat menggunakan ramuan baking soda ini untuk membersihkan panggangan daging juga loh!

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Gosong Pada Wajan Teflon

  1. Kegunaan Baking Soda dalam Membersihkan Karpet

Karpet yang bersih akan membuat penggunanya merasa nyaman. Namun banyak sekali produk pembersih karpet di pasaran yang mengandung zat kimia berbahaya. Nah bila Anda suka akan hal yang alami, cobalah dengan menaburkan baking soda pada permukaan karpet lalu biarkan selama 15-20menit. Lalu vakumlah untuk menyedot semua kotoran yang ada pada karpet tsb. Karpet pun bersih dan bebas bau!

Baca juga: Cara Praktis Merawat dan Membersihkan Karpet

  1. Manfaat Baking Soda untuk Mencuci Baju Bayi

Baking soda pun dapat digunakan untuk membersihkan dan melembutkan pakaian bayi. Untuk menggunakannya, tambahkan 1 takaran baking soda ke mesin cuci.

  1. Kegunaan Baking Soda untuk Mencuci Buah dan Sayur

Takut sisa sabun yang menempel di permukaan buah dan sayur termakan? Cobalah gunakan baking soda untuk mencuci buah dan sayur tsb. Caranya campurkan 1 sdt baking soda ke dalam air lalu gunakan pasta ini untuk menggosok buah dan sayur lalu kemudian bilas dengan air bersih mengalir. Baking soda sangat baik untuk menghilangkan bakteri yang ada di permukaan buah dan sayur.

Baca juga: Cara Menyimpan Sayuran Agar Tetap Segar dan Lebih Awet

  1. Fungsi Baking Soda untuk Mencuci Peralatan Berbahan Perak

Buatlah pasta dengan mencampurkan 3 bagian baking soda ke dalam 1 bagian air. Gosokkan pasta ini ke peralatan perak lalu biarkan hingga 15-20 menit sebelum membilasnya. Peralatan perak Anda pun akan kinclong kembali …

  1. Kegunaan Baking Soda untuk Membersihkan Microwave

Hindari penggunaan pembersih yang mengandung bahan kimia berbahaya. Sebagai alternatifnya, gunakan baking soda untuk membersihkan bagian dalam microwawe. Sisa makanan dan lemak pun akan mudah dibersihkan.

  1. Manfaat Baking Soda untuk Mengatasi Saluran Tersumbat

Minyak, lemak, dan rambut dapat menyumbat saluran air. Untuk mengatasi pipa yang tersumbat, gunakan campuran baking soda dan cuka apel dan biarkan terjadi gelembung hingga 15 menit. Setelah itu bilaslah dengan air panas.

Baca juga: Cara Ampuh Mengatasi WC Mampet di Rumah Anda

  1. Kegunaan Baking Soda dalam Mencuci Piring

Piring berlemak memang sulit dibersihkan, alternatifnya tambahkan baking soda ke sabun cuci piring. Baking soda efektif menghilangkan noda lemak dan minyak yang pada peralatan makan Anda.

  1. Manfaat Baking Soda untuk Pemadam Api Ringan

Tumpahan minyak di kompor dapat terbakar. Bila Anda tak memiliki “hand fire extinguisher” sebagai APAR di dapur, Anda dapat menaburkan baking soda pada api sebagai alternative untuk memadamkannya.

sponsor
  1. Kegunaan Baking Soda untuk Menghilangkan Bau Sepatu

Salah satu cara mengatasi bau sepatu adalah dengan menaburkan baking soda ke dalamnya lalu bersihkan beberapa menit kemudian.

  1. Fungsi Baking Soda untuk Menghilangkan Noda Kopi dan Teh

Minum kopi ataupun teh dapat memberikan efek relaksasi namun masalahnya gelas ataupun poci yang digunakan untuk minum ataupun membuat kopi seringkali berbekas yang sulit dibersihkan. Untuk mengatasi noda bekas kopi atau teh ini dapat dilakukan dengan membuat campuran ¼ cangkir baking soda dengan 946ml air hangat. Gosokan campuran tsb untuk mencuci poci, gelas, ataupun cangkir, biarkan beberapa jam lalu bilaslah.

Baca juga: Cara Praktis Merawat Gelas Dan Cangkir

  1. Kegunaan Baking Soda untuk Membersihkan Tirai Kamar Mandi

Noda sabun seringkali membekas pada tirai kamar mandi. Untuk membersihkannya, Anda dapat menggosokkan baking soda ke permukaan tirai bernoda tsb. Jangan lupa tambahkan sedikit air.

  1. Manfaat Baking Soda untuk Mengusir Bau Tak Sedap di Toilet

Toilet Anda berbau? Cobalah letakkan secangkir baking soda di sudut ruangan toilet untuk menyerap bau tak sedap. Agar beraroma lebih segar, tambahkan irisan lemon atau gunakan minyak peppermint.

  1. Kegunaan Baking Soda untuk Mencuci Mobil

Baking soda mampu menghilangkan noda berlemak atau berminyak serta debu. Buat pasta dengan mencampurkan ¼ cangkir baking soda dengan 1 cangkir air hangat. Gunakan spon untuk menggosokkan pasta tsb di mobil (seperti pada ban, lampu, kursi, maupun kaca jendela), kemudian bilas menggunakan air. Anda pun dapat menggunakan larutan ¼ cangkir baking soda dalam 3,8 liter air untuk membersihkan kotoran di bodi mobil. Pastikan baking soda sudah larut sempurna untuk menghindari terjadinya goresan / baretan pada bodi mobil.

Baca juga: Cara Praktis Merawat dan Membersihkan Kaca Mobil Agar Tetap Kinclong dan Bebas Goresan

  1. Manfaat Baking Soda untuk Menghilangkan Bau Kotoran Kucing

Bila Anda memelihara kucing tentunya Anda ingin kandang kucing tsb bebas bau kotoran maupun pipisnya. Anda dapat menggunakan baking soda di lapisan bawah baru letakan wadah kotoran kucing di atasnya. Saat Anda selesai membersihkan kotoran kucing tsb, taburkan baking soda di atas wadah tsb.

Baca juga: 5 Cara Praktis Mengusir Kucing Liar Dari Dalam dan Pekarangan Rumah

Itulah beberapa kegunaan baking soda untuk rumah Anda. Jadi selalu sediakan zat ini di rumah ya! Semoga bermanfaat:

Sumber Referensi: draxe.com, mercola.com

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

Iklan
loading...

loading...

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.