3 Cara Memperbaiki Kolam Ikan yang Bocor, Praktis dan Mudah

ads

Cara Memperbaiki Kolam Ikan Yang Bocor – Adanya kolam ikan baik di dalam rumah maupun di halaman rumah dapat menambah keindahan rumah juga membuat penghuni rumah merasa lebih nyaman dan betah. Agar tetap bersih dan indah dipandang maka kolam ikan tsb harus dirawat.

Salah satu masalah yang seringkali membuat kesal pemiliknya adalah kolam ikan yang bocor. Air yang diisi ke dalam kolam tiba-tiba surut dan kita pun harus sering-sering mengisi air kolam lagi. Sebetulnya cara memperbaiki kolam ikan yang bocor tidak begitu sulit namun diperlukan keuletan untuk mencari posisi kebocoran yang tepat.

Nah bagi Anda yang mengalami masalah yang sama dan mencari cara memperbaiki kolam ikan yang bocor, silahkan simak ulasan CaraPraktis.Info berikut ini …

cara mengatasi kebocoran kolam ikan

source: samhomedecor.com

Baca juga:

Penyebab Kebocoran Kolam Ikan

Sebelum membahas mengenai cara mudah mengatasi kebocoran kolam ikan, sebaiknya ketahui dulu beberapa penyebab bocornya kolam ikan. Beberapa di antarnya adalah karena retakan, ada celah, dan sambungan.

Beberapa lokasi kolam yang sering mengalami kebocoran antara lain dinding kolam yang terkena kucuran hujan dari atap, dinding kolam sekitar pepohonan, dinding kolam terbawah, dasar kolam di bawah pancuran, dan sambungan kolam dengan pipa / paralon.

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Kebocoran Pipa Air Penyebab Rembesan di Rumah

Cara Mudah Memperbaiki Kolam Ikan Yang Bocor

Berikut ini adalah langkah sederhana sebagai solusi dalam mengatasi kebocoran kolam ikan, yaitu:

Cara Mengatasi Kolam Ikan Yang Bocor #1: Temukan Lokasi Kebocoran

Untuk menemukan lokasi kebocoran dapat dilakukan dengan cara mengisi kolam ikan sampai penuh lalu tunggu sampai batas di mana air kolam berhenti berkurang. Tandailah posisi ketinggian air tsb lalu cobalah periksa seluruh permukaan dinding kolam di sekitar posisi tsb ke atas. Apakah ada celah, retakan, ataupun pipa sambungan?

Cara Memperbaiki Kolam Ikan Yang Bocor #2: Persiapan Penambalan

Bila lubang penyebab kebocoran sudah ditemukan, sekarang saatnya Anda melakukan persiapan penambalan untuk mengatasi kebocoran kolam ikan tsb. Cobalah perbesar lubang tsb untuk mempermudah proses penambalan dan daya rekat semen pun menjadi lebih kuat.

cara memperbaiki kolam ikan yang bocor

source: pondpro2000.com

Cara Mengatasi Kebocoran Kolam Ikan #3: Proses Penambalan

Langkah ketiga dalam memperbaiki kolam ikan yang bocor adalah proses penambalan. Untuk memberikan daya rekat dan daya tahan yang lebih baik sebaiknya gunakan campuran adonan semen dengan pencampur / additive yang memeliki daya lapis, daya rekat, dan daya tambal tahan air. Banyak produk yang dijual di pasaran, silahkan tanyakan ke toko matrial yang ada di tempat Anda berada.

Penambahan additive ini penting selain untuk mengatasi kolam ikan yang bocor juga untuk mencegah kebocoran kolam ikan tidak terulang kembali.

sponsor

Setelah tambalan kering sempurna, cobalah periksa ulang apakah masih terjadi kebocoran atau ada lubang kebocoran lainnya yang belum ditambal.

Silahkan ulangi tahap di atas untuk mengatasi kebocoran kolam ikan karena ada celah / lubang lainnya.

Bila sudah tidak bocor, sekarang saatnya Anda rapikan permukaan tambalan pada dinding tsb dengan cara pengacian dan pengecatan sesuai warna kolam agar tidak belang.

Itulah 3 cara mudah memperbaiki kolam ikan yang bocor. Semoga yang bermanfaat ..

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

Iklan
loading...

loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara mengatasi kolam bocor -cara menambal kolam beton yang bocor -mengatasi kolam bocor -cara menambal kolam bocor -cara menambal kolam ikan yang bocor -kolam ikan bocor -cara mengatasi kolam ikan bocor -cara memperbaiki kolam bocor -kolam bocor -cara perbaiki kolam ikan bocor -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.