Cara Membuat Lubang Resapan Biopori di Halaman Rumah Anda

ads

Cara Membuat Lubang Resapan Biopori – Sedikitnya area resapan air dan banyaknya saluran air yang tersumbat sampah telah membuat banjir banyak melanda kota-kota di Indonesia hanya dengan intensitas hujan lebat sebentar saja. Masalah klise yang terus berulang tiap tahunnya padahal air hujan tsb dapat dimanfaatkan loh sebagai cadangan air di musim kemarau.

Salah satu cara memanfaatkan air hujan dan menanggulangi banjir adalah dengan cara membuat lubang resapan biopori di halaman rumah Anda. Cara ini dapat membuat air hujan tidak terbuang begitu saja namun dapat terserap dan tersimpan di dalam tanah sebagai cadangan air. Untuk membuatnya pun tak sulit, silahkan simak tips membuat biopori di pekarangan rumah berikut ini yang akan diulas oleh CaraPraktis.info.

Apa Itu Biopori?

Lubang resapan biopori adalah suatu lubang tempat resapan air melalui pori-pori tanah. Pori-pori tsb dapat terbentuk secara alami karena adanya makhluk hidup seperti cacing tanah. Cacing tanah inilah yang harus diberi makan dengan sampah organik. Banyaknya pori-pori inilah yang akan membuat genangan air cepat terserap ke dalam tanah.

Fungsi lubang resapan biopori juga dapat menjadi tempat sampah organik sekaligus untuk menyuburkan tanah sekitar dan meningkatkan kualitas air (karena air terfilter dalam pori-pori tsb).

Baca juga: 9 Cara Mencegah Pemanasan Global Yang Dapat Anda Lakukan, Mudah Loh!

Lalu Bagaimana Cara Membuat Lubang Resapan Biopori di Pekarangan Rumah?

Untuk membuat lubang biopori sebetulnya cukup mudah. Anda hanya perlu membuat lubang lalu mengisinya dengan sampah organik. Berikut ini adalah langkah-langkah nya ..

cara membuat lubang resapan biopori dan cara memanfaatkan air hujan

  1. Tentukan Posisi Biopori

Cara membuat lubang resapan biopori yang pertama adalah menentukan posisi lubang biopori itu sendiri. Idealnya sebuah lubang biopori berukuran 10-15cm dengan kedalaman 80-100cm dengan jarak antar lubang setidaknya 1 meter.

sponsor
  1. Pembuatan Lubang Biopori

Cara membuat lubang resapan biopori berikutnya adalah membuat lubang. Pembuatan lubang tsb dapat menggunakan alat pembuat biopori, bor tanah, atau bila tidak memilikinya dapat pula menggunakan bambu.

  1. Pembuatan Pori

Cara membuat lubang resapan biopori yang terakhir adalah membuat porinya. Seperti yang telah disebutkan di atas, pori-pori pada lubang tsb akan terbentuk secara alami oleh adanya makhluk hidup di dalam lubang seperti cacing. Agar cacing tsb betah dan membuat pori-pori maka cacing tsb harus diberi makan sampah organik. Pemberian makan tsb sebaiknya dilakukan setiap 5 hari sekali dengan cara mengambil kompos yang terbentuk terlebih dahulu agar lubang biopori tidak penuh.

Nah itulah 3 cara membuat lubang resapan biopori yang dapat Anda lakukan di pekarangan rumah Anda. Agar tanah sekeliling lubang tidak mudah longsor, Anda dapat menggunakan pipa di mulut lubang sebagai penahan, atau memplester beton sekeliling mulut lubang. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba …

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Iklan
loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara membuat biopori murah di halaman rumah -cara membuat biopori -cara membuat biopori di halaman rumah -membuat lubang biopori di halaman rumah -cara buat biopori -cara bikin sumur biopori di taman rumah -cara membuat biofori -biopori halaman rumah -cara membuat biopori buat taman#spf=1 -membuat lubang resapan air -

One Response

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.