Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

ads

Penyebab Kulkas Tidak Dingin – Kulkas / lemari es merupakan salah satu barang elektronik wajib terutama untuk masyarakat perkotaan. Tak hanya digunakan untuk mendinginkan minuman atau membuat aneka es, kulkas pun digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman agar tetap terjaga kualitasnya dalam waktu yang lebih lama.

Baca juga: Cara Menyimpan Sayuran Agar Tetap Segar dan Lebih Awet

Lalu bagaimana bila kulkas tsb tidak dingin? Tentunya akan merusak kualitas dari makanan dan minuman yang disimpan di dalamnya. Makanan akan lebih cepat busuk dan Anda pun harus merogoh kocek lebih banyak. Penyebab kulkas tidak dingin tsb bermacam-macam. Beberapa diantaranya dapat Anda atasi sendiri loh walaupun Anda orang awam sekalipun. Namun beberapa penyebab lemari es kurang dingin lainnya memang perlu penanganan ahli di bidangya.

Nah apa saja penyebab lemari es kurang dingin yang dapat Anda atasi sendiri sebagai orang awam? dan kondisi yang mana sebaiknya Anda serahkan ke ahlinya? Yuk ikuti ulasan penyebab kulkas tidak dingin dan cara mengatasinya yang akan dibahas oleh CaraPraktis.Info berikut ini ..

penyebab kulkas tidak dingin

Baca juga: Cara Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC

Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya Yang Dapat Anda Lakukan Sendiri di Rumah

Seperti yang telah disinggung sedikit di atas, penyebab lemari es kurang dingin belum tentu “parah” sehingga memerlukan jasa service. Ternyata beberapa di antaranya disebabkan oleh hal-hal yang tampak sepele namun sering terlupakan. Apakah itu?

Berikut ini adalah beberapa penyebab kulkas tidak dingin yang mungkin terjadi pada lemari es Anda dan dapat Anda tangani sendiri, yaitu:

Lupa Mengatur Suhu

Penyebab kulkas tidak dingin ini mungkin dirasa sepele namun dapat saja terjadi. Tidak ada salahnya bila Anda memeriksanya, terutama bila Anda baru saja membersihkan kulkas dan menekan / memutar tombol “defrost” untuk mencairkan es. Coba atur suhu ke posisi terdingin untuk memastikannya.

Pintu Kulkas Tidak Tertutup Rapat

Pintu lemari es yang tidak menutup rapat merupakan penyebab kulkas tidak dinginCoba periksalah apakah karet seal masih dalam kondisi baik dengan permukaan rata? Bila ada yang mengganjal karet seal tsb coba dibersihkan, bila karet tertarik coba dikembalikan ke posisi semula. Bila karet seal pintu tsb memang sudah aus, cobalah ganti dengan yang baru.

Selain karena karet sealnya, penyebab kulkas tidak dingin pun dapat disebabkan oleh terlalu seringnya membuka pintu kulkas. Terutama bila Anda memiliki anak-anak, mereka biasanya senang dengan udara sejuk dan sengaja membuka pintu kulkas dalam waktu yang lama.

Jarak Kulkas Terlalu Dekat dengan Sumber Panas

Meletakkan kulkas yang terlalu dekat dengan sumber panas seperti kompor, penanak nasi elektrik, dsb dapat membuat udara sekitar kulkas menjadi hangat dan menjadi salah satu penyebab kulkas tidak dingin. Cobalah periksa kembali kulkas Anda dan jauhkan dari sumber-sumber penghasil panas tsb.

Terlalu Banyak Memasukkan Makanan

Cobalah periksa kulkas Anda apakah terlalu banyak terisi makanan? Kulkas yang terlalu penuh dapat mengurangi jumlah aliran udara dan menjadi penyebab kulkas tidak dingin. Apalagi bila Anda terbiasa memasukkan makanan yang masih panas ke dalam kulkas, sebaiknya segera tinggalkan kebiasaan tsb.

Kumparan Kondensor Kotor

Kumparan kondensor yang terletak di bagian belakang atau bawah kulkas dapat saja kotor oleh debu dan kotoran lainnya. Kondisi kondesor yang kotor ini dapat menjadi penyebab kulkas tidak dingin karena kinerja kompresor tidak optimal. Cobalah bersihkan kondesor untuk mengatasi lemari es kurang dingin tsb, namun ingat cabut dulu colokan kulkas dari steker sebelum melakukannya ya untuk menghindari risiko tersetrum listrik.

Itulah beberapa penyebab lemari es kurang dingin dan cara mengatasinya yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah walaupun Anda orang awam sekalipun.

Penyebab Lemari Es Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya Untuk Tingkat Lanjut

Nah selain penyebab kulkas tidak dingin yang dapat Anda atasi sendiri di rumah, memang ada penyebab lainnya yang sebaiknya Anda serahkan ke ahlinya. Bukan hanya karena kemampuan elektronika Anda yang mungkin terbatas namun terutama mungkin Anda tak memiliki peralatan yang diperlukan untuk memperbaiki kulkas tidak dingin tsb seperti Freon, pentil pengisian, dll.

sponsor

Berikut ini adalah beberapa penyebab kulkas tidak dingin dan sebaiknya Anda serahkan ke ahlinya untuk mengatasinya, yaitu:

Kerusakan pada Sistem Refrigan (Freon)

Pada jenis kulkas 1 pintu biasanya tidak dibekali dengan sistem “defrost” dan “fan” yang dapat membantu membersihkan bunga es. Pada jenis kulkas ini, pipa kapiler sistem refrigan dapat mudah tersumbat karena ukurannya yang kecil terutama bila lemari es tidak dibersihkan dengan baik. Inilah yang menjadi penyebab kulkas tidak dingin.

Selain kerusakan pada sistem refrigan, freon yang bocor juga merupakan penyebab kulkas tidak dingin. Sebaiknya minta ahli service untuk menambal dan mengisinya kembali.

Kerusakan pada Kompresor

Kompresor bertugas untuk menyebarkan udara dingin pada lemari es. Kompresor yang rusak merupakan penyebab kulkas tidak dingin.

Thermostat Rusak

Thermostat merupakan komponen pengatur suhu yang akan menjaga suhu lemari es sesuai yang diinginkan. Selain thermostat, komponen pengatur suhu lainnya adalah defrost, fan, heater, timer. Bila  salah satu komponen tsb rusak atau semuanya maka dapat menjadi penyebab kulkas tidak dingin karena akan mengganggu kinerja kompresor.

Itulah beberapa informasi penyebab kulkas tidak dingin dan cara mengatasinya. Semoga artikel di atas bermanfaat ..

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

Iklan
loading...

loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

Penyebab kulkas tidak dingin -kulkas tidak dingin -penyebab kulkas kurang dingin -kulkas kurang dingin -kulkas tidak mau dingin apa penyebabnya -kenapa kulkas tidak dingin -kulkas tdk dingin -kulkas baru tidak dingin -penyebab kulkas -kulkas kura -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.