Cara Merawat Kulkas Agar Awet dan Hemat Listrik

ads

Cara Merawat Kulkas – Salah satu manfaat yang dapat dirasakan dengan adanya kulkas / lemari pendingin adalah untuk meyimpan makanan dan minuman agar tetap segar dan lebih awet. Namun fungsi kulkas tsb tidak dapat tercapai bila kita sebagai penggunanya tidak melakukan perawatan dengan benar.

Tak hanya agar kulkas tsb lebih awet, cara merawat kulkas yang dilakukan secara rutin pun dapat membuat kulkas Anda tidak boros listrik loh.

Tak hanya kulkas, semua peralatan elektronik sangat rentan rusak apalagi bila tidak dirawat dengan baik. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, CaraPraktis.Info mengajak pembaca semua untuk mulai menyayangi barang-barang di rumah Anda dengan cara merawat kulkas yang akan dibahas berikut ini.

Baca juga: Cara Menghemat Listrik pada Pemakaian AC

Cara Merawat Kulkas Agar Awet dan Hemat Listrik

Sebetulnya tips perawatan kulkas supaya awet berikut ini adalah cukup sederhana namun perlu kedisiplinan Anda untuk melakukannya. Ada 3 cara merawat kulkas agar awet dan hemat listrik, yaitu menggunakannya secara bijak sesuai petunjuk penggunaan, rutin membersihkannya, dan apa yang harus dilakukan bila kulkas tsb tidak akan dipakai dalam waktu yang lama.

cara merawat kulkas

source: worderfulengineering.com

Untuk lebih jelasnya, yuk kita ulas satu per satu cara merawat lemari pendingin seperti berikut:

Cara Merawat Kulkas #1: Gunakan dengan Bijak

Setiap kali Anda membeli peralatan elektronik, biasakanlah untuk membaca petunjuk penggunaannya. Hal ini penting karena banyak kasus barang elektronik yang cepat rusak karena salah dalam menggunakannya.

Berikut ini adalah beberapa poin penting dalam penggunaan kulkas sebagai cara merawat kulkas agar tetap awet dan hemat listrik, yaitu:

Isi Kulkas Secukupnya Sesuai Kemampuannya

Kulkas yang diisi terlalu penuh dapat membuat tidak ada ruang untuk sirkulasi udara dan menjadi penyebab kulkas tidak dingin. Hindari memasukkan barang berat seperti botol besar terutama di bagian pintu agar pintu kulkas tidak cepat rusak. Ini merupakan langkah mudah cara merawat kulkas agar tidak cepat rusak.

Hindari Memasukkan Makanan dan Minuman Yang Masih Panas

Saat Anda akan memasukkan makanan dan minuman ke dalam kulkas, pastikan makanan dan minuman tsb sudah dingin atau mencapai suhu ruang. Ini penting untuk membuat kulkas yang awet dan suhu kulkas pun tetap terjaga.

Biasakan Pintu Kulkas Tertutup Rapat

Agar sistem pendingin kulkas bekerja optimal dan mencapai suhu dingin lebih cepat, biasakan untuk segera menutup kulkas dengan rapat. Dengan cara merawat kulkas ini maka Anda pun sudah melakukan langkah penghematan listrik loh. Terlalu sering / terlalu lama membuka pintu kulkas merupakan penyebab lemari es kurang dingin.

Jauhkan Kulkas Dari Sumber Panas

Biasanya kulkas memang disimpan di dapur untuk mempermudah penggunaannya. Walaupun demikian sebaiknya letakkan kulkas jauh dari sumber panas seperti kompor dan perhatikan juga jangan letakan kulkas terlalu dekat dengan tembok, biasakan ada jarak sekitar 20cm untuk sirkulasi udara pada kondensor. Cara merawat kulkas lainnya adalah sebaiknya letakkan kulkas di tempat yang terlindung dari cahaya matahari langsung.

Hindari Set Suhu Terlalu Rendah

Karena ingin cepat-cepat mendapatkan es batu, biasanya ada yang ga sabar dengan mengatur suhu ke posisi terdingin. Sebaiknya hal ini jangan dilakukan karena akan memaksa sistem pendingin bekerja lebih berat selain itu dapat memboroskan listrik. Set suhu sesuai kebutuhan merupakan cara merawat kulkas agar lebih awet.

sponsor

Cara Merawat Kulkas #2: Bersihkan Secara Berkala

Selain mengikuti petunjuk penggunaan, Anda pun harus mengikuti petunjuk pembersihan kulkas yang tertera pada buku manualnya. Biasanya pihak produsen akan menyarankan pembersihan kulkas setiap 2 minggu sekali sebagai cara merawat kulkas agar awet dan tahan lama.

Membersihkan kulkas secara berkala pun tak hanya merupakan cara merawat kulkas supaya awet dan hemat listrik namun juga mencegah makanan dan minuman di dalamnya tidak terkontaminasi kuman yang ada di dalam kulkas. Cara ini pun dapat mengatasi bau tak sedap dalam kulkas loh!

Berikut ini adalah beberapa poin penting dalam pembersihan kulkas sebagai cara merawat kulkas yang baik dan benar, yaitu:

  • Keluarkan semua isi kulkas.
  • Pindahkan posisi pengatur suhu ke “defrost” untuk mencairkan es di freezer. Jangan pernah mengikis es dengan pisau atau benda tajam lainnya.
  • Setelah mencair semua, gunakan air hangat yang telah dicampur sabung cuci piring, lalu usapkan spon yang lembut untuk melap / membersihkan bagian kulkas.
  • Bersihkan sisa sabun lalu keringkan menggunakan lap kering.
  • Atur posisi pengatur suhu ke suhu yang diinginkan.
  • Masukkan kembali isi kulkas yang telah dilap / dibersihkan. Jangan lupa periksa bila ada makanan / minuman yang telah kadaluarsa sebaiknya dibuang saja.

Selain membersihkan isi kulkas, membersihkan kondensor yang biasanya ada di belakang atau bawah kulkas juga merupakan cara merawat kulkas yang awet dan hemat listrik. Biasanya bagian ini seringkali cepat berdebu. Jangan lupa cabut dulu colokan kulkas sebelum membersihkannya agar terhindar dari risiko sengatan listrik.

Cara Merawat Kulkas #3: Matikan Kulkas Bila Tidak Digunakan

Bila karena suatu hal Anda harus meninggalkan rumah dan kulkas tidak digunakan dalam waktu yang lama, sebaiknya keluarkan isi kulkas, cairkan es, bersihkan kulkas, dan keringkan. Jangan lupa cabut colokan kulkas untuk menghindari risiko kerusakan kulkas dan hubungan arus pendek pada listrik rumah Anda.

Itulah beberapa cara merawat kulkas agar lebih awet dan tahan listrik. Semoga bermanfaat …

Iklan

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara merawat kulkas agar awet dan hemat listrik -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.