Cara Menyimpan Sayuran Agar Tetap Segar dan Lebih Awet

ads

Cara Menyimpan Sayuran Agar Tetap Segar – Sayuran termasuk salah satu makanan sehat yang harus selalu ada di setiap menu makan Anda. Anda tentunya sudah mengerti akan manfaat dan khasiat sayuran ini yang sangat baik untuk kesehatan Anda.

Namun di samping hal itu, ada permasalahan yang muncul. Sayuran yang notabene merupakan bahan alam organik sangat mudah sekali layu dan busuk. Membeli sayuran secukupnya atau menanam sayuran di pekarangan dengan waktu penanaman yang berbeda merupakan salah satu alternatif agar Anda dapat terus mengkonsumsi sayuran segar. Lalu bagaimana bila hal tsb tidak memungkinkan? Maka Anda pun perlu mencari tahu cara menyimpan sayuran agar tetap segar dan lebih awet.

Dari segi ekonomi, membeli sayuran di pasar tentunya akan jauh lebih murah dibandingkan di tukang sayur namun jumlah pembelian di pasar tidak dapat sedikit seperti halnya di tukang sayur. Atau bila Anda lebih menyukai sayuran hasil tanam sendiri, Anda pun harus mengetahui tips trik penyimpanan sayuran ini agar tidak mudah busuk saat masa panen tiba. Cara menyimpan sayuran di kulkas agar tetap segar pun ada triknya loh! Tenang saja .. karena cara menyimpan sayuran agar tetap segar yang akan diulas oleh Kumpulan Cara Praktis berikut ini memang sangat mudah.

Cara Menyimpan Sayuran Agar Tetap Segar

Cara Menyimpan Sayuran Agar Tetap Segar (divia.com)

Baca juga: Cara Praktis Mengolah Daging Kurban Yang Enak, Sehat, dan Awet

Cara Menyimpan Sayuran Agar Tetap Segar dan Lebih Awet

Nah bila Anda memiliki masalah yang sama seperti yang diutarakan di atas, berikut ini adalah beberapa tips penyimpanan sayuran agar tidak mudah layu dan busuk walaupun tanpa tambahan pengawet …

  • Pastikan Hanya Membeli Sayuran Segar!

Saat akan membeli sayuran pastikan Anda memilih sayuran yang benar-benar segar dan berkualitas baik. Sebaik apapun cara menyimpan sayuran agar tetap segar tidak akan berhasil / efektif bila sayuran yang Anda simpan tsb ternyata sudah layu atau mulai busuk.

  • Cucilah Hingga Bersih!

Ada yang bilang jangan cuci sayuran bila akan disimpan karena dapat mempercepat pembusukan. Pendapat tsb tidak sepenuhnya benar karena masih ada cara menyimpan sayuran agar tetap segar walaupun dicuci terlebih dahulu. Pencucian ini sendiri dimaksudkan untuk menghilangkan kotoran yang menempel sehingga nantinya sayuran tsb sudah siap tinggal diolah saja tanpa perlu mencuci lagi. Selain itu peyimpanan bahan makanan yang telah bersih pun tak akan mengkontaminasi bahan makanan lainnya. Anda tak mau donk kulkas Anda jadi sarang kuman?

Nah setelah sayuran tsb dicuci bersih, tiriskan dulu sayuran tsb untuk menurunkan kadar air penyebab pembusukan.

  • Simpan Dalam Keadaan Utuh

Menyimpan dalam keadaan utuh tanpa terpotong-potong merupakan cara menyimpan sayuran agar tetap segar dan tahan lama. Memotong sayuran akan membuat lebih banyak bagian sayuran yang terpapar dengan udara sehingga rentan akan pembusukan atau layu dan kering. Namun bila Anda ingin lebih praktis, Anda dapat saja memotongnya agar lebih mudah saat membuat salad menggunakan mayones atau diolah menjadi masakan lain namun ingat gunakan wadah kedap udara sebagai cara menyimpan sayuran di kulkas agar tetap segar ya!

  • Gunakan Wadah Tertutup Rapat

Sebelum Anda memasukkannya ke dalam kulkas, masukkan dulu sayuran tsb dalam wadah tertutup rapat dan kedap udara. Hal ini dimaksudkan agar tidak udara tidak dapat masuk ke dalam wadah penyimpanan tsb. Akan lebih baik lagi bila penyimpanannya dikelompokkan berdasarkan jenis sayuran, misalnya cabai 1 wadah, mentimun 1 wadah, pakcoy 1 wadah, dll. Sebaiknya gunakan tutup wadah yang transparan untuk mengetahui isi dalam wadah. Jangan lupa juga sertakan label tanggal penyimpanan.

cara menyimpan sayuran agar tetap segar

Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas agar Tetap Segar (pinterest.com)

sponsor

Banyak yang menggunakan kantong plastik sebagai cara menyimpan sayuran agar tetap segar, namun menurut admin pribadi cara tsb kurang tepat, selain sayuran masih cepat layu dibandingkan menggunakan wadah juga harap diingat sampah plastik membawa masalah tersendiri. Sebaiknya gunakan wadah yang “reuseable” atau dapat digunakan kembali untuk mengurangi masalah sampah.

Baca juga: 3 Cara Mudah Mengolah Sampah Rumah Tangga agar Dapat Berguna Kembali

Pengalaman pribadi, dengan menggunakan cara menyimpan sayuran agar tetap segar dengan menggunakan wadah kedap udara maka sayuran dapat tahan 1-2 minggu lamanya loh.

  • First In First Out

Sistem FIFO (First In First Out) banyak digunakan oleh supermarket dan minimarket yaitu mengeluarkan dulu barang yang masuk terlebih dahulu. Begitu pula dalam cara menyimpan sayuran dalam kulkas agar tetap segar, maka sayuran yang pertama kali Anda simpan harus Anda gunakan secepatnya jangan sampai keburu layu.

Nah itulah 5 cara menyimpan sayuran agar tetap segar dan lebih awet tanpa bahan pengawet tambahan. Cara menyimpan sayuran di kulkas agar tetap segar di atas dapat juga digunakan untuk menyimpan buah-buahan juga. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ..

Iklan

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

Cara mengatasi cacing di k mandi -Cara menyimpan buah dan sayuran di rice koker agar tidak busuk -tanpa mayones busuk -tips cara menyimpan agar sayur-sayuran dengan jumlah yang banyak tidak cepat busuk atau layu -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.