9 Cara Mencegah Pemanasan Global Yang Dapat Anda Lakukan, Mudah Loh!

ads

Cara Mencegah Pemanasan Global – Menggunakan bahan bakar yang berasal dari fosil seperti gas alam, batu bara, minyak, dan bensin dapat memicu peningkatan jumlah karbon dioksida di udara. Dan seperti yang Anda ketahui, karbondioksida adalah gas utama yang dapat mengakibatkan efek rumah kaca dan pemanasan global. Adanya perubahan cuaca yang ekstrim belakangan ini merupakan masalah lingkungan utama belakangan ini.

Meskipun kita tidak dapat menghentikan pemanasan global secara menyeluruh namun tindakan Anda dengan menggunakan cara mencegah pemanasan global mulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar merupakan wujud nyata yang patut diacungi jempol. Bila bukan kita lalu siapa lagi? Betul tidak?

Pada kesempatan kali ini Cara Praktis mengajak semua pembaca setia untuk mulai concern akan isu lingkungan ini. Coba bayangkan, bila cara mencegah pemanasan global yang dilakukan oleh Anda ini diikuti oleh banyak orang tentunya ini akan memberikan dampak positif bagi seluruh kondisi cuaca secara global.

Cara Mencegah Pemanasan Global Yang Dapat Dilakukan Mulai Dari Diri Anda Sendiri

Berikut 9 hal yang dapat Anda coba untuk membantu dunia dalam menghentikan pemanasan global, yaitu:

  1. Reduce, Reuse, Recycle

reduce reuse recycle cara mencegah pemanasan global

image: englishexercises.org

Reduce artinya kurangi pengunaannya, reuse artinya gunakan kembali, sementara recycle adalah daur ulang. Konsep inilah merupakan cara mencegah pemanasan global yang patut Anda lakukan setiap harinya. Misalnya dengan menggunakan botol minum yang dapat digunakan kembali, meminimalkan produk kemasan (misalnya dengan membeli kemasan besar seperti shampoo dalam botol dibandingkan sachet. Selain itu Anda pun dapat mendaur ulang kemasan tsb atau menukarkan sampah anorganik tsb pada bank-bank sampah yang ada di tempat Anda berada.

  1. Batasi Penggunaan Pendingin Ruangan

Mengurangi penggunaan AC selain dapat menghemat biaya, menghemat energi, namun juga merupakan cara mencegah pemanasan global. Agar Anda tidak kegerahan, baca juga Cara Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC.

  1. Gunakan Lampu Hemat Energi

Cara mencegah pemanasan global lainnya adalah dengan menggunakan lampu hemat energi. Bila Anda masih menggunakan lampu biasa, cobalah ganti dengan lampu LED. Jenis lampu LED dapat menghemat energi listrik dan memiliki daya tahan yang lebih lama loh dibandingkan lampu biasa.

  1. Batasi Penggunaan Motor dan Mobil Pribadi

Daripada menggunakan motor atau mobil pribadi, lebih baik Anda gunakan angkutan umum. Untuk jarak dekat Anda dapat berjalan kali atau bersepeda. Cara mencegah pemanasan global ini selain menghemat biaya, mengurangi emisi bahan bakar, juga menyehatkan loh.

Baca juga: Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan yang perlu Diketahui

  1. Hanya Membeli Produk Hemat Energi

Hemat energi artinya hemat dalam penggunaan bahan bakar dan ini merupakan salah satu cara mencegah pemanasan global. Banyak sekali produk inovasi terbaru yang lebih hemat energi seperti mobil dengan teknologi hybrid, lampu LED, dll.

Baca juga: 4 Cara Mudah Membuat Desain Rumah Hemat Energi yang Murah

  1. Kurangi Penggunaan Air Panas

Mandi air hangat di kala lelah memang baik namun jangan jadikan ini sebagai kebiasaan loh. Mandi air dingin (suhu ruang) ternyata lebih menyegarkan dan merupakan cara mencegah pemanasan global.

  1. Matikan Bila Sudah Tidak Digunakan

Jangan lupa untuk selalu mematikan produk elektronik, lampu, kran, dll saat sudah tidak digunakan. Mematikan lampu saat tidur pun sangat baik untuk kesehatan selain merupakan cara mencegah pemanasan global loh. Bila Anda mandi menggunakan shower, jangan lupa matikan kran saat Anda menggunakan sabun, shampoo, ataupun menggosok gigi.

sponsor
  1. Tanam Pohon

menanam pohon cara mencegah pemanasan global

image: murahariprem.blogspot.com

Tanaman akan menggunakan karbondioksida untuk fotosintensis dan menghasilkan oksigen. Dengan menanam pohon di rumah Anda maka Anda telah melakukan cara mencegah pemanasan global loh selain merupakan cara menghias rumah Anda agar tampak lebih indah dan nyaman.

Baca juga: Cara Membuat Taman Minimalis Sendiri di Rumah

  1. Bagikan Cara Mencegah Pemanasan Global Ini ke Orang Lain

Agar pemanasan global yang terjadi sekarang ini dapat segera berhenti maka Anda perlu bekerjasama dengan orang lain. Jadi tunggu apa lagi, segera bagikan tulisan ini dan ajak keluarga, teman, dan tetangga untuk berbuat hal yang sama sehingga lingkungan yang ada di sekitar rumah Anda lebih nyaman dan adem.

Itulah beberapa cara mencegah pemanasan global di masa depan yang dapat Anda lakukan oleh diri Anda sendiri. Hematlah energi sekarang juga demi generasi anak cucu kita di masa yang akan datang. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:  http://environment.about.com/od/globalwarming/tp/globalwarmtips.htm

 

Iklan

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara mencegah pemanasan global -cara mencegah pemanasan gloal -cara pencegahan pemanasan global -pen2egahan pemanasan global -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.