Cara Memilih dan Memasang Wallpaper Tembok Kamar Yang Benar

ads

Wallpaper Tembok Kamar – Wallpaper merupakan salah satu cara memberikan nuansa yang berbeda pada tampilan dinding yang polos. Pelapis dinding ini memang lebih lazim digunakan di dalam rumah (interior). Bila Anda bosan dengan tampilan yang itu-itu saja, Anda dapat mencoba mengaplikasikan walpaper kamar dengan aneka warna, motif, tekstur sesuai keinginan Anda. Bahkan sekarang sudah banyak jenis motif wallpaper dinding dengan efek 3 dimensi (3D).

Baca juga: 9 Cara Praktis Menghias Kamar Tidur Agar Terasa Lebih Nyaman

wallpaper tembok kamar tidur anak

Wallpaper Dinding Kamar Anak Model 3D Motif UnderSea (image: ebay.com)

Pada kondisi normal, daya tahan wallpaper tembok kamar adalah 8-10 tahun sehingga cukup awet ya. Sementara dari segi harga, harga wallpaper dinding kamar tidur berkisar antara Rp. 25 ribu – Rp. 400 ribu per meternya tergantung dan model dan jenisnya.

Baca juga: Cara Mengecat Tembok Yang Benar, Efektif, dan Murah

Bila Anda tak ingin repot, Anda bisa saja mempercayakan urusan pemilihan dan pemasangan gambar wallpaper dinding ini pada ahlinya namun tentunya ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan. Bila Anda senang melakukannya sendiri dan agar lebih hemat biaya, memasang dinding wallpaper ini dapat Anda lakukan sendiri. Tenang saja karena cara melakukannyapun cukup mudah.

Untuk membantu Anda dalam pemilihan dan pemasangan wallpaper tembok kamar tsb maka pada kesempatan kali ini Cara Praktis akan mengulasnya khusus untuk Anda.

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memasang Wallpaper Tembok Kamar

Bagi Anda para pemula atau baru pertama kali memasang wallpaper dinding maka ada hal-hal yang perlu Anda ketahui dan perhatikan agar hasil yang diperoleh rapi, cantik, indah sesuai harapan.

  • Walpaper warna metalik seperti warna emas atau perak dapat Anda gunakan untuk membuat ruangan kecil lebih bercahaya. Sementara warna pola hitam atau putih dapat membuat ruangan terlihat lebih bersih.
  • Wallpaper ruangan dengan motif kecil dan berwarna gelap sebaiknya jangan digunakan di ruangan kecil akan membuat ruangan tsb tampak lebih kecil dan sumpek. Untuk mengatasinya, cobalah gunakan wallpaper motif besar sehingga akan memberikan ilusi ruangan lebih lega.
  • Pemasangan wallpaper harus presisi terutama di bagian sambungan sehingga pola yang dihasilkan pun rapi. Namun bila Anda merasa kurang dan sedikit kesal dengan kepresisisan, Anda masih dapat mengakalinya dengan menggunakan wallpaper motif acak. Penggunaan wallpaper motif acak pun dapat membantu Anda “meratakan” sudut-sudut yang ingin disamarkan.
  • Pemilihan wallpaper dengan pola geometris akan memberikan hasil yang baik bila dipasang pada dinding dengan permukaan yang rata dan tidak bergelombang. Bila Anda memaksakan memasang jenis motif ini pada dinding yang bergelombang maka pola yang dihasikan akan terlihat bergeser atau miring.Untuk pemasangan wallpaper dinding langit-langit sebaiknya pilih yang ringan. Jenis wallpaper yang tebal akan mengakibatkan mudah jatuh saat pemasangan.
wallpaper tembok kamar

Wallpaper Cantik Motif Geometris (image: ebay.com)

Anda tentu saja bebas berkreasi dalam pemasangannya misalnya untuk pemasangan wallpaper kamar tidur, Anda dapat memasang wallpaper di belakang tempat tidur sementara bagian lainnya hanya menggunakan cat.

Peralatan Yang Diperlukan Untuk Pemasangan Wallpaper Tembok Kamar

Berikut ini adalah beberapa peralatan yang diperlukan:

  • alas plastik untuk menutupi lantai agar tidak terkena tumpahan lem
  • tangga
  • cutter
  • pensil
  • penggaris dan meteran
  • benang dengan pemberat atau waterpass
  • lem wallpaper dinding
  • bak untuk adukan lem (2 buah)
  • spons
  • kuas lem
  • roller
  • amplas
  • kape untuk meratakan dinding

Cara Memasang Wallpaper Tembok Kamar Yang Benar

wallpaper tembok kamar

Gambar Wallpaper Dinding Kamar Tidur Motif Daun (image: ebay.com)

sponsor

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat membantu Anda dalam pemasangan wallpaper kamar, yaitu:

  1. Pastikan tembok yang akan dipasang wallpaper bersih dari kotoran, debu, dan minyak. Bila Anda ingin mengganti wallpaper kamar tidur yang lama, cobalah basahi permukaan wallpaper tembok kamar yang lama dengan air berdeterjen lalu lepaskan lapisan wallpaper dari mulai bagian bawah ke atas. Lakukan secara hati-hati agar dinding plester tidak terkelupas.
  2. Mulailah pemasangan di bagian tersembunyi seperti dinding belakang pintu.
  3. Ukur bidang dinding yang akan dilapisi menggunakan wallpaper tsb, sesuaikan lebar bidang dengan lebar wallpaper dinding, lebihkan sekitar 1-2 cm sebelum dipotong.
  4. Oleskan perekat di dinding sesuai petunjuk penggunaan. Lem sendiri sebaiknya dibuat dalam 2 wadah berbeda dimana untuk bagian sambungan dibuat lem yang lebih kental.
  5. Cek ulang motif wallpaper Anda jangan sampai terbalik.
  6. Pasang wallpaper lalu ratakan menggunakan roller. Gunakan spons untuk menyerap kelebihan lem.
  7. Potong kelebihan wallpaper menggunakan pisau yang tajam
  8. Lanjutkan pemasangan wallpaper dengan mengulang tahap no. 3-7. Namun pastikan polanya disesuaikan saat pengukuran dan pemotongan.
  9. Bila terjadi gelembung, tusuklah bagian gelembung tsb dengan jarum lalu ratakan dengan roller.
  10. Bila pada bagian sambungan terjadi gulungan, bukalah gulungan tsb lalu oleskan sedikit perekat di bawahnya menggunakan cotton bud lalu ratakan kembali menggunakan roller.

Coba perhatikan lagi bagian sambungan dan motif apakah sudah terpasang dengan benar. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video pemasangan wallpaper dinding yang diambil dari youtube berikut ini …

Itulah informasi seputar pemilihan dan cara pemasangan wallpaper tembok kamar yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat ..

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

Iklan
loading...

loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara memasang wallpaper untuk pemula -cara memilih wallpaper tembok -Cara pasang wallpaper -cara pasang wallpaper dinding 3D -cara pasang wallpaper dinding kamar tidur -gambar kamar pakai wallpaper -harga cara pasang wallpaper tembok -video pasang wallpaper dinding -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.