Cara Mengecat Tembok Yang Benar, Efektif dan Murah

ads

Cara Mengecat Tembok Yang Benar – Mengecat tembok / dinding rumah mutlak diperlukan saat membuat rumah baru. Namun bagi rumah yang sudah ditempati pun, mengecat tembok pun diperlukan untuk mengganti suasana dan membuat rumah terasa bersih.

Selain pemilihan warna dan kualitas cat tembok yang tepat, diperlukan juga cara mengecat tembok yang benar agar warna dinding yang dihasilkan rapih, bersih, dan indah secara keseluruhan.

Mengetahui cara mengecat tembok yang benar tak hanya diperlukan bagi Anda yang ingin mengecat rumah sendiri namun ini juga berlaku bagi Anda yang ingin menyewa jasa tukang cat. Karena kenyataan yang ada di lapangan, banyak jasa tukang cat tembok yang belum mengerti betul tata cara mengecat rumah yang baik, benar, efektif, dan hemat biaya. Untuk itulah pada kesempatan kali ini Kumpulan Cara Praktis akan mengulasnya untuk Anda …

Cara Mengecat Tembok Yang Benar

cara mengecat tembok yang benar

image: lifehacker.com.au

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan saat mengecat dinding rumah, yaitu:

Cara Mengecat Tembok Yang Benar #1: Siapkan Cat

Anda sebaiknya sudah memikirkan nuansa warna cat tembok yang diinginkan beserta padu pada warna cat tembok agar diperoleh harmoni warna di rumah tsb dengan elemen lainnya. Apakah Anda lebih menyukai suasana hangat pilihlah warna krem, kuning atau bila Anda lebih suka yang “calm” pilihlah warna hijau muda, biru muda, dll.

Selain memilih warna cat, Anda pun harus memilih kualitas cat yang sesuai, apakah Anda ingin yang “glossy”, “dove”, mudah dibersihkan, dll. Silahkan konsultasikan ke toko cat di sekitar rumah Anda.

Baca juga: 3 Cara Mudah Memilih Warna Cat Dinding Luar Rumah Yang Tepat

Cara Mengecat Tembok Yang Benar #2: Persiapkan Dinding

Langkah pertama dalam cara mengecat tembok yang benar adalah menyiapkan dinding yang bersih baik dari kotoran (seperti debu), kelupasan cat sebelumnya, maupun dari benda-benda lainnya (seperti hiasan dinding, dsb).

  • Lepaskan semua hiasan ataupun aksesoris yang menempel di dinding agar tidak mengganggu proses pengecatan dan menghindari hiasan tsb terkotori cat.
  • Lindungi bagian yang tak ingin dicat menggunakan koran dan lakban, misalnya pembatas dinding dan lantai, bingkai jendela, bingkai pintu, dll.
  • Bila terdapat lubang kecil atau retak rambut pada dinding, isilah dengan bahan pengisi yang cepat kering / dempul tembok.
  • Bila tembok berjamur atau berlumut, sikat dan amplas permukaannya sampai bersih. Baca juga: Cara Praktis Mengatasi Jamur di Tembok Rumah
  • Bila terdapat permukaan yang tidak rata, gunakan kerta amplas untuk menghaluskan permukaan dinding.
  • Untuk membersihkan kotoran debu maupun noda minyak, Anda dapat menggosokkan spon yang telah dicelupkan air sabun / detergen lalu bilas dengan air.

Baca juga: 9 Cara Cepat Menghilangkan Bau Cat Dalam Ruangan

Cara Mengecat Tembok Yang Benar #3: Gunakan Cat Primer

Untuk dinding yang baru diplester atau belum dicat sebelumnya, lakukan pengecatan dasar dulu menggunakan cat primer. Tujuan dari pengecatan ini selain agar hasil cat akhir yang dihasilkan lebih merata. Tunggu sekitar 1-2 jam sampai mengering sebelum Anda mengecat dengan cat tembok akhir Anda.

Cara Mengecat Tembok Yang Benar #4: Gunakan Kuas Yang Tepat

Untuk mempercepat pengecatan dan mendapatkan hasil yang rapi, gunakan kuas roller untuk mengecat area dinding yang luas. Sementara untuk area dinding yang sempit seperti perbatasan dan sudut ruangan sebaiknya gunakan kuas kecil.

Baca juga: 9 Cara Praktis Menghias Kamar Tidur Agar Terasa Lebih Nyaman

Cara Mengecat Tembok Yang Benar #5: Pengecatan

Campur cat warna dengan air dengan rasio 10:1, aduk merata sekitar 5 menit.

Untuk mempercepat pengecatan, sebaiknya gunakan cat dengan gerakan zig-zag dari atas ke bawah berulang kali sampai dinding tembok tertutup rata. Biarkan lapisan cat tsb mengering sekitar 2-3 jam sebelum dilakukan pengecatan ulang.

sponsor
cara mengecat tembok dengan benar teknik zig zag

Cara Mengecat Dinding Dengan Teknik Zig Zag (image: lowes.com)

Untuk mengecat tembok plafon, buatlah campuran cat yang agak kental sehingga tidak mudah menetes.

Cara Mengecat Tembok Yang Benar #6: Ulangi Lagi Jika Perlu

Coba perhatikan hasil cat dinding rumah Anda, bila Anda merasa masih belum sempurna jangan ragu untuk mengulangi proses pengecatan.

Cara Mengecat Tembok Yang Benar #7: Lakukan Sekalian

Untuk menghindari warna dinding yang berbeda, sebaiknya lakukan pengecatan dalam satu waktu / sekalian untuk satu area. Dengan cara ini warna akhir yang dihasilkan akan relatif sama.

Cara Mengecat Tembok Yang Benar #8: Bersihkan Segera Cipratan Cat

Bila Anda sudah menutupi bagian yang tak perlu dengan kertas koran maupun lakban namun ternyata masih ada cipratan cat yang mengenai lantai ataupun bagian lain, segerlah bersihkan cipratan cat tsb sebelum mengering menggunakan lap basah.

Itulah 8 langkah cara mengecat tembok yang benar, efektif dan murah. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:  nikifour.co.id/6-cara-mengecat-rumah-sendiri-tanpa-tukang/; interiorrumah.web.id/tips/tips-mengecat-rumah-dengan-teknik-yang-tepat/; www.dulux.co.id/id/tips-dan-saran-dekorasi/cara-menyiapkan-dinding-sebelum-pengecatan

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

Iklan
loading...

loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara ngecat yang ruangan -cara mengecat tembok yang menguning -cara mengecat tembok kamar yang benar -cara mengecat tembok baru yang benar -cara mengecat tembok baru -cara mengecat taman -cara mengecat ruangan keren dan murah -cara mengecat kamar tidur sendiri teknik ygbenar dan rapi -cara mengecat dinding motif cipratan -tips mengecat pintu sendiri dov -

Tags:DIY

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.