7 Cara Menata Kamar Tidur Yang Kecil Agar Terlihat Lebih Luas Dengan Mudah

ads

Cara Menata Kamar Tidur – Fungsi kamar tidur di jaman sekarang ini tak hanya sebagai tempat istirahat namun pula menjadi tempat melakukan segala aktivitas seperti mengerjakan tugas kantor atau kuliah, dll. Untuk itu di dalam kamar tidur pun tak hanya berisi tempat tidur saja namun aneka furnitur dan peralatan elektronik yang cukup memakan tempat.

Bagi sebagian orang, kenyataan seperti di atas memang tak jadi masalah karena memiliki kamar tidur yang cukup luas. Namun bagi sebagian besar yang lainnya, hal ini menjadi kendala saat kamar tidur yang tersedia cukup sempit, kecil dan mungil. Lalu adakah cara menata kamar tidur yang kecil tsb agar terlihat lebih luas dan nyaman?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, pada kesempatan kali ini CaraPraktis.Info akan membagikan beberapa tips / cara menata kamar tidur mungil menjadi terkesan lebih lega.

Baca juga: Cara Membuat Dapur Sempit Terkesan Lega

Tips / Cara Menata Kamar Tidur Yang Sempit Terkesan Lega

Beberapa cara berikut ini dapat Anda gunakan untuk mengakali ruang tidur yang sempit dan mungil sehingga tetap nyaman untuk ditempati, yaitu:

1. Menciptakan Ilusi Ruangan Dengan Penempatan Kaca Cermin

menggunakan cermin sebagai cara menata kamar tidur sempit terkesan lega

Contoh Penggunaan Kaca Cermin (image: realestate.com.au)

Cara menata kamar tidur yang kecil agar terkesan lega yang pertama dan paling umum digunakan adalah dengan membuat ilusi ruangan. Anda dapat memilih lemari dengan “full” kaca cermin untuk membantu menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas ini sekaligus untuk penempatan pakaian Anda. Atau Anda pun dapat memasang beberapa kaca cermin di dinding kamar tidur.

2. Manfaatkan Kolong Tempat Tidur

Memanfaatkan kolong ranjang tempat tidur adalah cara menata kamar tidur yang kecil agar terkesan lega berikutnya.

Untuk kamar tidur Anak, Anda dapat memanfaatkan kolong tempat tidur ini untuk membuat / menempatkan rak serta meja belajar.

Sementara untuk kamar tidur dewasa, Anda dapat membuat lemari tersembunyi yang dapat Anda gunakan untuk menaruh pakaian atau barang lainnya.

3. Tata Letak Furnitur Yang Menempel Pada Dinding

Cara menata kamar tidur berikutnya adalah dengan menempatkan furniture seperti meja, lampu, TV yang tertempel langsung pada dinding ruang tidur sehingga kamar Anda tidak terasa penuh dan sempit.

4. Gunakan Warna Yang Senada dan Terang

Mengecat langit-langit kamar dengan warna yang senada dengan warna dinding ruangan merupakan salah satu cara menata kamar tidur yang sempit agar terkesan lebih luas. Penggunaan warna yang senada dapat menghapus garis yang biasa didefinisikan sebagai batas ruangan.

Selain menggunakan warna yang senada antara langit-langit dan dinding kamar, mengecat ruang tidur dengan warna yang terang pun merupakan salah satu cara menata kamar tidur yang sempit agar terlihat lebih luas. Warna yang terang pun sangat baik untuk kesehatan mata.

sponsor

Baca juga: 9 Cara Cepat Menghilangkan Bau Cat Dalam Ruangan

5. Hanya Masukan Furnitur / Barang Yang Diperlukan

Barang atau furnitur yang tidak begitu digunakan sebaiknya jangan disimpan di ruang tidur. Cobalah tata terhadap barang yang paling utama terlebih dahulu yaitu tempat tidur dan meja. Penempatan terlalu banyak furnitur akan membuat ruangan terasa penuh dan berantakan. Sementara penempatan barang yang secukupnya yang diperlukan merupakan cara menata kamar tidur tampak lebih luas.

6. Buatlah Fokus Vertikal

cara menata kamar tidur agar terlihat lebih luas

Ilustrasi Cara Menata Kamar Tidur: Fokus Vertikal, Laci di Kolong Tempat Tidur (image: homeestates.net)

Ruang vertikal dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan tambahan ruang. Daripada membuat penempatan horizontal yang menghabiskan ruang, Anda dapat membuat lemari tinggi mulai dari lantai hingga langit-langit yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan aneka barang dan peralatan. Cara menata kamar tidur dengan furnitur vertikal ini dapat membuat ruang terasa lebih lega.

7. Penempatan Tempat Tidur Yang Pas

Tempat tidur merupakan salah satu bagian utama yang harus ada di kamar tidur. Anda mungkin lebih menyukai tempat tidur yang luas agar lebih nyaman. Walaupun demikian bukan berarti Anda dapat menempatkan tempat tidur dengan ukuran yang terlalu besar sehingga terlihat tidak seimbang dengan ruangan yang ada atau menutupi jalan masuk dan keluar. Cobalah untuk menyesuaikan tempat tidur Anda mengikuti ukuran ruang tidur sebagai cara menata kamar tidur sempit agar terasa lebih lega dan nyaman.

Itulah beberapa cara menata kamar tidur yang kecil agar terkesan lebih luas yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat ..

Iklan
Sumber Referensi: houzz.com, realestate.com.au

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

menata kamar sempit -cara perawatan aquarium -cara menata kamar yg kecil -cara menata kamar tidur yang kecil -agar baju gak jamuran -menata kamar kecil -kamar tidur ter lihat taman -menata kamar tidur -cara menata kamar yang sempit -tata letak kamar tidur sempit -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.