Cara Memilih Kambing Kurban Yang Baik dan Benar

ads

Cara Memilih Kambing Kurban – Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Idul Qurban sudah di depan mata. Buktinya sudah banyak yang menjual hewan kurban baik kambing, sapi, ataupun kerbau. Nah bagi Anda yang mampu dan mampu menunaikan ibadah qurban sebaiknya Anda memilih hewan kurban yang baik dan benar agar sah dan sesuai yang disyaratkan oleh agama.

Harga sapi kurban yang terbilang tinggi yang berkisar antara Rp. 14 juta – 33 juta membuat kebanyakan masyarakat lebih memilih kambing / domba untuk dikurbankan. Harga kambing kurban sendiri berkisar antara Rp. 2 juta – 4 juta.  Lalu bagaimana ya cara memilih kambing kurban yang baik dan benar? Tentu saja pemilihan hewan kambing qurban akan berbeda dengan cara memilih kambing untuk aqiqah.

Baca juga: Cara Mengolah Daging Kurban Yang Enak, Sehat, dan Awet

Hewan qurban yang telah disembelih pun hendaknya dinikmati oleh Anda dan keluarga selain dibagikan ke orang-orang yang membutuhkan.

Baca juga: Cara Praktis Menghilangkan Bau Kambing Pada Masakan

Tata Cara Memilih Kambing Kurban

Berikut ini adalah tips dalam pemilihan hewan qurban yang dapat Anda ikuti…

cara memilih hewan kaming untuk qurban

image: smpjannatulfirdaus.net

Cara Memilih Kambing Kurban #1: Sesuai Ajaran Islam

Syarat Kaming Kurban sesuai syariat Islam:

  • Hewan kambing untuk qurban harus yang paling utama (afdol) dalam keadaan sehat dan tidak cacat (misalnya buta, pincang, kurus, tidak berdaya, sakit-sakitan).
  • Hewan kambing qurban harus dengan kepemilikan yang sah (bukan hasil rampasan, hasil curian, dibeli dengan uang haram, riba, atau dengan akad perjanjian yang tidak sah).
  • Hewan kambing qurban tidak boleh dibeli dengan patungan.
  • Hewan kambing qurban harus cukup usianya setidaknya sudah genap usia 1 tahun masuk tahun ke-2. Untuk mengetahuinya dapat dilihat dari bentuk giginya, yaitu gigi susu (lebih putih) sudah berubah menjadi gigi tetap (yang lebih besar).
  • Lebih utama hewan jantan walaupun boleh saja kurban dengan kambing betina.
  • Lebih utama hewan kambing yang bertanduk walaupun berkurban dengan hewan tak bertanduk pun tetap sah.
  • Lebih baik berkurban hewan kambing berwarna putih atau memiliki warna putih secara mayoritas.

Itulah beberapa cara memilih hewan kambing untuk qurban agar sah sesuai syariat Islam. Selain itu ada ketentuan lainnya seperti membaca “bismillah” dan “Allahu akbar” saat menyembelih hewan qurban. Dan untuk hewan kambing disembelih dengan cara dibaringkan.

Baca juga: Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Blog Pakai Adnow Yuk!

sponsor

Cara Memilih Kambing Kurban #2: Sesuai Syarat Kesehatan

Selain sesuai syarat keabsahan ajaran agama Islam, hewan kambing yang akan diqurbankan pun harus sehat, bebas antraks. Berikut ini adalah cara memilih kambing kurban yang sehat:

  • Pilih kambing yang terlihat bersih, bulu mengkilat, mata jernih (tidak “belekan”), gemuk dan berisi, hidung tidak berair, air liur tidak berlebihan, tidak memiliki penyakit kulit (Scabies), suhu badan normal, alat kelamin tidak besar sebelah (selir).

Cara Memilih Kambing Kurban #3: Lainnya

Selain 2 cara memilih kambing kurban di atas, masih ada tips lainnya untuk memilih hewan kurban, yaitu:

  • Niat yang tulus
  • Sesuaikan dengan budget dan kemampuan
  • Belilah dari penjual yang terpercaya

Itulah informasi tentang cara memilih kambing kurban yang baik dan benar. Semoga pembaca CaraPraktis.Info dimampukan semua untuk berqurban di tahun ini .. aamiin yra. Semoga bermanfaat ..

Sumber Referensi:https://rumaysho.com/3615-memilih-hewan-terbaik-untuk-kurban.html

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Iklan
loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

tips memilih kambing kurban -Kumpulan kambir buat korbn -kambing qurban yang bagus -kambing paling dibeli -kambing kurban bagus -haruskah kambing korban bertanduk -harga kambing kurban yg sehat -cara memilih kambing yang kurban -cara memilih kambing yang gemuk -cara memilih kambing yang bagus berdasarkan warna -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.