Cara Menanam Bunga Mawar Di Pot Dengan Teknik Stek dan Perawatannya

ads

Cara Menanam Bunga Mawar – Bunga mawar / ros merupakan salah satu bunga cantik dengan aroma wanginya yang khas. Bunga mawar pun memiliki aneka macam warna yang bila ditanam dan dirawat dengan baik di rumah dapat memberikan keindahan tersendiri.

Cara menanam bunga mawar bermacam-macam, ada yang dari bijinya, melalui teknik stek, atau membeli bibit tanaman jadi di toko tanaman. Cara merawat Bunga mawar pun mutlak diperlukan sehingga tanaman tsb terus sehat, segar, tidak layu, tidak terserang penyakit dan terus berbunga.

Baca juga: Cara Praktis Menjaga Bunga Potong Tetap Segar

Karena keterbatasan lahan dan lebih sulitnya perawatan Bunga di tanah secara langsung, orang lebih menyukai menanam bunga ini di pot sehingga dapat ditempatkan di sudut-sudut ruangan ataupun di teras rumah. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Kumpulan Cara Praktis akan membahas mengenai cara menanam dan cara merawat bunga mawar di pot.

cara menanam bunga mawar di pot

Tanaman Mawar Di Pot (davidaustinroses.co.uk)

Cara Menanam Bunga Mawar Di Pot

Menanam mawar dengan bijinya memiliki tingkat keberhasilan lebih kecil dibandingkan teknik stek. Selain lebih sulit mengumpulkan biji mawar, hasil tanaman dari biji pun akan memiliki sifat yang mungkin tidak mirip dengan induknya. Berbeda dengan cara menanam bunga mawar dengan teknik stek, maka hasil tanamannya akan mirip dengan induknya, misalnya sering berbunga, tahan sakit, dll.

Berikut ini adalah beberapa langkah / cara menanam bunga mawar yang harus Anda lakukan, yaitu:

Cara Menanam Bunga Mawar Dengan Teknik Stek di Pot #1: Persiapan

  1. Siapkan Bibit Mawar – Pilihlah tanaman mawar yang sehat, sering berbunga, tahan hama sebagai bibit tanaman sehingga tanaman yang dihasilkan nantinya akan memiliki sifat yang mirip dengan induknya. Selain itu Anda pun harus memilih batang pada bagian tengah tanaman, yang tidak terlalu jauh dari pangkalnya dan bukan merupakan ujung batang yang masih muda.
  2. Siapkan Pot – Anda dapat memilih pot untuk menanam bunga mawar sesuai selera Anda baik yang berbahan tanah liat, semen, keramik, plastik, ataupun ember dan kaleng bekas asalkan pot tsb telah memiliki lubang drainase untuk membuang kelebihan cairan sehingga akar tanaman tidak mudah busuk. Sementara untuk pembibitan, Anda dapat menggunakan polybag berukuran 1/4kg.
  3. Siapkan Media Tanam – Untuk pembibitan, gunakan media tanam yang berupa tanah gembur. Anda pun dapat menggunakan kentang untuk menumbuhkan akar mawar tsb. Sedangkan untuk penanaman dapat menggunakan campuran media tanam dari tanah gembur dan pupuk kompos dengan perbandingan 2:1 dan biarkan campuran tsb selama seminggu. Baca juga: 3 Cara Mudah Mengolah Sampah Rumah Tangga Agar Dapat Berguna Kembali
  4. Siapkan segelas air bersih dan hormon penumbuh akar. Segelas air ini akan digunakan untuk meletakkan potongan batang mawar agar tetap lembab. Sementara hormon penumbuh akar akan mempercepat proses pengeluaran akar. Hormon ini dapat dibeli di toko tanaman atau dapat menggunakan madu murni atau bubuk kayu manis.

Cara Menanam Mawar Di Pot Dengan Teknik Stek #2: Pembibitan

Pada tahap cara menanam bunga mawar dengan teknik stek ini, akan digunakan 2 metode yaitu metode pembibitan langsung di tanah dan metode pembibitan menggunakan kentang.

  1. Stek / potong tangkai mawar sepanjang 4-6 cm menggunakan gunting atau pisau yang tajam dan bersih dengan posisi miring. Hilangkan daun dan cabang yang tidak diperlukan. Masukan potongan batang tsb ke dalam segelas air.

    Penyiapan Bibit dalam Cara Menanam Bunga Mawar Secara Stek

    Cara Menyiapkan Bibit Stek (amateurgardening.com)

  2. Masukkan tanah gembur kedalam polybag yang telah diberi lubang sebelumnya untuk mengeluakan kelebihan air.
  3. Celupkan batang pohon mawar ke hormon penumbuh akar lalu tancapkan batang pohon mawar ke dalam tanah di polybag sampai kedalam ½ nya. Atau tanam batang pohon tsb di kentang yang telah dilubangi menggunakan obeng lalu tanam kentang tsb di dalam polybag.

    cara menanam bunga mawar stek di kentang

    Cara Menanam Bunga Mawar Menggunakan Kentang (amateurgardening.com)

  4. Siram tanaman tsb dan letakkan polybag di tempat teduh.
  5. Amati perkembangannya setiap hari, bila tanah terasa kering saat disentuh, silahkan siram lagi dengan air sedikit saja.
  6. Bila sudah muncul 3 daun, berarti tanaman bibit ini sudah siap dipindahkan ke pot.

Cara Menanam Bunga Mawar di Pot Dengan Teknik Stek #3: Penanaman

  1. Masukkan media tanam ke dalam pot. Beri lubang di tengah untuk memasukan bibit tanaman.
  2. Pindahkan tanaman bibit dari polybag ke dalam pot dengan cara merobek polybag tanpa merusak tanahnya.
  3. Tutupi lagi dengan media tanam, dan ratakan.
  4. Pindahkan pot di tempat yang mendapatkan sinar matahari langsung setidaknya 6 jam per hari.
  5. Siram tanaman tsb secara teratur pada pagi dan sore hari tergantung kebutuhan.

Itulah beberapa cara menanam bunga mawar yang perlu Anda ketahui. Bila sudah mengerti cara di atas sebaiknya Anda langsung praktek untuk mencoba budidaya bunga mawar.

cara menanam bunga mawar dan perawatannya

Bunga Mawar Dalam Pot (aliexpress.com)

sponsor

Namun perlu Anda ketahui, ada jenis bunga mawar tertentu yang telah dipatenkan oleh pembuatnya sehingga tidak mungkin melakukan perbanyakan melalui teknik stek sampai beberapa tahun kemudian, biasanya jenis tanaman ros seperti ini adalah tanaman mawar yang mahal dan sulit dibudidayakan.

Cara Merawat Bunga Mawar di Pot

Bunga mawar sangat rentan pada serangan jamur yang menyebabkan bintik hitam. Baca juga: Cara Praktis Membuat Pestisida Organik Sendiri Untuk Kebun Sayuran di Rumah

Berikut ini adalah beberapa cara perawatan tanaman mawar agar tumbuh sehat dan bebas dari penyakit:

  1. Tempatkan pot bunga mawar yang mendapatkan sinar matahari pagi setidaknya selama 6 jam.
  2. Siramlah pot setiap hari atau sesuai kebutuhan namun pastikan tanah atau media tanam tetap lembap untuk memastikan kebutuhan air mawar tsb terpenuhi namun jangan sampai menggenanginya.
  3. Lakukan pemupukan secara teratur.
  4. Lakukan pemotongan dahan secara teratur, pemotongan sebaiknya dilakukan 1 cm di atas tunas pada batang. Semua batang yang kering atau terlihat tidak sehat sebaiknya dipotong juga.

Itulah informasi seputar cara menanam bunga mawar dan cara merawat bunga mawar di pot. Semoga bermanfaat …

Sumber Refensi:  www.gardeningknowhow.com/ornamental/flowers/roses/rose-cuttings-in-potato.htmwww.gardeningknowhow.com/ornamental/flowers/roses/roses-from-cuttings.htmwww.gardeningknowhow.com/ornamental/flowers/roses/starting-a-rose-garden.htm  www.amateurgardening.com

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

Iklan
loading...

loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

stek mawar dengan media air -cara menanam mawar dengan kentang -kumpulan cara stek bunga mawar -menanam mawar dengan kentang -cara stek bunga mawar dengan media kentang -cara stek mawar dengan kentang -teknik stek bunga mawar -cara menanam kentang di pot -cara menanam bunga mawar di kentang -bunga cantik dalam pot -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.