Cara Menanam Bunga Matahari di Pekarangan Rumah Anda

ads

Cara Menanam Bunga Matahari – Biji bunga matahari selain enak dimakan sebagai cemilan di saat santai ternyata tanamannya dapat menjadi penghias di pekarangan rumah loh. Tanaman ini disebut bunga matahari (sunflower) karena memang tanaman ini sangat menyukai cahaya matahari dan menghadap matahari (heliotropisme).

Namun untuk beberapa varietas terbaru, sifat heliotropisme ada yang sengaja dihilangkan untuk meningkatkan produktivitas tanaman. Cara menanam Bunga matahari ini pun cukup mudah namun bukan berarti Anda dapat menanamnya secara serampangan.

Sebelum CaraPraktis.Info membahas mengenai cara menanam bunga matahari di pekarangan rumah Anda, alangkah baiknya bila Anda mengenal dulu karakteristik dari bunga matahari itu sendiri.

Baca juga: Cara Menggambar Bunga Mawar Bagi Pemula Dalam 7 Langkah Mudah

Sekilas Tentang Tanaman Bunga Matahari

Bunga matahari merupakan tanaman hias semusim dengan warna kuning terang hingga gelap. Beberapa varietas bunga matahari yang cukup populer adalah Mammoth, Autumn beauty, Sunbeam, Teddy bear, Lemon queen, Velvet queen, dan Evening sun. Jenis Teddy Bear merupakan bunga matahari paling kecil dengan ukuran tinggi <90cm, jenis Autumn beauty memiliki bunga berwarna kuning kemerahan, bunga Velvet queen berwarna merah, sementara jenis Mammoth merupakan jenis bunga matahari raksasa dengan tinggi sekitar 2m lebih dan diameter bunga sekitar 15cm lebih.

cara menanam bunga matahari

image credit: kingofwallapapers.com

Selain dimanfaatkan sebagai penghias halaman rumah, biji bunga matahari pun sering dimanfaatkan untuk produksi kwaci, minyak bunga matahari, dan pakan ternak. Minyak bunga matahari mengandung asam linoleate yaitu suatu asam lemak tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan.

Apapun tujuan Anda, ada cara menanam bunga matahari yang harus Anda ikuti agar tanaman tsb tumbuh sehat dan dapat berbunga sesuai harapan.

Cara Menanam Bunga Matahari Yang Benar

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Cara Menanam Bunga Matahari yang Baik dan Benar

Sebelum membahas langkah demi langkan cara penanaman bunga matahari, ada 5 faktor yang harus Anda perhatikan:

  1. Bunga matahari sangat menyukai matahari, jadi tanamlah di tempat yang menerima cahaya matahari full.
  2. Walaupun bunga matahari dapat tumbuh di media tanah dalam kondisi apapun namun akan lebih baik bila Anda menanamnya di tanah yang gembur.
  3. Kulit biji matahari dapat meracuni rumput yang sengaja Anda tanam. Agar tidak membunuh rumput kesayangan Anda, panenlah biji bunga matahari sebelum menyentuh rumput atau tanamlah di tempat yang Anda tak peduli bila rumput mati sekalipun.
  4. Perhatikan tinggi tanaman bunga matahari, tanam lah sedemikian rupa sehingga ketinggian tanaman bunga matahari tidak menutupi tanaman hias lainnya dari cahaya matahari yang diperlukan.
  5. Biji bunga matahari dapat menarik burung jadi panenlah segera biji matahari tsb sebelum taman kesayangan Anda berantakan karena datangnya burung dan hewan lain yang bermaksud memangsa burung.

Baca juga: Cara Menanam Bunga Mawar di Pot Dengan Teknik Stek dan Perawatannya

Langkah Cara Menanam Bunga Matahari #1: Penyemaian Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari dapat disemai dalam media tanam tanah gembur yang dapat Anda letakkan di polybag atau wadah lainnya, atau langsung di tanah pekarangan. Tanamlah bagian runcing biji bunga matahari di bagian bawah, tekanlah biji tsb sehingga hanya terlihat sedikit bagian yang tumpul di permukaan media. Lalu siramlah media tanam tsb dengan air secukupnya.

Langkah Cara Menanam Bunga Matahari #2: Pemindahan Bibit

Dalam waktu 3-4 hari biasanya biji akan mulai berkecambah. Biarkan hingga 7-10 hari atau tanaman sudah memiliki 2-3 helai daun dengan tinggi 5-7 cm.

Pindahkan bibit di pekarangan yang mendapatkan cahaya matahari full. Kadar pH tanah yang disukai adalah 6-7,2.

sponsor

Buatlah lubang di tanah pekarangn dengan kedalaman sekitar 50cm lalu masukkan campuran tanah gembur dan pupuk kandang (1:1) sebanyak 1/3 nya. Masukkan bibit bunga matahari tsb beserta media tanamnya ke dalam lubang lalu tutupi lagi dengan campuran tanah gembur dengan pupuk kandang.

Jika Anda menanam bunga matahari lebih dari 1 maka pastikan ada jarak sekitar 1m agar pertumbuhan tanaman tsb tidak terhalangi.

Cara menanam bunga matahari di pot sebetulnya tidak jauh berbeda. Yang terpenting pastikan ada lubang drainase di pot untuk mencegah kebusukan akar.

Langkah Cara Menanam Bunga Matahari #3: Perawatan

  • Lakukan penyiraman setiap hari.
  • Pemberian pupuk dapat dilakukan setelah tanaman bunga matahari berumur 1-2 bulan. Jenis pupuk yang dapat diberikan adalah pupuk kandang, pupuk kompos, ataupun pupuk sintetis seperti NPK / ZA / TSP. Hentikan pemberian pupuk saat tanaman tsb mulai berbunga biasanya pada umur 3 bulan.
  • Biasanya dalam 1 tanaman dapat menghasilkan 10-12 tangkai bunga. Agar bunga yang dihasilkan berukuran besar, pertahankan bunga di ujung batang dan buang tangkai bunga yang lemah. Semakin banyak tangkai bunga yang Anda pertahankan maka semakin kecil ukuran bunganya.
  • Bila diperlukan tambahkan penopang tanaman terutama untuk jenis tanaman bunga matahari dengan tinggi 1 meter atau lebih.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Anggrek Agar Sehat dan Berbunga

Langkah Cara Menanam Bunga Matahari #4: Pemanenan

Saat bunga tanaman berubah menjadi coklat maka muncullah biji. Bila Anda akan memanfaatkan biji tsb untuk kwaci atau bibit tanaman baru, tutuplah bunga tsb dengan kertas koran untuk melindunginya dari burung. Potonglah tangkai saat bunga sudah mengering.

Itulah beberapa informasi cara menanam bunga matahari di pekarangan rumah yang benar. Semoga bermanfaat ..

Sumber Referensi:  www.gardeningknowhow.com/ornamental/flowers/sunflower/growing-sunflowers-in-your-garden.htm

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

Iklan
loading...

loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

bunga matahari kecil tanah yg diperlukan -cara membuat taman bunga matahari -cara membuat taman bunga matahari di pekarangan rumah -cara menanam lemon queen -SEmai bunga matahari -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.