Cara Membasmi dan Menghilangkan Semut di Rumah Secara Alami

ads

Cara Menghilangkan Semut – Semua makhluk yang diciptakan di dunia ini pastilah ada tujuannya termasuk semut. Semut yang ada di tanaman dapat berguna untuk melindungi tanaman tsb dari serangan hama lainnya. Namun bagaimana bila semut tsb ada di rumah? Tak hanya makanan, minuman, maupun pakaian yang dapat dirusak semut namun kadang mereka pun menggigit kita sebagai penghuni rumah. Lalu bagaimana cara membasmi semut yang ada di rumah tsb?

Cara membasmi dan menghilangkan semut di rumah harus dilakukan hati-hati. Penggunan insektisida memang ampuh sebagai pembasmi semut namun efek sampingnya ada residu insektisida tsb yang dapat terhirup maupun tertelan oleh penghuni rumah.

Baca juga: Cara Mengusir Semut dari Dalam Rumah Secara Alami, Ampuh dan Efektif

Cara membasmi semut di rumah secara alami merupakan pilihan karena lebih aman untuk penghuni rumah. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini CaraPraktis.Info akan mengulas aneka cara menghilangkan semut di rumah secara alami.

cara menghilangkan semut di rumah secara alami

Cara Membasmi Semut Di Rumah Secara Alami (dreamstime.com)

Namun sebelum membahas aneka cara membasmi semut di dalam rumah secara alami, alangkah baiknya bila Anda mengetahui 2 jenis semut yang umum ada di setiap rumah karena mengenali jenis semut ini akan membantu menggunakan cara menghilangkan semut tsb secara tepat. Berikut ini adalah jenis semut yang sering ditemukan berkeliaran di rumah:

  • Semut Gula – Jenis semut ini suka gula dan aneka makanan / minuman yang manis, biasanya sering ditemukan di dapur, di meja makan. Semut ini cukup kecil dan berwarna merah. Jenis semut ini akan meninggalkan jejak feromon di sepanjang perjalanan mereka. Walaupun Anda telah membunuh semut jenis ini maka semut lainnya tetap akan datang mengikuti jejak feromon tsb.
  • Semut Kayu – Jenis semut disebut juga sebagai semut tukang kayau dan biasanya ditemukan di rumah yang berkayu. Semut ini agak besar dan berwarna hita. Jenis semut ini tidak suka aroma manis. Sarang semut jenis ini biasanya ada di luar rumah dan baru akan masuk ke rumah untuk mencari makanan dan air.

Baca juga: Pembasmi Kecoa Terbaik & Cara Membasmi Kecoa Hingga Ke Sarangnya

Cara Menghilangkan Semut Gula di Rumah Secara Alami

Seperti yang telah disebutkan di atas, jenis semut rumah ini akan meninggalkan feromon pada jalur perjalanannya. Cara membasmi semut jenis ini secara permanen adalah dengan membinasakan semua koloninya hingga ke sarangnya.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan saat Anda melihat semut rumah tsb:

  1. Untuk menghilangkan jejak feromonnya, usaplah bagian bersemut dan tempat sekitarnya menggunakan busa yang telah dicelupkan dalam air sabun.
  2. Carilah sumber asal mereka masuk ke dalam rumah dan letakkan umpan di titik awal masuknya semut ini ke dalam rumah. Umpan yang akan kita letakkan ini adalah umpan beracun untuk menghilangkan semut di rumah hingga ke sarangnya.

Cara Membuat Umpan Beracun Untuk Membasmi Semut Hingga Ke Sarangnya

Bahan yang akan digunakan terdiri dari boraks untuk membunuh dan menghilangkan semut hingga sarangnya, gula bubuk sebagai umpannya.

Cara pembuatan:

  • Campurkan boraks dan gula dengan perbandingan 1:3.
  • Masukkan campuran bubuk tsb ke dalam wadah misalnya botol.
  • Letakkan wadah umpan beracun tsb di tempat masuknya semut ke dalam rumah.
  • Letakkan juga campuran tsb di jalur perjalanan semut.

Cara menghilangkan semut di rumah di atas cukup efektif untuk membasmi semut hingga ke sarangnya. Lalu pertanyaan selanjutnya, bagaimana kalau di rumah memiliki anak kecil ataupun hewan peliharaan dan dikhawatirkan mereka dapat menelan umpan beracun tsb?

Untuk mengatasi hal tsb, Anda dapat mencoba tips berikut ini untuk menghilangkan semut di rumah yang ada anak kecil atau hewan peliharaan:

  • Campurkan secangkir air hangat dengan ½ cangkir gula dan 3 sdm boraks.
  • Celupkan bola kapas ke dalam campuran di atas.
  • Letakkan bola kapas tsb di piring ceper dekat dengan jalur semut tsb.

Prinsip kerja umpan beracun untuk menghilangkan semut di rumah di atas adalah semut akan tertarik pada aroma manis yang dikeluarkan dari gula pada umpan beracun. Semut tak akan mampu membedakan mana bubuk boraks dan mana bubuk gula. Semut tsb kemudian akan membawa umpan tsb ke sarangnya dan membinasakan semua kumpulan semut di sarangnya.

sponsor

Tips Lainnya Untuk Menghilangkan Semut di Dalam Rumah

  1. Semprotkan cuka ke tiap celah atau retakan dan ke tempat-tempat semut tsb sering terlihat. Biarkan hingga kering lalu bersihkan menggunakan kain bersih. Cuka akan menghilangkan jejak kimia dari semut tsb. Ulangi langkah tsb beberapa kali sehari.
  2. Lakukan praktek sanitasi yang baik. Rumah yang bersih adalah cara terbaik untuk menghindari serangan semut. Bersihkan segera bila ada remah-remah makanan yang jatuh dan simpanlah gula atau semua yang manis di wadah tertutup rapat. Cara ini pun sebaiknya dilakukan agar semut lebih memilih umpan beracun daripada tumpahan sirup dan remah-remah makanan.

Cara Membasmi Semut Kayu di Rumah Secara Alami

Cara menghilangkan semut jenis ini tentunya akan berbeda dengan cara yang digunakan untuk membunuh semut rumah merah. Pasalnya jenis semut ini tidak akan membawa umpan tsb ke sarangnya sehingga diperlukan cara tertentu untuk mencari sarangnya.

Bagaimana Cara Menemukan Sarang Untuk Membasmi Semut Kayu Beserta Sarangnya?

Jenis semut ini akan hidup di kayu dan membuat semacam terowongan. Cara termudah untuk mencari sarangnya adalah dengan mencari tumpukan serbuk gergaji yaitu sisa kunyahan semut-semut tsb. Cobalah cari serbuk gergaji tsb di tumpukan kayu atau apapun yang mengandung kayu. Sarang semut tsb biasanya ada di tempat lembap.

Bila Anda kesulitan mencari sarangnya untuk menghilangkan semut di rumah hingga sarangnya, Anda cukup membunuh semut yang Anda lihat lalu perhatikan arah datangnya semut yang baru. Dengan cara ini Anda dapat mengetahui dari lubang atau celah mana semut tsb muncul. Bila sudah ditemukan, segeralah tutup celah tsb untuk menghindari masuknya semut ke dalam rumah.

Cara Menghilangkan Semut di Rumah dan Tips Membasmi Semut Lainnya

Beberapa tips berikut ini dapat Anda gunakan untuk membasmi semut di rumah Anda, yaitu:

  1. Beberapa semut menyukai protein dan lemak. Campurkannya 1 sdm mentega kacang dengan 1 sdm gulan dan 1sdt boraks. Oleskan campuran ini di sedotan plastik lalu letakkan di tempat yang dekat dengan jejak semut.
  2. Letakkan beberapa tetes minyak peppermint di boa kapas lalu letakkan di tempat semut sering terlihat. Peppermint oil dapat diperoleh dari mengekstrak tanaman mint yang dapat berfungsi sebagai tanaman pengusir tikus loh ..
  3. Taburkan bubuk kayumanis di dekat tempat masuknya semut ke dalam rumah. Hati-hati jangan sampai mengenai barang-barang karena dapat meninggalkan noda.
  4. Taburkan talk / bedak bayi di tempat masuknya semut ke dalam rumah.
  5. Oleskan Vaseline di area tempat masuknya semut ke dalam rumah.

 Itulah beberapa cara membasmi dan menghilangkan semut di rumah secara alami. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:  www.diynatural.com/how-to-get-rid-of-ants-naturally/

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

Iklan
loading...

loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara menghilangkan semut di rumah -cara menghilangkan semut -cara Membasmi semut -cara menutup lubang semut -car menhilangkan jejak semut -cara membuat umpan semut -cara ngusir semut -cara menghilangkan semut di meja makan -cara membasmi semut di rumah kayu -cara mengusir semut api -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.