Membuat Filter Air Sederhana Yang Aman dan Alami

ads

Membuat Filter Air Sederhana – Air merupakan kebutuhan yang sangat vital bagi semua makhluk hidup. Dan kebutuhan air bersih sangatlah penting untuk menunjang kesehatan tubuh kita. Namun faktanya sekarang ini, air bersih sulit diperoleh, dan bilapun ada perlu biaya tambahan untuk mendapatkannya. Ada yang menggunakan air PAM dan ada pula yang menggunakan filter air untuk menyaring air sumur yang keruh, dsb.

Berbicara tentang filter air, memang betul sekarang ini banyak sekali filter air yang dijual di pasaran dengan segala kelebihan dan kekurangannya terutama bila Anda tinggal di perkotaan. Namun bila Anda mau berkreasi, Anda pun dapat membuat filter air sederhana yang aman dan alami di rumah loh. Dan tentunya itu akan lebih menghemat biaya pengeluaran bulanan Anda.

Namun sebelum Cara Praktis membahas mengenai cara membuat filter air sederhana yang alami dan aman, alangkah baiknya bila Anda mengetahui mengapa kita perlu menggunakan air bersih tsb.

Mengapa Kita Harus Menggunakan Air Bersih?

Air yang kita gunakan untuk keperluan sehari-hari harus terhindar dari kotoran. Karakteristik air bersih dapat dilihat dari warnanya yang jernih, tidak berbau, dan tidak berasa.

Anda mungkin tahu begitu banyak penyakit yang dapat ditularkan dari penggunaan air kotor ataupun tercemar seperti penyakit tipes dan penyakit lainnya. Dan itulah mengapa Indonesia merupakan daerah penyebaran penyakit tipes karena sulitnya mendapatkan air bersih selain tingkat kebersihan pribadi yang masih rendah.

Mengapa Perlu Membuat Filter Air Sederhana Sendiri di Rumah?

Beberapa alasan berikut ini dapat Anda gunakan mengapa Anda perlu membuat filter air sendiri di rumah:

  • Sumber air yang Anda gunakan sekarang ini kotor dan berbau
  • Filter air yang ada di pasaran sulit terjangkau, baik secara fisik maupun secara finansial. Perlu Anda ketahui kebanyakan filter air yang ada di pasaran sekarang ini menggunakan metoda penggantian filter untuk jangka waktu tertentu.

Bila Anda memiliki masalah di atas maka membuat filter air sederhana sendiri yang ramah lingkungan merupakan alternative terbaik walaupun tidak semua kotoran tsb seperti mikroorganisme maupun cemaran kimia dapat terbuang / tersaring.

Baca juga: Cara Praktis Menyaring Air Keruh Menjadi Jernih Dan Tidak Berbau Secara Alami

Cara Membuat Filter Air Sederhana Sendiri di Rumah

Sebelum membahas mengenai cara membuat filter air sederhana yang ramah lingkungan tsb, sebaiknya Anda pahami dulu bahwa untuk sistem penyaringan air tsb memerlukan beberapa tahapan sehingga air yang dihasilkan akan aman untuk digunakan, yaitu:

  • Batu kerikil untuk menyaring kotoran dengan ukuran yang lebih besar dan secara fisik terlihat oleh mata.
  • Pasir digunakan untuk menyaring kotoran yang ukurannya lebih kecil
  • Sementara karbon / arang aktif digunakan untuk menyerap bau, menyerap mikroorganisme dan zat kimia serta menjernihkan.

Anda mungkin bertanya bagaimana cara mendapatkan arang aktif untuk membuat filter air sederhana tsb?

Bila iya, Anda dapat membelinya di toko yang menjual aquarium atau Anda pun dapat menggunakan arang kayu, namun pastikan arang tsb bukan terbuat dari kayu yang beracun ya. Dan untuk mengaktifkannya Anda dapat meniupkan angin pada arang tsb sehingga pori-pori arang terbuka. Semakin banyak pori-pori yang terbuka maka akan semakin luas permukaan arang untuk melakukan penyerapan dan membuat filter air sederhana akan berfungsi optimal.

Baca juga: Cara Praktis Memiliki Aquarium Tetap Bersih dan Tidak Amis

Oke lalu bagaimana cara membuat filter air sederhana tsb?

Agar proses penyaringan lebih baik maka Anda perlu menyiapkan 3 wadah untuk menyimpan ketiga bahan di atas dan 1 wadah lainnya untuk menyimpan hasil penyaringan. Untuk membuat filter air sederhana untuk keperluan rumah tangga, ember bekas cat ukuran 20 kg sepertinya cukup atau Anda dapat memanfaatkan bahan lainnya sebagai wadah yang akan kita susun secara vertikal untuk memanfaatkan gaya gravitasi. Selain itu diperlukan juga saringan, pipa dan alat pembuat lubang.

Cucilah wadah dan bahan material yang akan digunakan sampai bersih sebelum Anda membuat filter air sederhana.

sponsor

Oke langsung saja berikut ini tahapan cara membuat filter air sederhana di rumah sendiri:

  • Beri lubang pada bagian bawah tengah ember untuk ember pertama dan kedua menggunakan bor dan beri lubang juga pada tutup ember kedua dan ketiga. Ukuran lubang dibuat cukup kecil saja.
  • Pasang pipa tergantung ukuran lubang, misalnya ukuran ¼ inch di bawah ember pertama dan kedua, gunakan lem agar lebih kuat.
  • Pasang saringan untuk menutupi lobang pipa. Ikat saringan menggunakan tali. Agar saringan tsb lebih kuat berikan pelindung untuk menutupi saringan dengan menggunakan gelas plastik minuman kemasan yang telah diberi lubang kecil di sekelilingnya lalu letakkan di atas saringan dengan posisi tertutup.

cara memasang saringan pada pipa dan membuat filter air sederhana

  • Beri lubang juga pada ember ke-3 tepatnya di samping bawah. Lalu pasang kran.
  • Cobalah isi dengan air untuk melihat adanya kebocoran sekaligus membilas ember agar lebih bersih. Bila ada yg bocor silahkan diperbaiki dulu misalnya dengan menambahkan tape di tiap sambungan.
  • Letakkan batu kerikil di ember pertama, pasir pantai di ember kedua, dan arang / karbon aktif di ember ketiga dengan jumlah setidaknya 2/3 bagian dari wadah yang digunakan.
  • Pasang semua bagian lalu dan membuat filter air sederhana pun telah selesai. Cobalah lakukan penyaringan untuk melihat hasilnya.

posisi ember dalam membuat filter air sederhana

Dengan menggunakan cara membuat filter air sederhana di atas, Anda mampu menghasilkan beberapa ember air bersih per hari. Untuk hasil terbaik, lakukan aerasi pada hasil penyaringan yaitu memberikan udara pada air tsb dengan cara memasukkan air ke wadah secara berulang kali sehingga air yang dihasilkan akan kaya oksigen.

Untuk membuat filter air sederhana di atas tetap efektif, lakukan pembersihan setiap kali Anda melihat material di atas sudah mulai kotor. Untuk karbon aktif setidaknya Anda harus melakukan penggantian setiap 6 bulan sekali.

Itulah cara membuat filter air sederhana. Bagaimana cukup mudah bukan? Teruslah berkreasi dan semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:  www.offthegridnews.com/how-to-2/how-to-build-a-bio-water-filter/image credit: appropriatetechnology.wikispaces.com; offthegridnews.com

 

Iklan

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

Cara membuat filter air -cara membuat filter aquarium sederhana -Cara membuat saringan air -cara membuat filter air rumah tangga -cara buat saringan air -filter air sederhana -cara membuat filter air sederhana -membuat filter aquarium -membuat filter air sederhana -cara bikin filter air -membuat filter kolam dari ember -filter aquarium sederhana -membuat saringan aquarium sendiri -cara membuat filter aquarium sendiri -cara membuat filter sendiri com -membuat filter aquarium sederhana -membuat saringan aquarium -membuat filter air sederhana sendiri -cara buat filter akuarium -media untuk membuat filter air -cara buat filter air sumur sederhana -cara membuat filter aquarium dari barang bekas -cara membuat penyaring air -cara membuat filter air sederhana untuk aquarium -membuat filter air sendiri -cara bikin filter yang -cara membuat filter air minum -membiay sendiri filter air -membuat filter air sumur -cara buat filter aquarium sendiri -cara membuat filter air aquarium sederhana -cara membuat filter air sendiri -cara membuat saringan air sendiri -cara bikin filter -tahapan cara membuat penyaring air sederhana -cara mem buat filter -membuat filter -cara buat saringan -bahan membuat filter air sederhana -tutorial membuat filter air -cara buwat filter -cara bikin filter air sederhana tp efektip -bikin filter air bersih -bikin filter air sederhana -bikin filterair -bikin saringan air sendiri#spf=1 -cara bikin filter air sederhana -cara bikin penyaring air minum -cara bikin penyaring air bersih -cara bikin filter air sendiri -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.