Cara Mencuci Jaket Kulit Yang Perlu Diketahui

ads

Cara Mencuci Jaket Kulit – Menggunakan jaket kulit memang dapat membuat pemakainya tampak keren. Namun agar semakin keren, Anda perlu merawat jaket tsb secara berkala agar tetap terjaga kebersihan, aromanya pun tetap segar tidak apek, dan berdaya tahan lama.

Namun masalahnya cara mencuci jaket kulit tidak dapat dilakukan secara biasa saja, karena bila Anda salah maka jaket yang harganya terbilang cukup tinggi ini dapat rusak loh. Apalagi bila jaket tsb sudah terkena noda, hmm akan lebih sulit lagi membersihkannya.

Baca juga: 3 Cara Mudah Menghilangkan Noda Darah Pada Pakaian

Namun Anda tak perlu panik karena dengan cara mencuci jaket kulit yang benar yang akan diulas oleh Cara Praktis berikut ini dapat membantu Anda mengatasi masalah-masalah tsb.

cara mencuci jaket kulit yang benar

Jaket Kulit Membuat Penampilan Seseorang Tampil Keren

Cara Mencuci Jaket Kulit Yang Benar

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan jaket kulit kesayangan Anda agar terawat:

Cara Mencuci Jaket Kulit #1: Tes Dulu!

Sebelum Anda mencucinya, pastikan Anda melakukan pengujian ketahanan bahan jaket terlebih dahulu. Caranya cukup dengan mengusapkan handuk putih basah pada bagian kecil jaket kulit dan tidak terlihat. Jika terdapat noda pada handuk itu artinya jaket tsb mudah luntur. Bila demikian usahakan jangan cuci jaket tsb dengan air agar tidak pudar warnanya namun cukup dengan mengelapnya.

Begitu pula bila Anda perlu menggunakan sabun, lakukan pengetesan terlebih dahulu karena pemakaian sabun cuci yang salah malah akan membuat jaket kulit Anda retak-retak. Sebagai alternatifnya Anda dapat menggunakan sabun mandi ataupun sampo bayi.

Baca juga: Cara Praktis Membersihkan Helm Motor Sendiri Agar Tidak Bau Apek

Cara Mencuci Jaket Kulit #2: Gunakan Air Dingin

Air panas memang efektif untuk melepaskan noda, namun penggunaan air panas pada bahan kulit dapat membuatnya berubah bentuk. Bila memang jaket kulit Anda terkena noda membandel, Anda dapat menggunakan deterjen cair di area yang bernoda dulu sebelum mencucinya secara keseluruhan.

Cara Mencuci Jaket Kulit #3: Gunakan Pelindung Bila Menggunakan Mesin Cuci

sponsor

Anda dapat mencuci jaket kesayangan Anda menggunakan tangan ataupun mesin cuci. Namun bila menggunakan mesin cuci sebaiknya bungkus jaket menggunakan tas laundry untuk mencegah rusaknya jaket karena tergulung mesin cuci dan gunakan putaran yang “soft”.

Cara Mencuci Jaket Kulit #4: Hindari Sinar Matahari Langsung

Agar jaket tidak kaku dan warnanya tidak cepat pudar, keringkan jaket di tempat yang tidak terkena cahaya matahari langsung. Bila diperlukan untuk mempercepat pengeringan, Anda dapat menepukkan handuk kering sehingga kadar air pada jaket dapat berkurang.

Cara Mencuci Jaket Kulit #5: Serahkan Pada Ahlinya

Cara terbaik membersihkan jaket kulit yang kotor adalah sesegera mungkin sehingga noda belum sempat terikat kuat pada serat kain. Namun bila hal tsb tidak memungkinkan dan jaket kulit Anda terasa bau dan kotor sekali, silahkan serahkan saja pada ahlinya, laundry professional. Begitu pula bila Anda masih ragu dengan cara pencucian di atas.

Itulah cara mencuci jaket kulit agar tetap terawat dan awet tahan lama. Semoga bermanfaat …

Iklan
Sumber Referensi:www.cleanipedia.com/id/bahan-material-permukaan/cara-merawat-jaket-kulitwww.rinso.co.id/tips-mesin-cuci/cara-mencuci-jaket-kulit/  image credit: aliexpress.com

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara membuat jaket kulit tidak kaku lagi -cara mencuci jaket kulit laundry -cara mengatasi jaket kulit terkena sabun -cara merawat jaket kulit dg shampo -kumpulan cara mencuci jaket kulit -laundry jaket kulit -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.