Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Berputar Lambat atau Mati Total

ads

Cara Memperbaiki Kipas Angin – Kipas angin merupakan salah satu alat yang sangat dibutuhkan saat ini terutama bila Anda tinggal di daerah berudara panas seperti Jakarta dan sekitarnya atau kota-kota lain apalagi bila Anda tidak memiliki AC.

Kipas angin masih menjadi pilihan saat ini karena harganya yang lebih terjangkau dibandingkan AC selain itu daya listrik yang diperlukan pun tak sebesar penggunaan AC. Namun masalahnya bagaimana cara memperbaiki kipas angin bila kipas tsb tidak dapat berputar atau angin yang dihasilkan sangat lemah sehingga tidak mampu menyejukkan udara di rumah Anda?

Baca juga: Cara Membersihkan AC Sendiri di Rumah Mudah dan Cepat

Bila Anda mengalami masalah yang sama, silahkan ikuti beberapa tips / cara memperbaiki kipas angin yang tidak dapat berfungsi semestinya yang akan diulas oleh Cara Praktis berikut ini.

cara memperbaiki kipas angin yang rusak

Cara Mengatasi Kipas Angin Yang Lemah / Berputar Lambat

Salah satu penyebab melambatnya perputaran kipas angin adalah adanya kotoran yang menempel sehingga menghambat perputaran kipas. Cara memperbaiki kipas angin yang lambat putarannya dapat dilakukan dengan cara berikut ini:

  • Matikan kipas dan cabut kabelnya dari steker
  • Bongkar penutup kipas
  • Bersihkan kotoran yang menempel di bagian as kipas seperti benang, rambut, atau debu (bila ada)
  • Beri minyak pelicin seperti oli
  • Lalu tutup kembali penutup kipas dan coba nyalakan.

Bila cara memperbaiki kipas angin yang lambat putarannya seperti di atas masih belum berhasil, cobalah periksa kapasitornya menggunakan multimeter. Bila rusak, silahkan ganti dengan kapasitor yang masih baik.

Baca juga: Cara Praktis Menguji dan Memeriksa Komponen Elektronika

Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Mati Total

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk mengatasi kipas angin yang mati total tidak dapat berputar sama sekali, yaitu:

sponsor
  • Matikan dulu kipas angin dan cabut kabel dari steker
  • Bongkar casing kipas angin
  • Periksa jalur kabel apakah ada yang putus atau tidak menggunakan multimeter. Bila ada yang putus silahkan ganti dengan yang baru. Bila tidak ada yang putus silahkan lanjut ke cara memperbaiki kipas angin berikutnya
  • Periksa saklar kipas angin dan sambungannya, apakah ada yang tidak berfungsi. Bila ada yang rusak silahkan ganti dengan yang baru. Bila kondisinya baik-baik saja silahkan lanjutkan ke cara memperbaiki kipas angin berikutnya.
  • Bongkar casing dynamo lalu cari thermo fuse yang biasanya berada dalam isolator bersama gulungan dynamo. Periksa kondisi thermos fuse tsb menggunakan multimeter dengan posisi selector di skala ohm. Bila jarum tidak bergerak berarti thermo fuse tsb rusak dan harus diganti.
memeriksa thermofuse untuk memperbaiki kipas angin yang mati total

thermofuse (image credit: gurucanggih.com)

  • Bila thermo fuse baik-baik saja maka cara memperbaiki kipas angin yang rusak dapat dilanjutkan dengan memeriksa gulungan dynamo. Solusinya bila gulungan dynamo bermasalah adalah gulung ulang di tukang dynamo atau menggantinya dengan yang baru.

Itulah beberapa cara memperbaiki kipas angin yang rusak atau tidak berfungsi yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Bila Anda tidak yakin dan tidak mau pusing, silahkan panggil jasa service kipas angin saja hehehe. Semoga informasi di atas bermanfaat …

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Iklan
loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara memperbaiki kipas angin yang putarannya lambat -kipas angin lambat -penyebab kipas angin lambat -kipas angin tidak berputar kencang -cara memperbaiki kipas angin -kipas angin berputar lambat -penyebab kipas angin lambat berputar -kipas angin lambat berputar -memperbaiki kipas angin berputar lambat -memperbaiki kipas angin -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.