Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak Tidak Berfungsi Secara Mudah

ads

Menggunakan laptop atau notebook sudah menjadi kebutuhan sekarang ini terutama bila Anda anak sekolah, mahasiswa, para pekerja, ataupun para pengelola bisnis online. Salah satu masalah yang sering muncul pada pengguna laptop adalah keyboard yang rusak atau tidak berfungsi padahal keyboard merupakan salah satu bagian yang sangat vital walaupun sekarang ini banyak sekali laptop yang sudah menggunakan teknologi layar sentuh namun tetap saja lebih enak mengetik menggunakan keyboard. Lalu pertanyaannya bagaimana cara memperbaiki keyboard laptop rusak dan tidak berfungsi tersebut?

Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi / Error

Sebelum Cara Praktis membahas mengenai cara mudah mengatasi / memperbaiki keyboard laptop yang rusak, alangkah baiknya kalau kita ketahui dulu beberapa penyebab kerusakan keyboard laptop tsb.

Beberapa penyebab keyboard laptop tidak berfungsi biasanya karena ada kotoran yang mengganjal tombol, karena masalah sistem, ataupun karena faktor usia.

cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi

image credit: pixabay.com

Baca juga: Cara Membersihkan AC Sendiri di Rumah Mudah dan Cepat

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak sebetulnya dapat dilakukan secara mudah bila Anda mengetahui penyebabnya dengan pasti. Bila tidak mengetahuinya dengan jelas, silahkan ikuti tips berikut ini:

1. Bersihkan Kotoran Pada Keyboard

Cara memperbaiki keyboard laptop pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan keyboard itu sendiri dari kotoran seperti debu atau remah-remah makanan yang mungkin terjatuh. Anda dapat memiringkan laptop +/- 75 derajat lalu goyang-goyang dengan lembut agar kotoran yang menyelip di sisi keyboard terlepas dan terjatuh. Anda pun dapat menggunakan kuas untuk menyapu kotoran tsb atau menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot kotoran yang terselip.

Sekarang cobalah semua bagian keyboard tsb apakah sudah berfungsi atau belum. Bila cara pertama ini belum menyelesaikan masalah silahkan lanjutkan ke cara memperbaiki keyboard laptop yang kedua.

2. Restart Laptop

Salah satu penyebab keyboard tidak berfungsi adalah adanya kerusakan pada piranti lunak ataupun driver keyboard laptop Anda. Bila ini penyebabnya, maka cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi tsb dapat diatasi dengan me-restart laptop Anda. Terkadang mematikan dan menyalakan lagi laptop Anda dapat mengatasi keyboard laptop yang “hang” dan ngaco.

3. Restore System

Bila keyboard laptop Anda tiba-tiba tidak berfungsi sesaat setelah Anda meng-instal aplikasi baru atau mengubah pengaturan yang ada di laptop maka cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi tsb dapat dilakukan dengan me-restore sistem laptop (mengembalikan perubahan seperti sebelumnya).

Caranya cukup dengan mengklik “start” –>  “control panel” –> “sistem and security” –> “back up your computer” –> “recover system settings on your computer” –> “open system restore” lalu ikuti beberapa perintah berikutnya lalu reboot / restart laptop lalu cobalah apakah keyboard sudah berfungsi normal atau tidak.

4. Perbaiki Keyboard Driver

sponsor

Penyebab lain tidak berfungsinya keyboard adalah keyboard driver yang tidak up-to-date atau terganggu program yang lain. Untuk memastikannya cobalah klik “start” –> “control panel” –> “system and security” –> “Piranty Manager” –> “keyboard”. Bila terdapat tanda “warning” berupa tanda seru atau segitiga warna kuning maka terdapat masalah pada keyboard driver laptop Anda. Cara memperbaiki keyboard laptop dengan penyebab di atas dapat dilakukan dengan mendownload driver terbaru dari produsen laptop Anda.

Baca juga: Cara Praktis Menguji dan Memeriksa Komponen Elektronika

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Berbunyi “Beep” Terus Menerus

Mungkin sekarang ini Anda sedang kesal karena saat Anda menyalakan laptop muncul bunyi “beep” yang terus menerus. Salah satu penyebabnya adalah keyboard yang rusak dimana ada bagian lapisan karbon dari tiap tombol tsb yang saling menempel.

Untuk mengatasinya cobalah matikan dulu laptop Anda lalu tekan semua tombol keyboard secara serentak secara beberapa kali. Namun ingat jangan ditahan ya … Setelah itu coba nyalakan kembali laptop Anda. Itulah cara memperbaiki keyboard laptop yang berbunyi beep secara mudah. Namun bila keyboard Anda belum berfungsi juga kemungkinan besar karena rekatan lapisan karbon sangat kuat. Bila hal ini terjadi saya sarankan segera hubungi teknisi professional saja karena Anda diharuskan untuk membuka tombol keyboard dan pengerjaannya agak rumit.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tertukar Hurufnya

Bila Anda menggunakan keyboard eksternal mungkin Anda pernah mengalami masalah tertukarnya huruf saat menggunakan kembali keyboard bawaan laptop. Error yang terjadi biasanya saat kita menekan tombol m, j, k, l, u, i, o maka yang muncul merupakan angka 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6. Hal ini dapat terjadi karena tertukarnya fungsi Fn.

Cara memperbaiki keyboard laptop yang error karena tertukarnya fungsi Fn dapat dilakukan dengan menekan terus tombol Fn lalu tekan tombol numeric yang biasanya ada di deretan paling atas sejajar dengan tombol F1-F12 bertuliskan Insert dan NumLK. Setelah itu cobalah tekan salah satu tombol huruf yang error tadi bila yang muncul masih angka cobalah ulangi sekali lagi.

Itulah beberapa cara memperbaiki keyboard laptop dengan mudah yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Bila cara di atas belum dapat mengatasi masalah keyboard yang error saya sarankan untuk segera menghubungi ahli service laptop atau bila sangat mendesak tak ada salahnya bila Anda membeli keyboard lainnya sebagai alternative. Semoga bermanfaat …

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

Iklan
loading...

loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

Tombol sentuh keyboard tidak berfungsi -cara mengatasi keyboard laptop heng -cara mengatasi joypad laptop yang nge hank -caRa memperbaiki tombol laptop yang heng -cara memperbaiki kibord laptop yg heng -cara memperbaiki keyboard hang -cara membetulkan keyboard yang ngehang -cara membetulkan keyboard laptop yang tidak bisa di sentuh akibat di reset -cara benerin kyibord laptop yang peraktis -cara benerin kaybod laptop denga praktis -

3 Comments

    • admin

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.