Cara Membuat Taman Minimalis Sendiri di Rumah

ads

Cara Membuat Taman Minimalis Sendiri – Fungsi taman dalam sebuah rumah selain untuk meningkatkan nilai estetika rumah tsb juga membuat nyaman penghuninya dengan memberikan pemandangan dan udara yang segar setiap harinya. Untuk sebagian orang taman minimalis akan terdengar membosankan karena bentuknya hanya itu-itu saja, namun bagi sebagian orang yang lain justru taman minimalis dapat didesain dan difungsikan sebagai bagian dari gaya hidup.

Taman minimalis belakangan ini menjadi tren seiring dengan semakin terbatasnya dan semakin mahalnya harga properti. Taman minimalis inilah yang kemudian memberikan keindahan pada sebuah rumah minimalis. Walaupun kata minimalis terkesan sempit namun dengan pengaturan dalam cara membuat taman minimalis, taman yang sedikit pun tetap akan terasa manfaatnya.

Baca juga: 4 Cara Mudah Membuat Desain Rumah Hemat Energi Yang Murah

Menyewa jasa pembuat taman memang oke-oke saja, namun bila Anda ingin berkreativitas dan menyalurkan hobi Anda, tak ada salahnya bila Anda melakukannya sendiri. Anda tak perlu khawatir dan bingung karena Cara Praktis akan mengulas cara membuat taman minimalis sendiri di rumah Anda cukup dalam 6 langkah saja. Penasaran? Yuk ikuti ulasannya berikut ini ..

cara membuat taman minimalis sendiri di rumah

Taman Minimalis (sweethomedecor2015.blogspot.com)

Baca juga: Contoh Model Pintu Rumah Minimalis 2 Pintu Terbaru

Cara Membuat Taman Minimalis Sendiri

Sebelum Anda mengikuti cara membuat taman minimalis yang akan saya ulas sesaat lagi, saya sarankan Anda untuk mencari inspirasi model dan desain taman yang diinginkan. Anda dapat melihat taman tetangga, taman teman, ataupun foto-foto taman minimalis yang ada di internet. Dengan demikian Anda akan memiliki ide bagaimana membuat sebuah taman minimalis yang indah dan cocok untuk rumah Anda.

Bila Anda bukan seorang desainer profesional atau tak mampu membayar jasa pembuat taman, Anda tak perlu berkecil hati karena dengan aturan cara membuat taman minimalis berikut ini saya yakin hasil yang akan diperoleh tak akan jauh berbeda. Oke langsung saja …

Cara Membuat Taman Minimalis #1: Buatlah Batas-Batas

Perlu Anda ketahui, pada hakekatnya untuk membuat sebuah desain taman minimalis yang indah maka Anda perlu memulainya dengan batas-batas, misalnya batas pengelompokan tanaman dan batas penggunaan warna baik untuk dinding, pagar, ataupun untuk pijakan.

Berikut ini adalah contoh penggunaan batas tsb dalam cara membuat taman minimalis, yaitu:

  • Warna netral biasanya yang paling diminati karena memberikan efek menenangkan.
  • Penggunaan panel logam akan membuat tekstur dan bayangan.
  • Dinding yang terbuat dari batu kapur akan memberikan batas minimalis sederhana.
  • Penggunaan dinding juga dapat digunkan untuk memproyeksikan lampu taman.
cara membuat taman minimalis

Contoh Penggunaan Batas Warna (backyardloft.com)

Cara Membuat Taman Minimalis #2: Batasi Penggunaan Bahan

Rekomendasi Artikel dari Sponsor:

loading...

Karena konsep yang akan kita buat adalah taman minimalis maka penting sekali untuk tetap membatasi penggunaan bahan pembuat serta warna sehingga akan diperoleh tampilan yang sederhana dan bersih. Jadi jangan terlalu banyak menggunakan ornament dan warna.

Baca juga: Cara Mudah Memilih Warna Cat Dinding Luar Rumah Yang Tepat

Cara Membuat Taman Minimalis #3: Atur Penanaman Rumput

Rumput biasanya merupakan bagian utama dalam sebuah taman, namun untuk membuat desain taman minimalis yang indah, Anda harus hati-hati dalam penanaman rumput ini. Rumput sebaiknya disusun agar menyerupai karpet. Bila rumput alam menyulitkan Anda dalam perawatannya, Anda pun dapat menggunakan rumput sintetis.

Cara Membuat Taman Minimalis #4: Batasi Penggunaan Tanaman

Fungsi tanaman dalam sebuah desain taman adalah sangat penting. Namun untuk konsep desain taman minimalis, Anda harus menggunakan tanaman ini seminimal mungkin. Sebaiknya gunakan tanaman tak lebih dari 3 jenis saja. Alasannya selain akan menghasilkan bentuk desain yang lebih baik juga alasan perawatan yang lebih mudah.

cara membuat taman minimalis

Contoh Pengelompokan Tanaman (flickriver.com)

Cara Membuat Taman Minimalis #5: Mengelompokkan Tanaman

Sebaiknya tanaman yang sama, atau yang menggunakan pot / wadah yang sama, atau memiliki warna yang sama dikelompokkan menjadi satu sehingga tercipta harmonisasi dari taman tsb dan memberikan kesan bersih dan sederhana.

Cara Membuat Taman Minimalis #6: Tambahkan air untuk Untuk Memberikan Efek Suara

Suara air gemericik atau gerakan air dapat meciptakan perasaan tenang bagi para penikmatnya. Untuk itu penting sekali menambahkan air ini dalam desain taman minimalis. Ada banyak pilihan kolam minimalis yang dapat Anda beli di toko taman.

Baca juga: 5 Cara Praktis Membuat Kolam Ikan di Rumah Mungil Minimalis

cara membuat taman minimalis sendiri

Adanya Air Akan Lebih Memperindah dan Menenangkan (minimalisti.com)

Itulah 6 langkah / cara membuat taman minimalis sendiri di rumah. Sekarang saatnya Anda berkreasi .. Semoga bermanfaat …

Iklan
Sumber Referensi:  www.houzz.com/ideabooks/17615318/list/how-to-design-a-calming-minimalist-garden

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara membuat taman sendiri -cara membuat taman sederhana -cara membuat taman minimalis -cara membuat taman rumah sederhana -buat taman minimalis -cara berkreasi buat taman -warna buat taman -buat taman rumah murah -buat taman rumah -bikin taman sederhana tapi indah -

2 Comments

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.