Cara Membuat Aquarium Air Laut Dalam 5 Langkah

ads

Cara Membuat Aquarium Air Laut – Bagi Anda pencinta ikan tentunya sudah tak asing lagi dengan keindahan warna dan bentuk ikan laut. Bahkan semenjak film “Finding Nemo” booming di Indonesia beberapa tahun silam dan sekarang “Finding Dory”, banyak yang terinspirasi untuk memiliki aquarium air laut.

Beberapa orang lebih memilih membeli aquarium air asin yang telah jadi namun ada juga yang ingin menyalurkan kreativitasnya dengan cara membuat aquarium air laut sendiri di rumah. Walaupun agak merepotkan, tapi saya yakin semua usaha Anda akan terbayar pada akhirnya dengan kepuasan yang lebih.

Bila Anda ingin mencoba membuat akuarium air asin silahkan ikuti tips / caranya berikut ini …

Baca juga: Cara Praktis Memiliki Aquarium Tetap Bersih dan Tidak Amis

Tips Membuat Aquarium Air Laut / Air Asin Yang Murah

Sebelum Cara Praktis membahas mengenai cara membuat aquarium air laut ini, sebaiknya Anda ikuti beberapa tips berikut ini agar dapat menghemat waktu dan biaya, yaitu:

  1. Sebaiknya ketahui dulu sifat air laut dan sifat penghuni aquarium tsb sehingga Anda lebih mengerti dalam penanganannya. Perlu Anda ketahui, dalam membuat aquarium air laut, Anda jangan terburu-buru memasukkan ikan ke dalam akuarium yang baru dibuat karena akan membuat ikan stress atau mengalami “new tank syndrome”. Sebaiknya air laut didiamkan dulu untuk menjaga keseimbangan ekosistem.
  2. Buatlah konsep design akuarium meliputi aksesoris yang akan digunakan, apakah jenis akuarium ikan atau akuarium koral atau kombinasinya
  3. Siapkan alat dan bahan yang digunakan
  4. Langsung action sesuai rencana
  5. Tetap sabar karena proses pembuatan akuarium air asin ini memerlukan waktu yang cukup lama yaitu sekitar 4 bulan / 12 minggu.

Cara Membuat Aquarium Air Laut Step by Step

Oke langsung saja, berikut ini langkah-langkah pembuatan akuarium air asin:

Peralatan dan Bahan Untuk Membuat Aquarium Air Laut

  1. Siapkan Kotak Aquarium

Sebelum Anda membuat aquarium air laut, Anda harus memiliki kotak akuarium dengan ukuran yang diinginkan. Ukuran aquarium 1 meter persegi saya rasa cukup besar tapi usahakan sesuaikan dengan ukuran untuk tempat penyimpanannya. Kotak akuarium dapat dibuat dari lempengan kaca atau biar praktis Anda dapat membeli yang sudah jadi sehingga tidak perlu mengelas, dll.

  1. Siapkan Aksesoris Aquarium

Aksesoris wajib yang harus ada di aquarium adalah pompa air (untuk sirkulasi air), skimmer (untuk memecah aneka kotoran dalam air sebelum kotoran tsb masuk ke saringan), filter / sump / refugium (untuk menyaring kotoran), lampu (untuk proses fotosintesis biota dalam aquarium selain untuk penerangan), calcium reactor (untuk menambah kadar kalsium dalam air terutama bila isi aquarium tsb banyak koral / karang), coil denitrator (untuk menetralisir kandungan nitrat dalam air dari kotoran ikan), chiller (untuk mendinginkan suhu air karena beberapa biota air laut memerlukan suhu dingin).

Sementara aksesoris tambahan untuk membuat aquarium air laut di antaranya adalah pH meter, calcium tester, amoniak / nitrat / nitrit tester, thermometer, bioball, dan bakteri starter.

Baca juga: Membuat Filter Air Sederhana Yang Aman dan Alami

  1. Siapkan Bahan-Bahan Lainnya

Bahan-bahan lain yang diperlukan untuk membuat aquarium air laut di antaranya adalah pasir laut kasar dan halus, karang / coral, air laut, dan biota lainnya seperti ikan, dll. Ikan sebaiknya dibeli pada tahap akhir saja.

Tahapan Perakitan Akuarium Air Asin

Oke langsung saja, berikut tahapan cara membuat aquarium air laut yang dibagi dalam 5 tahap, yaitu sbb:

Cara Membuat Aquarium Air Laut Tahap 1: Minggu Pertama

  • Masukkan pasir laut kasar +/- 1-3 cm ke dalam kotak aquarium lalu lapisi dengan pasir laut halus sekitar 2-3 cm.
  • Tambahkan air laut yang dapat Anda beli di toko ikan secara perlahan dan hati-hati ke dalam kotak aquarium tsb.
  • Bilas batu-batuan karang dengan air laut lalu letakkan dalam kotak aquarium sesuai keinginan.
batu karang untuk membuat aquarium air asin

Batu Karang Sebagai Tempat Hidup Coral

  • Pasang aksesoris seperti lampu, pompa, filter, calcium reactor, denitrator, dan chiller sesuai petunjuk pemasangan yang ada pada kemasan.
  • Nyalakan semua aksesoris kecuali lampu untuk mencegah terjadinya pertumbuhan alga.
  • Gantilah setiap ½ bagian air laut setiap minggunya sampai 4 minggu berturut-turut. Lakukan juga pengecekan ammonia / nitrit dan pastikan kadarnya 0. Lakukan juga pemeriksaan pH dan bila diperlukan lakukan penyesuaian pH hingga 8,1-8,4.

Cara Membuat Aquarium Air Laut Tahap 2: Minggu Ke-4

Sekarang saat Anda dapat memasukkan biota laut seperti alga, siput, dan kepiting. Kemudian nyalakan lampu 12 jam lalu matikan pada 12 jam berikutnya, begitu seterusnya hingga 2 minggu.

Cara Membuat Aquarium Air Laut Tahap 3: Minggu Ke-6 dan Ke-8

sponsor

Sekarang Anda sudah bisa menambahkan coral ke dalam aquarium dan susun sesuai keinginan di atas batu karang. Namun sebelumnya ganti dulu 25% air laut dalam aquarium dengan air laut baru. Biarkan hingga 2 minggu.

coral untuk membuat aquarium air laut

Coral

Anda dapat menambahkan coral berikutnya bila ada yang mau ditambahkan, letakkan di atas batu karang dan biarkan hingga 2 minggu.

Cara Membuat Aquarium Air Laut Tahap 4: Minggu Ke- 10 dan Ke-12

  • Gantilah 25% air aquarium lalu letakkan ikan ke dalamnya, dan biarkan hingga 2 minggu.
  • Setelah 2 minggu gantilah 25% air aquarium lalu Anda dapat menambah ikan lainnya dan biarkan hingga 2 minggu.

Cara Membuat Aquarium Air Laut Tahap 5: Perawatan

  • Lakukan pengecekan parameter air seperti kadar kalsium, kadar nitrit, dan pH secara berkala untuk memastikan lingkungan ekosistem dalam aquarium tetap sehat.
  • Lakukan penggantian air aquarium sebanyak 25% setidaknya setiap bulan sekali dan bersihkan filter aquarium secara berkala.
  • Berikan makanan ikan setiap 2 x sehari. Anda dapat memberikan fitoplankton setiap minggu juga.
  • Untuk menjaga kesehatan coral, berikan iodium, kalsium, strontium / molybdenum, dan buffer.

cara membuat aquarium air laut

Nah itulah cara membuat aquarium air laut seperti yang dijelaskan di atas. Setiap hari Anda akan melihat perkembangan ekosistem dalam aquarium Anda sehingga dalam waktu 1 tahun Anda akan dapat melihat aquarium air laut yang indah.

Iklan
Sumber Referensi:  www.liveaquaria.com/PIC/article.cfm?aid=39  image credit: naturesocean.com, earthtimes.org, reefedition.com

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

aquarium air laut -cara membuat aquarium air laut -biaya membuat aquarium air laut -cara membuat ekosistem laut -cara setting aquarium air laut -cara membuat aquarium laut -filter aquarium air laut -akuarium air laut -cara membuat aquarium air laut sederhana -cara membuat filter aquarium air laut -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.