Bunga dan Tanaman Pengusir Nyamuk Alternatif Membasmi Nyamuk Secara Alami

ads

Bunga dan Tanaman Pengusir Nyamuk – Banyaknya nyamuk di rumah membawa masalah tersendiri. Selain suaranya yang mengganggu, gigitannya juga membuat kulit gatal dan menyebarkan aneka penyakit.

Memang banyak cara membasmi nyamuk agar tidak mengganggu kita lagi, baik menggunakan obat anti nyamuk, menggunakan aplikasi anti nyamuk, ataupula menggunakan bahan-bahan secara alami yang dapat Anda baca di artikel sebelumnya “Cara Praktis Mengusir Nyamuk Dari Dalam Rumah Secara Alami”.

Nah salah satu alternatif mengusir nyamuk secara alami adalah menggunakan bunga dan tanaman pengusir nyamuk loh. Beberapa jenis bunga dan tanaman memiliki kandungan anti nyamuk. Bahkan banyak di antaranya sudah dimanfaatkan dan diproduksi sebagai lotion ataupun minyak anti nyamuk oleh industri-industri consumer care.

Baca juga: Perangkap Nyamuk Aman, Murah, dan Ga Pake Ribet!

Bunga dan Tanaman Pengusir Nyamuk Yang Dapat Anda Manfaatkan di Rumah Anda

Berikut ini adalah beberapa jenis bunga dan tanaman pengusir nyamuk yang memiliki kandungan anti nyamuk yang akan diulas oleh Cara Praktis berikut ini, yaitu:

Bunga Pengusir Nyamuk #1: Lavender

Tanaman dengan bunga ungunya yang khas sudah sejak jaman dahulu kala dikenal sebagai tanaman pengusir

bunga pengusir nyamuk lavender

Lavender dalam Pot (givingplants.com)

nyamuk. Kandungan linalool dan lynalyl acetate nya terbukti ampuh sebagai anti nyamuk.

Untuk mengusir nyamuk agar tidak masuk ke dalam rumah, cukup tanam bunga pengusir nyamuk tsb di pot lalu letakkan di kamar ataupun depan jendela.

Selain itu bunga lavender pun dapat digosokkan di kulit untuk menghindari gigitan nyamuk.

Baca juga: Cara Praktis Menghindari Gigitan Nyamuk Secara Alami

Bunga Pengusir Nyamuk #2: Marigold (Bunga Tai Kotok)

Bunga Pengusir Nyamuk Marigold

Marigold dalam Pot (balconygardenweb.com)

Bunga dengan warna semarak, kuing, jingga, ataupun merah memang banyak ditemukan di Indonesia. Baunya yang kurang enak ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk dari rumah. Letakkan tanaman ini di sudut ruangan atau di tempat yang Anda sukai.

Tanaman Pengusir Nyamuk #3: Geranium / Tapak Dara

tanaman pengusir nyamuk geranium

Geranium dalam Pot (pinterest.com)

Kandungan geraniol dan sitronelol dalam tanaman ini memiliki efek anti nyamuk. Berdasarkan hasil penelitian, ekstrak tanaman ini mampu menolak nyamuk aedes aegyti sehingga terhindar dari wabah demam berdarah tanpa iritasi kulit.

Untuk mengusir nyamuk, tempatkan tanaman pengusir nyamuk ini di tempat yang terkena hembusan angin agar saat daunnya bergesekan dapat menimbulkan aroma yang tidak disukai nyamuk.

Tanaman Pengusir Nyamuk #4: Rosemary

Rosemary dalam Pot (statebystategardening.com)

Rosemary dalam Pot (statebystategardening.com)

sponsor

Tanaman rosemary memiliki aroma minyak telon yang menyegarkan namun tidak disukai nyamuk. Anda dapat menanamnya di bawah sinar matahari atau gunakan tanaman tsb di kulit untuk menghindari gigitan nyamuk.

Tanaman Anti Nyamuk #5: Zodia

tanaman pengusir nyamuk zodia

Tanaman Zodia (bibitbunga.com)

Sejak jaman dulu, masyarakat Papua sudah memanfaatkan daun zodia untuk menghindari gigitan serangga sebelum masuk ke hutan. Kandungan evodiamine dan rutaecarpine dalam tanaman ini memiliki efek anti nyamuk yang dapat bertahan selam 6 jam sejak digunakan.

Untuk mengusir nyamuk agar tidak berani masuk ke dalam rumah, letakkan tanaman pengusir nyamuk ini di depan jendela atau dekat pintu atau di sudut-sudut ruangan. Namun perlu Anda ingat, karena aroma tanaman ini dapat membuat pening, sebaiknya hindari peletakan tanaman ini di ruangan yang sempit atau ruangan dengan sirkulasi udara terbatas.

Tanaman Pengusir Nyamuk #6: Serai

Para ibu yang biasa masak tentunya sudah tak asing dengan serai, bumbu masak yang dapat memberikan aroma yang khas. Kandungan geraniol dan sitronelol di dalamnya merupakan zat anti nyamuk yang dapat Anda manfaatkan.

Tanaman Pengusir Nyamuk #7: Akar Wangi

Tanaman Akar Wangi (cybex.pertanian.go.id)

Tanaman Akar Wangi (cybex.pertanian.go.id)

Aroma yang menyengat dari tanaman ini dapat digunakan untuk mengusir nyamuk. Bahkan ekstrak akar wangi sudah teruji efektif melawan gigitan nyamuk aedes dan anopheles. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda dapat menanam tanaman pengusir nyamuk ini di pekarangan rumah.

Itulah 7 bunga dan tanaman pengusir nyamuk yang dapat Anda tanam di sekitar rumah Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat …

Iklan

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

tanaman pengusir nyamuk di kamar -bunga untuk ngilangin nyamuk -jenis jenis bunga perangkap nyamuk -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.