Cara Praktis Membuat Mayones Sendiri Di Rumah dan Manfaatnya

ads
Saya yakin Anda sudah tahu apa itu mayones / mayonnaise karena bahan tsb sering Anda temukan saat membeli fast food seperti pada salad, burger, dll. Namun apakah Anda tahu cara membuat mayones sendiri di rumah secara mudah? Dan apakah Anda tahu manfaat mayones selain digunakan pada makanan?

Bila Anda belum mengetahuinya, seperti Anda berada pada artikel yang tepat karena Kumpulan Cara Praktis akan mengulas cara mudah membuat mayones sendiri dan aneka manfaatnya sesaat lagi khusus untuk Anda.

cara membuat mayones sendiri di rumah
image credit: ediblehi.com

Cara Praktis Membuat Mayones Di Rumah Anda Sendiri

Rahasia sukses membuat mayones sebetulnya terletak pada keseimbangan jumlah telur, minyak, dan cuka sehingga dapat membuat emulsi yang tercampur dengan sempurna. Oke langsung saja ya karena pembuatan mayonnaise ini cuma perlu waktu sekitar 2 menit saja.

Bahan Yang Diperlukan:

  • 2 butir telur ayam segar (Baca juga: Cara Praktis Memilih Telur Segar)
  • 2 sdm cuka atau jus lemon
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt mustard kering
  • 2 cangkir minyak zaitun atau minyak sayur
  • Perasa bila diperlukan

Cara Membuat Mayones:

Campurkan telur, cuka, dan mustard di dalam blender, lalu masukkan minyak sedikit demi sedikit sampai terbentuk emulsi dengan konsistensi yang diinginkan. Akan lebih baik lagi bila Anda menggunakan pengaduk tongkat (stick blender atau immersion blender) sehingga tak perlu menggunakan banyak wadah.

Manfaat Mayones Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Mayones memang sering digunakan untuk menambah cita rasa makanan. Namun selain itu masih banyak kegunaan mayones untuk kehidupan Anda sehari-hari. Berikut ini di antaranya, yaitu:

1. Manfaat Mayones Untuk Mengatasi Kulit Yang Terbakar Oleh Matahari
Gunakan mayones dingin pada kulit yang terbakar matahari. Mayones akan memberikan kelembaban yang diperlukan kulit dan cuka di dalamnya akan bertindak sebagai penghilang rasa sakit alami.

2. Manfaat Mayones Sebagai Kondisioner Rambut
Anda sering pusing dengan rambut Anda yang tampak kusut dan kusam? Cobalah gunakan mayones sebagai kondisioner rambut Anda setelah keramas dan biarkan selama 1 jam kemudian bilaslah hingga bersih. Protein dari terlur dan kelembaban dari minyak akan membantu mengatasi masalah rambut kering Anda sehingga rambut Anda akan tampak berkilau.

3. Manfaat Mayones Untuk Membasmi Kutu Rambut
Selain dapat melembutkan rambut, mayones juga dapat digunakan untuk membunuh kutu rambut. Daripada Anda menggunakan obat pembasmi kutu kimia lebih baik Anda mencoba mayones yang lebih alami. Agar lebih efektif lakukan secara berulang, bila diperlukan silahkan konsultasikan dulu dengan dokter ya …

4. Manfaat Mayones Untuk Menguatkan Kuku
Kuku yang kuat akan mempercantik penampilan Anda. Rendamlah kuku Anda dalam mayones selama 5 menit untuk mendapatkan kuku yang kuat dan tak mudah patah.

Baca juga: 6 Cara Merawat Kuku Agar Cantik dan Tidak Mudah Patah

5. Manfaat Mayones Untuk Melumasi Engsel
Bila Anda sering mendengar pintu rumah Anda berderit saat dibuka / ditutup itu tandanya engsel pintu Anda bermasalah. Segerlah lumasi engsel pintu tsb dengan oli atau Anda dapat mencoba mayones loh …

sponsor

6. Manfaat Mayones Untuk Mempercantik Furnitur Kayu
Bagi Anda salah satu pengguna furniture yang terbuat dari kayu, maka salah satu masalah yang muncul adalah sulitnya menghilangkan bekas noda air dan adanya celah di permukaan kayu. Bila Anda mendapati masalah yang sama maka Anda dapat menggunakan mayones sebagai alternatifnya. Untuk menghilangkan noda air cukup dengan mengoleskan mayones di atas permukaan air lalu lap dengan kain bersih. Sementar untuk menutupi celah, tutupi celah tsb dengan mayones dan biarkan beberapa hari baru kemudian bersihkan. Kombinasi antar minyak dan protein dalam mayones dapat membuat kayu mengembang sehingga celah akan menutup dengan sendirinya.

Baca juga: Cara Praktis Menghilangkan Noda Putih Bekas Air di Furnitur Kayu

7. Manfaat Mayones Untuk Mempercantik Tanaman Dalam Rumah
Unsur tanaman dalam rumah memang akan memberikan suasana nyaman pada penghuninya. Namun masalahnya tanaman dalam rumah seringkali tampak kusam karena kurangnya perawatan. Untuk mengembalikan keindahannya, Anda dapat mengoleskan mayones pada daun tanaman menggunakan tissue lalu bersihkan sisa mayones tsb.

Itulah informasi cara praktis membuat mayones sendiri di rumah dan aneka manfaat mayones yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi: 
http://www.diynetwork.com/made-and-remade/learn-it/DIY-mayonnaise-and-8-handy-uses-for-it-that-dont-involve-food 

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Iklan
loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara buat mayones di rumah -mayones untuk salad bau cat -mayonaise murah yogyakarta -kegunaan mayones buat kutu -cara membuat pelicin baju sendiri dirumah -cara membuat mayones sendiri di rumah -Cara membuat mayones rambut -cara membuat mayones dengan blender -cara membuat mayonaise menggunakan blender -membuat mayones jamur -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.