Cara Praktis Menghilangkan Bau Tak Sedap di Toilet / Kamar Mandi

Toilet atau kamar mandi yang bersih dan wangi akan memberikan dampak positif bagi kesehatan penghuni rumah. Bahkan ada sebuah pegangan yang tak tertulis di keluarga saya, bila Anda ingin mengenal perilaku kebersihan pemilik rumah maka lihatlah kebersihan toilet / kamar mandinya. Jadi dari jaman dulu bila saya hendak pindah kost atau memilih tempat penginapan maka hal pertama yang dilihat adalah toiletnya hehehe … Nah masalahnya toilet adalah tempat pembuangan yang biasanya mengeluarkan bau-bau tak enak. Lalu bagaimana cara menghilangkan bau tak sedap di toilet / kamar mandi tsb?

Sebelum kita membahas solusi mengenai cara menghilangkan bau tak sedap di kamar mandi ataupun WC maka alangkah baiknya bila kita mengetahui dulu penyebab bau di kamar mandi tsb.

cara menghilangkan bau tak sedap di wc
image credit: en.wikipedia.org

Penyebab Bau Tak Sedap di Toilet atau Kamar Mandi

Penyebab utama timbulnya bau tak sedap adalah karena penumpukan kuman seperti bakteri dan jamur di toilet. Air, percikan urin ataupun sisa-sisa kotoran merupakan tempat hidup kuman yang utama. Bibit-bibit kuman tsb akan terus berkembang biak bila kita tidak memperhatikan faktor kebersihan toilet.

Selain itu penyebab munculnya bau tak sedap di kamar mandi atau toilet adalah sistem sirkulasi udara yang tidak berjalan dengan baik dan sistem drainase / pembuangan yang tidak terinstalasi dengan baik pula.

Baca juga: Cara Ampuh Mengatasi WC Mampet di Rumah Anda

Tips Trik / Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap di Toilet

Bila dilihat penyebabnya, maka menjaga kebersihan kamar mandi dan WC adalah syarat mutlak untuk mendapatkan kamar mandi yang bersih dan wangi. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan bau tak sedap di toilet / WC:

1. Membersihkan Toilet / WC / Kamar Mandi Secara Teratur
Cara membersihkan kamar mandi sebetulnya hampir sama dengan ruangan lain, namun Anda perlu trik khusus agar tidak terjadi kerak yang membandel. Cara terbaik mencegah noda membandel adalah membersihkan toilet setiap kali selesai digunakan.

Harap diperhatikan sebelum Anda membersihkan toilet untuk mencegah dan menghilangkan bau tak sedap di toilet / kamar mandi maka pastikan dulu seluruh perlengkapan kamar mandi seperti keset, dll sudah dikeluarkan, gunakan sarung tangan karet, dan pastikan Anda mendapat sirkulasi udara yang cukup saat berada di dalam kamar mandi.

  • Sikat bagian kloset menggunakan sikat WC berbahan plastik yang telah dicelupkan larutan pembersih untuk menggosok kloset. Anda dapat menggunakan larutan pembersih khusus toilet yang banyak dijual di pasaran agar lebih praktis seperti karbol atau yang telah dilengkapi pewangi juga. Sementara untuk menghilangkan kerak yang sudah terlanjur terjadi, Anda dapat menggunakan larutan pembersih yang lebih kuat seperti yang mengandung boraks.
  • Sikat pula seluruh permukaan lantai kamar mandi dan dinding kamar mandi.
  • Bilas hingga bersih.
  • Keringkan dinding kamar mandi menggunakan lap begitu pula pada bagian dudukan kloset bila Anda menggunakan kloset duduk.
Baca juga:  Sering Bikin Kesal, Ternyata Ini Penyebab Banyak Nyamuk Nakal Betah di Rumah!

2. Pastikan Ada Sirkulasi Udara Yang Baik di Kamar Mandi
Salah satu penyebab bau tak sedap di kamar mandi adalah kurangnya sirkulasi udara sehingga kamar mandi terasa lembap, pengap dan berbau. Bila Anda baru saja akan membuat rumah maka pastikan terdapat lubang sirkulasi udara yang cukup di kamar mandi. Bila Anda sudah terlanjur memiliki kamar mandi tanpa lubang sirkulasi yang cukup, maka cara paling mudah untuk menghilangkan bau tak sedap di toilet / kamar mandi adalah dengan memasang exhaust fan di atap sehingga udara yang terjebak di kamar mandi dapat terbuang dan terganti dengan udara dari atap rumah atau tambahkan jendela dengan lubang ventilasi di kamar mandi Anda.

3. Gunakan Pengharum Kamar Mandi
Cara terakhir untuk menghilangkan bau tak sedap di toilet / kamar mandi adalah dengan menggunakan pengharum ruangan yang mampu menyerap bau tak sedap dengan menggantinya dengan wewangian yang Anda sukai.

Anda dapat menggunakan minyak essensial dengan aroma favorit Anda untuk mengusir dan menghilangkan bau tak sedap di toilet dan kamar mandi. Anda dapat meletakkan minyak esensial tsb di atas wadah kayu tanpa plitur atau Anda pun dapat menggunakan diffuser khusus.

Baca juga: Cara Praktis Membuat Pengharum Ruangan Alami di Rumah

Nah itulah 3 cara menghilangkan bau tak sedap di toilet / kamar mandi yang dapat Anda coba. Bagi Anda yang sangat peduli terhadap lingkungan dan ingin “back to nature” dengan meminimalisir penggunaan bahan kimia, Anda pun dapat mencoba cara menghilangkan bau tak sedap di toilet / kamar mandi dengan bahan alternative yang lebih alami.

Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap di WC / Kamar Mandi Secara Alami

Ada aneka bahan alami yang biasanya kita gunakan sehari-hari sebagai bahan makanan / minuman ternyata cukup efektif membersihkan WC dan menghilangkan bau tak sedap di toilet / kamar mandi. Kira-kira apa saja ya? Yuk simak ulasan berikut ini …

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Efektif dan Permanen

Baca juga:  Cara Meningkatkan Performa Laptop Agar Semakin Kencang

Bahan Alami Untuk Menghilangkan Bau Tak Sedap di Toilet :
1. Arang Kayu
Sudah bukan rahasia lagi bila arang kayu berfungsi menyerap bau. Anda dapat meletakan beberapa bongkah arag di mangkok kecil lalu letakkan di sudut-sudut WC untuk menghilangkan bau tak sedap di toilet / kamar mandi.

2. Ampas Kopi
Anda penggemar kopi? Bila iya, Anda pun dapat menggunakan ampas kopi untuk menghilangkan bau tak sedap di toilet / kamar mandi. Tambahkan air panas dan sedikit garam pada ampas kopi lalu aduk kemudian siramkan ke lubang WC, biarkan beberapa saat sampai baunya menghilang, lalu bilaslah.

3. Cuka 

Asam asetat cukup efektif menghilangkan noda dan bau tak sedap di toilet. Caranya cukup mudah yaitu siramkan cuka ke seluruh permukaan kloset lalu gosok dengan sikat WC dan bilas hingga bersih. Untuk lebih jelasnya silahkan simak video yang diambil dari YouTube berikut ini:

Nah itulah aneka cara menghilangkan bau tak sedap di toilet / kamar mandi plus dengan cara alaminya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat …

3 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *