Cara Praktis Menyaring Air Keruh Menjadi Jernih Dan Tidak Berbau Secara Alami

ads

Air adalah kebutuhan hidup setiap manusia, tak hanya untuk diminum namun pula air yang bersih dan tidak berbau diperlukan pula untuk mandi, mencuci pakaian dan aneka kegiatan sehari-hari lainnya. Masalahnya tak semua sumber air misalnya dari sumur tsb jernih dan tidak berbau. Pertanyaannya bagaimana cara menyaring air keruh menjadi jernih dan bersih sehingga kita tidak ragu menggunakannya?

Kebetulan sekali saya hidup di daerah yang sulit air sehingga air sumur yang berwarna pun masih kami gunakan untuk aktivitas sehari-sehari. Biasanya kami menggunakan campuran tawas dan kapur sirih untuk menjernihkan dan memisahkan kotorannya. Namun pemakaian tawas kurang nyaman di kulit, kulit menjadi kering dan kencang. Untungnya masih ada cara lain untuk menyaring air keruh menjadi jernih dan tidak berbau yang akan dibagikan oleh Blog Kumpulan Cara Praktis berikut ini.

Baca juga: Cara Praktis Menghilangkan Bau Tak Sedap di Toilet / Kamar Mandi

Cara Menyaring Air Keruh Menjadi Jernih dan Bersih Secara Alami

Cara Praktis Menyaring Air Keruh Menjadi Jernih Dan Tidak Berbau Secara Alami
image credit: pinterest.com

Cara penjernihan air ini disebut alami karena menggunakan bahan-bahan alami dan tidak mengganggu kesehatan maupun kecantikan tubuh kita. Sistem penjernihan air ini cukup sederhana yaitu menggunakan karbon aktif (bisa diganti arang), pasir, kerikil, dan serabut penyaring.

Dalam skala kecil, Anda dapat menggunakan botol plastik bekas minuman, sementara dalam skala besar maka Anda dapat menggunakan wadah lebih besar seperti drum ataupun bak penampungan untuk menyaring air keruh menjadi jernih dan tidak berbau.

Baca juga: Cara Memasang dan Merawat Pompa Air Yang Baik dan Benar

Cara Menyaring Air Kotor Menggunakan Botol

 

cara membuat alat penjernih air kotor menggunakan botol
image credit: h2ouniversity.org

Peralatan yang diperlukan untuk membuat alat penjernih air kotor menggunakan botol adalah sbb:

  • Botol plastik bekas minuman, ukuran tergantung kebutuhan
  • Kapas / Kasa
  • Karbon aktif / arang
  • Pasir dan kerikil
  • Kain bekas

Cara membuat alat penjernih air kotor menggunakan botol bekas adalah sbb:

  • Siapkan botol plastik yang telah bersih, potong menjadi 2 bagian dengan perbandingan 1/3 di bawah botol dan 2/3 di atas botol.
  • Masukkan kapas ke mulut botol, pastikan tidak longgar. Agar tidak mudah jatuh, tutup mulut botol dengan tutupnya yang telah diberikan lubang untuk jalannya air.
  • Masukkan karbon aktif ke dalam botol lalu pasir dan diikuti kerikil. Jangan lupa cuci terlebih dahulu pasir dan batu kerikil yang digunakan.
  • Tutup lubang botol dengan kain bekas yang fungsinya untuk menyaring partikel padatan yang ada dalam air.

Sekarang alat penjernih air menggunakan botol sudah siap. Yang Anda lakukan selanjutnya adalah menyaring air kotor sehingga diperoleh air yang jernih. Untuk lebih jelasnya silahkan simak video youtube berikut ini …

sponsor

Cara Menjernihkan Air Kotor Menggunakan Drum / Bak Penyaringan

Bila volume air yang akan dijernihkan jumlahnya lebih banyak, maka cara menyaring air kotor menggunakan botol memang kurang efektif. Oleh karena itu Anda dapat mengakalinya menggunakan drum / bak penyaringan.

Prinsip pembuatan alat penjernih air kotor menggunakan drum / bak penampungan pada prinsipnya adalah sama dengan pembuatan alat penyaring air menggunakan botol, yang berbeda adalah dari jumlah bahan yang digunakan saja. Dan sebagai pengganti kapas, Anda dapat menggunakan ijuk.

Bila masalah air kotor di rumah Anda sangat parah, Anda dapat menggunakan tambahan batu zeolite untuk membantu menyaring air keruh menjadi jernih.

Itulah cara praktis menyaring air keruh menjadi jernih dan tidak berbau yang dapat kami sampaikan kali ini. Semoga bermanfaat …

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

Iklan
loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

membuat filter air -cara membuat saringan air dari ijuk -saringan air -cara menjernihkan air keruh secara sederhana -penyaringan air -cara menyaring air -cara menjernihkan air sumur -cara membuat alat penjernih air dari botol aqua -saringan air sederhana dari botol -membuat saringan air sumur keruh lengkap -cara menjernihkan air sumur secara alami -cara buat filter air -cara penyaringan air -cara menyaring air sumur yang kuning -cara penjernihan air sederhana -cara membuat penjernih air -membuat saringan air -cara membuat penyaring air dari botol aqua -cara menjernih air keruh -membuat filter aquarium dari botol bekas -cara menyaring air keruh -menjernihkan air -penjernih air sederhana -cara membuat saringan air yang baik -membuat saringan air sederhana -alat penjernih air sederhana -cara mengubah air keruh menjadi bersih -cara penyulingan air -saringan air sederhana -urutan membuat penyaring air keruh -cara membuat alat penjernih air sederhana -cara membuat air kotor menjadi bersih -cara tradisional menyaring air yang keruh jadi jernih -filter air kotor -bahan untuk menyaring air -cara membuat saringan air agar jernih -cara menyaring air kotor -cara menjernihkan air kotor -cara penyulingan air kotor jadi bersih -cara menjernihkan air dengan kapas dan arang -cara menjernihkan air keruh secara alami -cara memutihkan air yang kotor -cara membuat saringan pilter tetep jernih -Cara menjer -cara membuat saringan air keruh -cara membuat saringan air keruh menjadi bersih -cara menjernihkan air keruh menjadi bening -cara menjernihkan air dengan praktis dan bahan yang mudah di dapat -cara membuat penjernihan air -cara membuat saringan air sederhana -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.