Cara Praktis Mengatasi Lalat Buah Agar Buah Tidak Busuk Saat Dipanen Secara Alami

ads
Sungguh sangat menyenangkan bila kita dapat memanen buah dari pohon yang kita tanam. Namun apa jadinya bila buah yang kita panen tsb ternyata busuk dan berulat? Tersangka utamanya tentulah serangan hama lalat buah. Untuk itu kita perlu mengetahui cara mengatasi lalat buah tsb agar buah yang dipanen nantinya tidak busuk atau berulat.

Tanaman buah seperti jambu air, belimbing, mangga, dan jambu biji adalah tanaman buah yang paling banyak ditanam di pekarangan rumah namun faktanya tanaman tsb adalah tanaman yang paling disukai lalat. Bila Anda ingin mencegah buah berulat pada tanaman tsb sebaiknya Anda gunakan cara mengatasi lalat buat yang efektif.

Penggunaan insektisida untuk mengatasi lalat buah sebetulnya kurang efektif selain itu residu pada buah pun sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Kumpulan Cara Praktis akan mengulas beberapa tips mencegah buah berulat dan busuk diserang lalat buah.

Baca juga: Cara Praktis Mengusir Nyamuk Dari Dalam Rumah Secara Alami

Tips Mengatasi Lalat Buah dan Mencegah Buah Berulat Secara Alami dan Ramah Lingkungan

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan pada tanaman buah Anda, cara yang aman dan ramah lingkungan:

1. Menjaga Kebersihan Sekitar Tanaman Buah

Tingkat kebersihan yang baik di area sekitar tanaman buah akan mampu memutus siklus perkembangan lalat buah, dengan demikian kita mampu mengatasi lalat buah agar tidak terlalu banyak berkembang biak di sekitar tanaman buah tsb.

Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah untuk meningkatkan kebersihan, mengatasi lalat buah dan mencegah buah berulat / busuk adalah sbb:

  • Mencacah tanah di bawah pohon sehingga pupa lalat buah yang tertinggal dalam tanah dapat terkena sinar matahari dan akhirnya mati.
  • Bersihkan tanah kebun dari buah-buah busuk yang jatuh dan buang semua buah busuk yang ada di pohon. Anda dapat membakar buah busuk tsb atau menguburnya.
  • Bersihkan juga area kebun dari semak-semak dan gulma karena kedua tanaman pengganggu tsb kadang dijadikan tempat hidup alternative oleh lalat buah.

Baca juga: Cara Praktis Mengusir Lalat Dari Rumah
2. Pembungkusan Buah

Pembungkusan buah adalah cara yang sangat efektif untuk mengatasi lalat buah bertelur di dalam buah, mencegah buah berulat dan busuk. Lakukan pembungkusan di saat buah masih sangat muda atau sedini mungkin karena pada buah yang sudah agak besar kemungkinan besar lalat betina sudah menyuntikkan telurnya ke dalam buah. Anda dapat mengguankan plastik, kertas, kain, daun jati, dll. Jangan lupa berikan lubang sirkulasi udara bila Anda menggunakan plastik atau bahan kedap air lainnya untuk menghindari pembusukan.

cara mencegah buah berulat dan busuk

Namun pada tanaman tertentu, atau pada pohon yang tinggi, atau kebun yang luas, metoda pembungkusan buah menjadi agak sulit dilakukan. Untuk itu perlu dibarengi cara lain untuk mengatasi lalat buah dan mencegah buah berulat, misalnya dengan menggunakan perangkap juga.

3. Menggunakan Tanaman Perangkap Lalat

Beberapa tanaman dapat digunakan untuk mengatasi lalat buah seperti selasih / kemangi, kayu putih, pala. Ketiga tanaman tsb memiliki bahan aktif methyl eugenol yang disukai lalat. Dengan menanam tanaman aromatik tsb maka lalat buah lebih cenderung tertarik pada tanaman aromatik dibandingkan tanaman buah tsb.

Baca juga: Cara Praktis Membuat Pengharum Ruangan Alami di Rumah

sponsor

4. Menggunakan Alat Penjebak Lalat

Anda dapat membuat alat penjebak lalat sendiri di rumah untuk mengatasi lalat buah. Caranya cukup mudah yaitu dengan meletakan bahan pemikat di dalam perangkap botol yang kemudia di taruh di sekitar tanaman buah.

Bahan yang diperlukan untuk membuat alat untuk mengatasi lalat buah:

Botol plastik bekas air kemasan, perban, tali, paku, cutter, atraktan (bahan pemikat) methyl eugenol / petrogenol. Cairan atraktan tsb dapat Anda beli di toko pertanian, atau Anda dapat menggantinya dengan ekstrak daun kemangi.

cara mengatasi lalat buah menggunakan perangkap

Cara membuat alat perangkap untuk mengatasi lalat buah:

  • Beri lubang seukuran lalat buah pada bodi botol, hindari pemberian lubang di bawah botol karena nantinya bawah botol tsb akan diisi air.
  • Beri paku tutup botol, fungsi paku adalah untuk menggantungkan perban yang berisi cairan atraktan.
  • Ikat perban yang yang telah dicelupkan cairan atraktan di tutup botol lalu masukkan ke dalam botol yang telah berisi air secukupnya. Perban jangan sampai mencelup air.
  • Tutup botol perangkap.
  • Pasang perangkap pada tiap ranting pohon setinggi 2-3 meter dari permukaan tanah menggunakan tali.
  • Jika sudah banyak lalat yang terperangkap dan air di dalam botol menghitam, gantilah dengan alat perangkap yang baru.

Itulah 4 cara mengatasi lalat buah dan cara mencegah buah berulat / busuk. Semoga bermanfaat …

image credit: cybex.pertanian.go.id, infonet-biovision.org

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

Iklan
loading...

loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara membasmi lalat buah secara alami -cara mengatasi lalat buah -cara membuat insektisida alami pengusir lalat buah -lalat buah -Mengatasi lalat buah -cara membasmi lalat buah -mengusir lalat buah jambu air -cara mengatasi lalat buah padajambu air -cara mengusir lalat buah -obat lalat buah -

One Response

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.