Cara Memasang dan Merawat Pompa Air Yang Baik dan Benar

ads

Cara memasang dan merawat pompa air yang baik dan benar perlu diketahui agar pompa air Anda dapat awet, tahan lama, dan hemat listrik tentunya.Bila pada artikel sebelumnya, Kumpulan Cara Praktis sudah membagikan tips cara praktis memilih pompa air yang tepat, maka sekarang saatnya kami mengulas mengenai cara memasang dan merawat pompa air yang baik dan benar untuk Anda praktekan di rumah.

Cara Memasang Pompa Air Yang Benar

Sebelum Anda memasang pompa air di rumah Anda, coba Anda cek dulu kondisi tegangan listrik di rumah Anda, apakah kurang stabil? Bila iya, maka Anda harus menggunakan stabilizer. Tegangan yang tak stabil dapat membuat pompa air Anda cepat rusak.

cara merawat pompa air

image credit: youtube.com

Cara memasang pompa air yang benar sebetulnya dapat Anda baca dari buku panduan cara pemasangan pompa yang disertakan saat pembelian. Namun secara umum berikut ini adalah beberapa langkah yang harus dilakukan saat memasang pompa air, yaitu:

  • Tempatkan pompa air sedekat mungkin dengan sumber air (sumur) sehingga daya sembur air lebih maksimal. Perlu Anda ketahui bahwa daya semburan pipa (discharge) dapat meningkat dengan cara memperkecil jarak pipa hisap (suction). Namun bila hal ini tidak memungkinkan, misalnya karena pertimbangan ruangan, maka Anda dapat memasang pompa air dengan jarak maksimal pipa dari sumur dan pompa dibatasi sesuai tinggi hisapnya.
  • Pompa air harus ditempatkan di tempat yang terlindung dari panas, hujan / genangan air, dan memiliki sirkulasi udara yang cukup.
  • Pastikan memasang pompa air di tempat yang mudah untuk dijangkau sehingga saat ada masalah pada pompa Anda maka Anda dengan mudah memeriksa dan memperbaikinya. Dudukan pompa harus dibuat sekuat mungkin untuk mencegah kemiringan setelah beberapa tahun dipakai.
  • Pastikan memasang pompa air dengan pipa pompa secara vertikal ke dalam sumur dengan jarak ujung pipa ke dasar sumur minimal 30 cm dan pastikan ujung pipa terendam di dalam air.
  • Pasang klem pipa dengan baik untuk mencegah tekanan berlebihan pada mesin.
  • Kurangi jumlah tikungan dan sambungan pipa untuk mencegah kebocoran dan meminimalkan hambatan semburan air. Pastikan tidak ada kebocoran pada pipa. Kebocoran akan membuat debit air menurun dan menyebabkan rembesan air pada tembok penyebab jamur. Baca juga: Cara Praktis Mengatasi Jamur di Tembok Rumah
  • Sebaiknya pasang kawat arde ke dalam tanah saat memasang pompa air untuk menghindari kecelakaan akibat kejutan listrik.

Cara Merawat Pompa Air Yang Baik dan Benar

Bila Anda telah bisa memasang pompa air yang benar maka langkah selanjutkan adalah bagaimana cara merawat pompa air tsb agar tetap awet dan tahan lama.

  • Berikut ini adalah beberapa cara merawat pompa air yang dapat dilakukan di rumah Anda, yaitu: Sebaiknya gunakan stop kontak pompa tersendiri dan jangan menempatkan steker terlalu banyak pada stop kontak pompa untuk menghindari panas berlebih dan mencegah terjadinya kebakaran.
  • Hindari menjalankan pompa dalam kondisi kering / tanpa air karena dapat merusak pompa dan memperpendek umur pompa.
  • Lindungi pompa dari sinar matahari langsung atau hujan namun jangan membungkus atau menyelimuti pompa namun pastikan terdapat sirkulasi udara yang baik.
  • Bila diperlukan guankan saringan pasir bila air sumur Anda mengandung banyak pasir.

Itulah cara memasang dan merawat pompa air yang baik dan benar. Semoga bermanfaat …

sponsor

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Iklan
loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

pemasangan pompa air -youtube com/cara memasang filter air -Cara merawat pompa air supaya awet -cara merawat pompa air kyusin -cara merawat pompa air -cara memasang sirkulasi dengan benar -cara memasang pompa air yg benar -cara memasang pompa air -cara memasamg pompa air -cara melumasi mesin pompa air#spf=1 -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.