Cara Praktis Menghilangkan Goresan Pada Cat Mobil Dengan Mudah Dan Cepat

ads
Anda mungkin kesal bila mobil yang Anda kemudikan / gunakan secara hati-hati ternyata terdapat goresan di bodi mobil yang tentunya mengganggu keindahan eksterior mobil Anda. Bila Anda terbiasa pergi ke salon mobil untuk menghilangkan goresan pada cat mobil dan mengembalikan bodi mobil seperti semula, mungkin sekarang saatnya Anda mencoba mengatasi goresan tsb di rumah sendiri.

Cara menghilangkan goresan pada cat mobil sendiri tentunya lebih hemat. Anda tak perlu khawatir cara tsb akan menyita waktu Anda terlalu lama atau merepotkan Anda walaupun Anda bukan pecinta otomotif sekalipun karena cara yang akan saya ulas berikut ini dijamin mudah dan cepat.

cara menghilangkan goresan pada bodi mobil
image credit: mericar.com
Namun sebelum membahas cara menghilangkan goresan pada cat mobil Anda, sebaiknya Anda kenali dulu beberapa penyebab goresan pada bodi mobil.

Penyebab Goresan Di Bodi Mobil

Berikut beberapa penyebab goresan di bodi mobil yang perlu Anda ketahui:

  • Kecelakaan misalnya tersenggol kendaraan lain.
  • Baret karena kerikil dalam perjalanan.
  • Baret karena lap yang kasar.
  • Baret karena ranting tanaman.
  • Baret terkena kuku.
  • Tangan usil yang sengaja menggores bodi mobil.

Jadi walaupun Anda sudah berhati-hati, goresan pada bodi mobil tidak dapat dihindari. Untuk itu Anda perlu mengetahui cara menghilangkan goresan pada cat mobil secara mudah dan cepat serta hemat.

Baca juga: Cara Praktis Membersihkan Helm Motor Sendiri Agar Tidak Bau Apek

Tipe Goresan Pada Bodi Mobil

Anda perlu mengetahui beberapa tipe goresan yang mungkin terjadi pada mobil Anda, yaitu:

1. Goresan Ringan
Tipe goresan ini tidak merusak susunan cat dan paling mudah diatasi. Cara menghilangkan goresan pada cat mobil dengan tipe goresan ini cukup dengan menggunakan produk pemoles seperti kompon, wax, atau stratch remover.

2. Goresan Sedang
Tipe goresan ini sudah mengenai cat dasar. Cara menghilangkan goresan pada cat mobil dengan tipe goresan sedang selain diperlukan polesan mungkin diperlukan pengecatan ulang. Caranya bersihkan dulu area goresan lalu gosok dengan wax atau grease remover, setelah itu baru cat ulang. Aplikasi pemoles untuk mengkilapkan cat mobil setelah cat tsb kering.

sponsor

3. Goresan Dalam
Tipe goresan ini sudah menembus lapisan cat dasar dan mengenai bagian bodi mobil. Untuk menghilangkan goresan pada bodi mobil seperti ini diperlukan pengecatan ulang, baik lapisan cat dasar maupun cat luarnya, proses pengerjaannya pun tergolong rumit. Untuk itu kami sarankan bila Anda mengalami goresan tipe dalam sebaiknya dibawa saja mobilnya ke bengkel untuk mendapatkan perbaikan.

Baca juga: Cara Praktis Merawat dan Membersihkan Kaca Mobil Agar Bebas Goresan dan Tetap Kinclong

Cara Menghilangkan Goresan Pada Cat Mobil Sendiri

Setelah Anda mengetahui beberapa tipe goresan pada bodi mobil, maka sekarang saatnya Anda mengetahui cara menghilangkan goresan pada cat mobil sendiri dengan mudah dan cepat. Namun seperti yang telah saya singgung sedikit di atas, untuk tipe goresan dalam sebaiknya dibawa ke bengkel mobil saja, sementara Kumpulan Cara Praktis hanya akan membahas cara mengatasi goresan pada bodi mobil tipe ringan dan sedang saja.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan goresan pada cat mobil:

  1. Bersihkanlah area yang tergores dari kotoran atau debu yang melekat. Untuk hasil maksimal, Anda dapat mencuci mobil pada bagian sisi yang tergores tadi.
  2. Keringkan area yang tergores tadi atau bagian sisi yang dicuci tadi dengan lap.
  3. Gunakan sarung tangan, dan pastikan juga Anda tidak menggunakan cincin dan semacamnya di tangan Anda.
  4. Oleskan produk seperti stracth remover atau swirl remover yang banyak tersedia di pasaran untuk menyamarkan / menghilangkan goresan pada cat mobil. Pastikan Anda mengikuti petunjuk penggunaannya. Produk penghilang goresan dapat diganti dengan kompon (compound) mobil. Namun perlu Anda ketahui, produk kompon akan menghilangkan goresan pada cat mobil Anda dengan cara mengikis lapisan cat, jadi gunakan seperlunya saja, bila tidak, maka lapisan cat mobil Anda akan semakin tipis. Gunakan lap bertekstur lembut dan bersih untuk mengaplikasikan produk tsb.
  5. Setelah goresan tsb hilang atau tersamarkan, poleskan cairan / gel pengkilap cat mobil menggunakan kain lap juga.

Cara menghilangkan goresan pada cat mobil sendiri di rumah dapat Anda saksikan juga melalui link youtube, prosedurnya mirip dengan cara yang telah diulas di atas.

Itulah cara menghilangkan goresan pada cat mobil secara mudah, cepat, dan hemat biaya. Semoga bermanfaat ..

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Iklan
loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara menghilangkan goresan pada mobil -cara menghilangkan baret pada mobil hitam -cara menghilangkan goresan pada mobil warna hitam -cara menghilangkan baret pada mobil -cara menghilangkan goresan pada body mobil -cara menghilangkan goresan di bodi mobil -cara menghilangkan baret di body mobil -cara menghilangkan baret pada body mobil -cara menghilangkan baret di mobil -cara menghilangkan goresan di body mobil -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.