Cara Praktis Memilih Buah Semangka yang Matang dan Manis

ads
Cara memilih buah semangka yang matang dan manis memang susah-susah gampang. Masalahnya adalah kulit semangka yang tebal sehingga sulit sekali menebak isi di dalamnya. Namun bila Anda tahu caranya, Anda pun akan mendapatkan kesegaran buah yang sangat enak untuk dinikmati di kala hari yang panas.
Baca juga: Buah Semangka: Manfaat Kesehatan dan Kandungan Gizinya

Ada berbagai tipe semangka, namun yang banyak beredar di Indonesia dilihat dari warna daging buahnya adalah jenis semangka merah dan semangka kuning. Jenis semangka merah lah yang paling mudah didapatkan baik di pinggir jalan, pasar, maupun supermarket. Kandungan air yang sangat tinggi di dalam buah ini, mampu menjadi pelepas dahaga dan memberikan kesegaran pada tubuh kita. Walaupun demikian, tak semua semangka memiliki kualitas terbaik, ada yang rasanya hambar, atau belum matang saat dipotong. Oleh karena itu Anda harus mengetahui cara memilih buang semangka yang matang dan manis.

 

cara memilih buah semangka yang manis dan segar

Cara Mudah Memilih Buah Semangka Yang Matang dan Manis

Berikut ini adalah beberapa tips praktis yang dapat Anda gunakan saat memilih buah semangka sebelum Anda membelinya agar mendapatkan kualitas buah semangka yang terbaik seperti yang diharapkan:

1. Pilih Yang Segar
Tiada yang lebih baik kualitasnya selain yang segar. Oleh karena itu sebaiknya Anda memilih buah semangka yang masih segar untuk mendapatkan kualitas terbaik. Anda dapat melihat apakah ada tanda-tanda layu atau kering pada kulit buahnya. Atau Anda pun dapat menanyakan ke penjual kapan datangnya buah semangka tsb.

2. Cabut Tangkainya
Cara paling mudah memilih buah semangka yang matang adalah dengan mencabut tangkainya. Semakin mudah tangkai tsb dicabut maka semakin bagus tingkat kematangannya. Namun masalahnya tangkai semangka ini jarang kita jumpai saat membeli buah tsb di pasar atau supermarket sehingga cara ini sangat efektif bila Anda memetik sendiri buah tsb di kebun.

3. Pilih Yang Bulat
Cara berikutnya yang dapat dilakukan untuk memilih buah semangka yang berkualitas bagus adalah dengan memilih buah semangka yang sebulat mungkin bila jenis semangka tsb memang bulat. Namun bila semangka longjong, pilihlah buah yang semulus mungkin.

4. Pilih Yang Berat
Walaupun ukuran semangka mungkin relative sama namun berat semangka dapat saja berbeda. Semakin berat sebuah semangka maka semakin banyak kandungan airnya. Jadi untuk memilih buah semangka yang segar maka pilihlah yang lebih berat.

5. Pilih Yang Memiliki Tanda Bulatan Kecil Di Ujungnya
Cara memilih buah semangka yang matang dan manis berikutnya adalah dengan memeriksa tanda bulatan / lingkaran di bagian bawah semangka. Semakin kecil lingkaran tsb maka semakin bagus.

sponsor

6. Pilihlah Yang Memiliki Bagian Atas Hijau Tua
Untuk memilih buah semangka yang matang dan manis, maka Anda dapat memeriksa pula apakah kulit buahnya berwarna hijau ketuaan di bagian paling atas dan pada ruas garis yang mengelilingi kulit buahnya.

7. Hindari Semangka Yang Nyaring Bunyinya
Cara memilih buah semangka yang matang dan manis memang berbeda dengan cara memilih buah durian ataupun nangka. Bila buah semangka Anda tepuk berbunyi nyaring maka dapat dipastikan buah tsb berkualitas kurang baik.

Baca juga: Cara Praktis Memilih Buah Durian Yang Matang dan Enak

Itulah artikel dari Kumpulan Cara Praktis mengenai 7 cara memilih buah semangka yang matang dan manis sehingga mampu memberikan kesegaran pada tubuh Anda. Semoga bermanfaat …

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Iklan
loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara memilih semangka -cara memilih semangka yang manis -cara memilih semangka kuning yang manis -cara memilih buah semangka -cara memilih semangka kuning -cara memilih semangka yang manis dan segar -cara memilih se -ciri ciri semangka merah dan manis -ciri semangka matang -cara memilih semangka kuning yg manis -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.