Cara Praktis Membersihkan Helm Motor Sendiri Agar Tidak Bau Apek

ads
Membersihkan helm motor sendiri agar tidak bau dan tetap nyaman digunakan mutlak dilakukan oleh para pemilik sepeda motor. Apalagi bila motor tsb sering digunakan untuk menarik penumpang seperti ojek atau antar-jemput pasangan Anda. Anda tak mau kan, penumpang atau Anda sendiri merasa tak nyaman mengendarai sepeda motor karena helm yang bau apek?

Menggunakan helm adalah kewajiban setiap pengendara motor, selain melindungi kepala Anda dari risiko terbentur juga menghindarkan Anda terkena risiko tilang. Selain harus memenuhi syarat SNI, helm yang bersih pun sangat diperlukan agar Anda lebih nyaman dan menghindarkan kepala Anda dari penyakit gatal-gatal. Oleh karena itu Anda perlu membersihkan helm motor secara berkala.

cara membersihkan helm motor sendiri
image credit: pixabay.com

Cara Mudah Membersihkan Helm Motor Agar Tetap Wangi dan Nyaman Digunakan

Memang betul, banyak sekali jasa cuci helm motor yang biasanya ada di mall atau komplek perbelanjaan. Namun sebetulnya membersihkan helm motor dapat dilakukan sendiri di rumah loh, caranya pun tak terlalu sulit. Lalu bagaimana cara mencuci / membersihkan helm motor sendiri dengan mudah? Tenang saja karena pada kesempatan kali ini, blog Kumpulan Cara Praktis akan membagikan tips mencuci helm motor sendiri di rumah dengan mudah.

Berikut ini adalah cara membersihkan helm motor dengan mudah agar tidak berbau dan tetap nyaman digunakan:

1. Lepaskan semua bagian yang dapat dilepas, seperti kaca penutup helm, penahan pipi, saluran udara, dsb.

2. Siapkan sabun cair atau shampoo yang biasa kita gunakan untuk mandi atau bila ada, Anda pun dapat menggunakan shampoo khusus helm. Campur bahan pembersih tsb dengan air bersih bersuhu normal hingga berbusa.

3. Siram bagian dalam dan luar helm dengan air bersih lalu gosokkan air sabun (no.2) menggunakan spon ke helm tsb. Mulailah dari bagian luar kemudian bagian dalam dan dilanjutkan ke bagian helm yang dilepas tadi.

4. Untuk bagian busa / bantalan helm, gunakan sikat gigi untuk menggosoknya hingga bersih.

5. Bilas helm dan semua bagiannya dengan menggunakan air bersih dan pastikan tidak ada busa sabun yang tertinggal.

sponsor

6. Keringkan helm dan seluruh bagiannya dengan cara dijemur atau diangin-anginkan.

7. Setelah kering, pasangkan kembali bagian-bagian yang dilepas tadi ke tempatnya.

Itulah cara praktis mencuci / membersihkan helm motor yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Untuk hasil terbaik, lakukan pencucian helm setiap seminggu sekali. Bila helm Anda basah terutama mengenai bagian bantalannya, segeralah cuci atau keringkan helm Anda karena air yang terjebak di helm tsb merupakan tempat hidup yang baik bagi jamur dan mikroorganisme lainnya penyebab bau.

Baca juga: Cara Praktis Menghilangkan Noda Pada Jok Mobil

Bagaimana mudah bukan cara mencuci helm sendiri di atas? Sekarang Anda dapat menghemat pengeluaran dengan cara membersihkan helm motor sendiri di rumah. Semoga bermanfaat ..

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

Iklan
loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara mencuci helm motor sendiri -cara menghilangkan titik hitam pada busa helm -trik membersihkan spon helm -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.