3 Cara Praktis Memilih Travel Umroh Terpercaya

ads
Memilih travel umroh terpercaya memang mutlak diperlukan untuk menghindari bahaya penipuan umroh yang marak terjadi akhir-akhir ini seperti gagal berangkat, keterlambatan keberangkatan dan jadwal pulang, atau hotel yang tak sesuai dengan yang tertera pada paket umroh, lebih parahnya lagi ada jamaah umroh yang sampai disandera di tanah Arab sana karena belum dibayarnya biaya hotel / tempat penginapan mereka.

Memilih travel umroh terpercaya akan membuat kita semakin tenang dan khusyu dalam melaksanakan ibadah umroh. Bila Anda masih bingung bagaimana cara memilih travel umroh terpercaya maka kali ini kami informasikan beberapa tips yang dapat membantu Anda.

Cara mudah Memilih agen perjalanan Umroh Terpercaya

Tips / Cara Mudah Memilih Travel Umroh Terpercaya

Berikut ini adalah 3 tips mudah memilih biro perjalanan umroh:

1. Pastikan Legalitas Agen Travel
Cara pertama yang perlu dilakukan dalam memilih travel umroh terpercaya adalah memastikan apakah agen travel tsb memiliki legalitas yang jelas dan masih berlaku. Faktanya sampai sekarang ini masih banyak agen travel abal-abal yang tak memiliki ijin resmi yang kemudian mengalihkan / men-sub kan jamaahnya ke Biro Penyelenggaran Umroh yang memiliki ijin resmi.

Berikut ini adalah beberapa perijinan yang perlu Anda cek dalam memilih travel umroh terpercaya:

  • Tanda Daftar Perusahaan, NPWP, Surat Keterangan Domisili
  • SK Menkeh Akta Pendirian Perusahaan
  • Surat Izin Usaha Biro Perjalanan Umum
  • Surat Izin Tetap Usaha Pariwisata
  • SK Depag. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (sebagai penyelenggara perjalanan Ibadah Umroh)
  • Sertifikat Lembaga Bisnis Syariah dari Dewan Syariah Nasional MUI
  • Sertifikat Anggota Amphuri

Dalam memilih travel umroh terpercaya, Anda dapat meminta agen travel tsb untuk menunjukkan legalitas yang diminta dan pastikan kebenarannya dengan cara melihat di website resmi kementrian agama http://haji.kemenag.go.id/v2/basisdata/daftar-ppiu.

2. Pilih Agen Berpengalaman dengan Tingkat Komplain Rendah
Cara kedua dalam memilih travel umroh terpercaya adalah dengan melihat riwayat pengalaman dan komplain yang diterimanya. Untuk mencari agen travel berpengalaman maka Anda dapat melihat dari kapan perusahaan tsb berdiri. Sementara untuk melihat banyaknya komplain atau tidak maka Anda dapat melihatnya dari testimoni para jamaah penggunanya.

Semakin sering agen travel memiliki jadwal pemberangkatan umroh maka agen tsb sudah memiliki kredibilitas dan kerjasama yang baik dengan perusahaan / instansi-instansi terkait seperti Departemen Imigrasi untuk urusan Pasport / Visa, Departemen Kesehatan untuk urusan vaksinasi (vaksin meningitis), maskapai penerbangan, hotel, katering, sarana transportasi, dll.

Semakin banyak jumlah jamaah yang diberangkatkan dan pemberian pelayanan sesuai yang ditawarkan dalam paket maka akan meningkatkan kepuasanan dan kepercayaan para jamaah pada agen tsb.

Untuk mencari testimoni dalam rangka memilih travel umroh terpercaya maka Anda dapat menanyakan pendapat keluarga, saudara, teman yang sudah umroh terlebih dahulu atau Anda dapat mencari testimoni yang banyak tersedia di media sosial atau internet.

sponsor

3. Pastikan Alamat Kantor Agen Travel Jelas
Cara memilih travel umroh terpercaya berikutnya adalah memastikan alamat kantor perusahaan / agen travel jelas dan “ada” secara fisik. Datangilah tempat travel tsb dan cobalah bertanya-tanya seputar informasi umroh tsb kepada bagian customer service (CS) yang ada di sana, dengan demikian Anda akan mendapatkan keyakinan lebih apakah travel umroh tsb tepat untuk Anda.

Itulah 3 tips / cara memilih travel umroh terpercaya yang dapat Anda gunakan. Nah setelah Anda dapat memilih travel umroh terpercaya maka langkah selanjutnya barulah membandingkan harga biaya paket perjalanan umroh. Untuk itu bila Anda sudah dapat mengetahui agen travel mana yang terpercaya maka selanjutnya Anda dapat membandingkan 3-5 agen travel antara biaya dan spesifikasi paket perjalanan, lalu pilihlah yang paling sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

Faktor harga sebaiknya Anda kesampingkan dan menjadi pertimbangan terakhir dalam memilih travel umroh terpercaya. Ingat walaupun tak semua paket umroh murah bermasalah dan tak semua paket umroh mahal memberikan pelayanan terbaik namun sebaiknya Anda harus berhati-hati bila ada paket umroh yang menawarkan pembayaran sekarang untuk keberangkatan beberapa tahun kemudian. Sebaiknya simpan uang Anda di bank atau lembaga yang terpercaya.

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Iklan
loading...

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.