5 Cara Praktis Merawat Kasur Busa Supaya Awet Dan Tahan Lama

Merawat Kasur busa memang diperlukan agar Kasur tsb dapat digunakan lebih lama dan awet. Ya Kasur busa merupakan salah satu jenis Kasur yang paling banyak diminati dan digunakan oleh masyarakat Indonesia, alasannya karena lebih empuk dan enteng dibandingkan kasur kapuk, selain itu harganya pun cukup terjangkau dibandingkan springbed.

Sebelum kita membahas cara praktis merawat Kasur busa, sebaiknya Anda ketahui dulu apa itu Kasur busa. Karena fakta yang terjadi di masyarakat, seringkali banyak yang tidak dapat membedakan antara Kasur busa dan springbed. Kasur busa adalah Kasur yang berbahan busa sementara Kasur springbed adalah Kasur yang berbahan busa namun ditambahkan pegas untuk menahan bentuk Kasur.

Cara Praktis Merawat Kasur Busa Supaya Awet Dan Tahan Lama
image: ourworldofinteriors.com

Baca juga: Cara Praktis Dekorasi Kamar Tidur Minimalis Anak Perempuan

Cara Mudah Merawat Kasur Busa Agar Awet dan Tahan Lama

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda praktekan bila Anda memiliki Kasur busa di rumah:

1. Tempatkan di Kamar Yang Tepat

Cara merawat Kasur busa yang pertama adalah dengan menempatkan Kasur tsb di kamar tidur yang cocok / tepat. Maksudnya kamar tidur yang tepat adalah kamar tidur yang memiliki pencahayaan dan sirkulasi udara yang memadai. Hal ini selain baik untuk perawatan Kasur dan furnitur lainnya di dalam kamar, juga baik untuk Anda sebagai penghuni kamar itu sendiri.

Baca juga: 7 Cara Menata Kamar Tidur Yang Kecil Agar Terlihat Lebih Luas Dengan Mudah

2. Tempatkan dengan Posisi yang Benar

Menempatkan Kasur busa di atas tempat tidur adalah lebih baik daripada di atas lantai dan ini pun menjadi cara merawat Kasur busa yang kedua. Alasannya karena dengan menggunakan ranjang maka dapat mencegah Kasur tidak mudah lembap karena ada sirkulasi udara dari di bagian bawah kasur.

Hindari penempatan Kasur di sudut atau kamar yang lembap dan hindari pula penempatan Kasur di tempat tidur yang tidak memadai sehingga membuat Kasur tsb tertekuk

Baca juga: Cara Praktis Mengatasi Jamur di Tembok Rumah

3. Gunakan Sprei

Baca juga:  Cara Membersihkan AC Sendiri di Rumah Mudah dan Cepat

Sprei yang bersih dan adem selain membuat nyaman penggunanya juga sangat baik untuk mencegah kotoran seperti keringat, debu, dll mengotori Kasur. Gantilah sprei secara teratur dan hindari pula makan dan minum di atas Kasur sebagai cara merawat Kasur busa agar lebih awet.

4. Hindari Menjemur Kasur di Bawah Sinar Matahari

Cara merawat Kasur busa berikutnya adalah dengan menghindari menjemur Kasur busa di bawah sinar matahari langsung agar tekstur Kasur tidak menjadi keras, kempes, dan kering. Bila Kasur Anda basah dan perlu dijemur maka disarankan untuk mengangin-anginkan saja Kasur tsb di luar ruangan selama 4-5 jam dengan proses pembalikan sisi setiap 2 jam sekali.

5. Putar Kasur Busa Secara Berkala

Pemutaran & membalik Kasur busa secara berkala dapat digunakan sebagai cara merawat Kasur busa agar lebih awet. Cara ini dapat mencegah terjadinya penipisan Kasur pada bagian tertentu. Untuk memudahkan Anda sebaiknya lakukan pemutaran setiap kali pergantian sprei.

Itulah 5 cara praktis merawat Kasur busa agar awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat …

2 komentar

    1. Di atas sudah disebutkan bila pembahasan di artikel ini hanyalah tips perawatan kasur busa dan bukan cara merawat springbed 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *