3 Cara Praktis Menambal Genteng Bocor

Menambal genteng bocor biasanya menjadi pekerjaan rutin saat musim penghujan datang seperti sekarang ini. Genteng berfungsi untuk melindungi rumah dari terpaan sinar matahari maupun guyuran hujan. Namun apa jadinya bila genteng bocor, tentunya sangat tak nyaman bila harus tinggal di rumah yang selalu mengalami kebocoran selain furnitur di dalam rumah pun mudah mengalami kerusakan karena kebocoran tsb.

Baca juga: Cara Praktis Memanfaatkan Air Hujan

Setiap jenis genteng rumah memang mungkin saja mengalami kebocoran. Penyebabnya pun macam-macam, namun secara umum karena adanya lubang / celah di atap tsb. Adanya lubang / celah tsb dapat saja terjadi karena susunan genteng yang menjadi berantakan karena tertiup angin atau adanya keretakan karena ditempa panasnya sinar matahari selama musim kemarau. Untuk mengatasi kebocoran atap karena susunan yang tidak benar dapat dilakukan dengan menyusun ulang genteng tsb dan meletakkannya di tempat yang seharusnya. Nah yang paling sulit sebetulnya adalah cara mengatasi kebocoran atap karena keretakan. Namun Anda tak perlu khawatir karena kali ini saya akan membagikan cara praktis menambal genteng bocor yang paling mudah dan efektif.

 

3 Cara Praktis Mengatasi Atap Bocor

Cara Praktis Menambal Genteng Bocor Yang Mudah

Masalah genteng bocor memang seringkali membuat kesal para penghuni rumah tsb. Namun sebelum Anda memutuskan untuk mengganti genteng tsb dengan yang baru, alangkah baiknya bila Anda mencoba cara praktis menambal genteng bocor berikut ini, mudah dan lebih hemat biaya.

1. Menggunakan Styrofoam

Styrofoam biasanya banyak digunakan dalam kemasan elektronik. Bila Anda memiliki Styrofoam bekas, daripada dibuang menjadi limbah yang sulit didaur ulang, sebaiknya Anda manfaatkan untuk menambal genteng bocor. Caranya cukup mudah, namun sebelum memulai membuat pasta penambal sebaiknya Anda siapkan dulu bahan-bahan seperti kaleng, ampelas, kuas, bensin dan jangan lupa Styrofoam.

Cara Pembuatan Pasta Styrofoam:

  • Potong Styrofoam menjadi ukuran kecil-kecil lalu masukkan ke dalam kaleng.
  • Tuangkan bensin secukupnya ke dalam kaleng berisi Styrofoam tsb. Bensin mampu melarutkan Styrofoam tsb sehingga berbentuk cairan kental.
  • Aduk campuran tsb hingga merata.
Baca juga:  Cara Membasmi Rumput Di Paving

Cara Menambal Genteng Bocor Menggunakan Pasta Styrofoam

  • Haluskan permukaan genteng yang retak dengan ampelas sehingga pori-pori genteng tsb lebih terbuka.
  • Oleskan pasta Styrofoam dengan kuas pada permukaan genteng yang retak tsb.
  • Biarkan mengering.

Cara menambal genteng bocor menggunakan pasta Styrofoam ini dapat bertahan hingga 6 bulan saja oleh karena itu Anda perlu mengulang lagi cara di atas setelah 6 bulan atau lakukan cara yang sama bila keretakan muncul kembali.

2. Menggunakan Semen

Semen biasanya dicampurkan dengan pasir atau digunakan sendiri untuk merekatkan bahan bangunan seperti batu bata, keramik, dll. Selain itu ternyata semen juga dapat digunakan untuk menambal genteng bocor karena keretakan loh. Bahkan daya rekat semen ini mampu bertahan hingga 2-3 tahun. Dan semen putih diklaim memiliki daya rekat yang lebih baik dibandingkan semen biasa.

Sebelum Anda menggunakan cara menambal genteng bocor menggunakan semen, maka Anda memerlukan peralatan dan bahan seperti kaleng, ampelas, scrap, semen putih, dan air.

Cara Membuat Bahan Perekat Dari Semen

  • Campurkan semen putih dan air sesuai dengan petunjuk penggunaan yang ada pada kemasan.
  • Aduk hingga tercampur merata.

Cara Menambal Genteng Bocor Menggunakan Semen

  • Bersihkan permukaan genteng yang akan ditambal dengan ampelas.
  • Oleskan adonan semen tadi pada genteng yang telah dibersihkan dan pastikan adonan tsb menutupi celah-celah atau retakan pada genteng.

Baca juga: Cara Praktis Membersihkan Nat Keramik Yang Kotor

3. Menggunakan Cat Pelapis Anti Bocor / Waterproof

Musim penghujan datang, iklan cat pelapis anti bocor pun mulai bermunculan. Cat waterproof ini memang sangat disarankan digunakan untuk melindungi genteng dari pengaruh cuaca seperti hujan dan teriknya matahari. Daya tahannya yang mencapai hingga 5 tahun dan harganya yang cukup terjangkau membuat orang banyak yang memilih cara menambal genteng bocor menggunakan cat waterproof ini.

Untuk menggunakan cat waterproof dalam menambal genteng bocor, pastikan Anda membaca dan mengikuti petunjuk penggunaan yang ada di kemasan.

Itulah 3 cara praktis menambal genteng bocor yang dapat Anda coba. Namun ingat ketiga cara tsb hanya dapat efektif dilakukan bila ukuran lubang / celah / keretakan cukup kecil dan tidak lebih dari 30 persen. Bila lubangnya besar maka cara paling efektif adalah dengan menggantinya.

Baca juga:  Agar Rumah Lebih Lega, Desain Rumah Anda Tanpa Furniture Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *