Cara Praktis Membersihkan Nat Keramik Yang Kotor

ads
Cara membersihkan nat keramik yang kotor seringkali menjadi pertanyaan para pemilik rumah yang mendambakan rumahnya senantiasa bersih dan kinclong. Nat adalah bagian penghubung antar keramik yang dapat berupa semen atau grout sealer dengan tujuan menguatkan / mengunci sambungan antar keramik.

Nat keramik lantai akan mudah sekali kotor karena letaknya di bawah sehingga tampak kusam dan bahkan menghitam yang sulit dibersihkan hanya dengan menyapu atau pel lantai saja. Lalu bagaimana cara membersihkan nat keramik tsb?

Baca juga: Cara Merawat Batu Alam Yang Benar Agar Tak Pudar dan Tetap Indah

Cara Mudah Membersihkan Nat Keramik yang Kotor
image credit: id.wikihow.com

Cara Mudah Membersihkan Nat Keramik Agar Tampak Indah

Membersihkan nat keramik yang kotor sebetulnya tidak sulit namun tetap diperlukan trik khusus agar Anda tidak capek dan hasilnya tetap maksimal. Cairan pembersih keramik yang keras sebaiknya dihindari karena malah akan menghancurkan nat itu sendiri.

Berikut ini adalah beberapa bahan pembersih yang dapat Anda temui dengan mudah di rumah Anda untuk membersihkan nat keramik yang kotor.

Asam Sitrat

Cara pertama yang dapat Anda coba untuk membersihkan nat keramik adalah asam sitrat / citrun. Larutkan sebungkus serbuk citrun dalam segelas air lalu kuaskan larutan tsb di atas nat yang kotor dan biarkan beberapa lama sampai kotoran menghilang. Lalu bilas dengan air bersih.

Baking Soda

Baking soda memang memiliki banyak kegunaaan, jadi sebaiknya Anda selalu memilki bahan ini di rumah Anda. Lalu bagaimana cara membersihkan nat keramik kotor menggunakan baking soda tsb? Caranya mudah saja, cukup dengan membuat adonan pasta yaitu mencampurkan baking soda dengan sedikit air hingga terbentuk adonan kental. Gunakan pasta ini untuk menutupi nat keramik kotor dan biarkan mengering hingga 1-2 jam lalu bilaslah dengan air bersih.

sponsor

Cuka

Cuka dapur dapat pula Anda manfaatkan untuk membersihkan nat keramik yang kotor. Gosoklah nat tsb menggunakan sikat gigi yang telah dicelupkan cuka hingga bersih. Nat pun kinclong lagi, jangan lupa untuk membilas keramik menggunakan air bersih . Namun perlu Anda ketahui bila ruangan rumah Anda akan berbau cuka. Namun Anda tak perlu khawatir karena bau cuka akan hilang dengan sendirinya seiring waktu atau kalau ingin cepat maka Anda dapat menggunakan pengharum ruangan alami.

Pemutih Pakaian

Selain 3 bahan pembersih di atas, masih ada bahan lain yang dapat digunakan untuk membersihkan nat keramik yang kotor yaitu pemutih pakaian. Namun karena baunya yang menyengat sebaiknya cara ini dijadikan pilihan yang terakhir. Cukup tuangkan pemutih pakaian di atas nat, lalu ratakan dan sikat nat keramik menggunakan sikat hingga bersih. Setelah bersih, lalukan pembilasan menggunakan air bersih.

Itulah 4 cara praktis membersihkan nat keramik yang kotor. Selain Anda rajin membersihkannya, Anda pun harus rajin merawatnya agar lantai atau dinding rumah Anda tetap terlihat indah dan menarik. Nat yang sudah terkikis, retak, dan cekung harus segera dilapisi atau diganti natnya sebelum keramik Anda ikutan retak atau terlepas. 

Jangan lupa gunakan sarung tangan karet dan masker saat membersihkan nat keramik yang kotor dengan cara di atas. Hal ini dilakukan untuk melindungi tangan dan pernapasan Anda. Semoga bermanfaat …

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

Iklan
loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara menambal genteng yang bocor -pembersih keramik kotor -citrun suur untuk keramik -cara pasang nat granit agar tidak kotor -cara menghilangkan nat putih pada keramik -utk menghilangkan bekas semen yg membandel pada batu alam -cara membersihkan nat keramik yang kotor -cara membersihkan keramik yg baru di nat -cara membersihkan keramik dari nat -cara bersiin nat pada kramik -

One Response

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.