Cara Memilih Ikan Koi Yang Berkualitas Bagus Untuk Kolam Rumah Anda

ads

Cara Memilih Ikan Koi – Bila Anda berencana membuat kolam ikan di rumah Anda maka ikan koi adalah salah satu pilihan ikan yang tepat bagi Anda. Ya ikan koi termasuk ikan hias populer yang sangat indah dan perawatannya pun tidak terlalu sulit asalkan Anda pintar memilih dan merawat ikan koi tsb.

Memilih ikan koi yang berkualitas bagus sangat penting dilakukan agar ikan koi tsb terlihat menarik, membuat senang orang yang melihatnya karena keindahannya, dan agar ikan tsb dapat hidup sehat serta tidak cepat mati.

Perlu Anda ketahui bahwa tips-tips yang akan saya ulas di sini adalah cara memilih ikan koi yang berkualitas bagus sebagai hewan piaraan Anda di kolam rumah, jadi bukan tips untuk pemilihan ikan koi yang bertujuan untuk kontes ya ..

cara memilih ikan koi yang berkualitas bagus

tips memilih ikan koi yang berkualitas baik

 

Baca juga: Desain Taman Rumah Bernuansa Jepang Dengan Kolam Air Mancur

Tips / Cara Memilih Ikan Koi Yang Berkualitas Bagus Untuk Kolam Rumah Anda

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda jadikan panduan untuk memilih ikan koi yang berkualitas bagus. Namun sebelum Anda membeli ikan koi favorit Anda, pastikan dulu bahwa kolam sebagai tempat tinggal ikan tsb nantinya sudah siap termasuk alat pendukung lainnya seperti filter dan alat sirkulasi air.

Baca juga:

Cara Agar Kolam Ikan Tidak Mudah Keruh

Bentuk Postur Tubuh Ikan Koi

Hal pertama yang harus dilakukan dalam memilih ikan koi yang berkualitas bagus adalah memeriksa bentuk postur tubuh ikan koi yaitu pilih yang memiliki bentuk postur ideal. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan:

  • Perbandingan tinggi tubuh dan panjang tubuh nya 1:2 atau 1:3.
  • Bentuk tubuh memanjang, tidak terlalu gemuk, dan bila dilihat dari atas maka garis punggungnya terlihat lurus atau tidak melengkung.
  • Sirip pada dada dan perut ikan harus sama besarnya.
  • Ukuran sirip punggung dan sirip ekor harus proporsional dengan tinggi dan panjang tubuh.
  • Pilih ikan koi yang bersirip tegak atau tidak jatuh terkulai.
  • Memiliki bentuk kepala, mata, mulut, dan insang yang proporsional / serasi.
  • Perhatikan pula bentuk hidungnya, jangan pernah memilih ikan koi yang memiliki hidung terlampau mancung atau terlampau masuk sampai tenggelam di dalam timbunan daging. Hidung ikan yang tampak terbuka menunjukkan bahwa ikan tsb pernah mengalami sakit pada insang.

Gaya Berenang

Langkah kedua dalam memilih ikan koi yang berkualitas bagus adalah dengan memperhatikan gaya berenangnya. Pilihlah ikan koi yang berenang secara tenang dan seimbang, ini berarti ikan tsb memiliki posisi sirip yang simetris berpasangan, bergaris tubuh seimbang dan memiliki jitai yang baik.

Perilaku Ikan

Coba Anda perhatikan apakah ikan taksiran Anda berenang menyendiri atau ikut bergerombol dengan ikan lainnya. Pastikan Anda tidak memilih ikan koi yang menjauhi teman-temannya karena ini dapat mengindikasikan bahwa ikan tsb memiliki penyakit yang tak ingin ditularkan ke ikan lainnya.

sponsor

Kesehatan Ikan

Faktor kesehatan sangat utama dalam memilih ikan koi yang berkualitas bagus. Pilihlah ikan yang tampak gesit dan lincah. Jangan pilih ikan yang lesu, bergerak lamban, banyak berdiam di dasar kolam, pergerakan insang yang cepat, dsb.

Pola dan Warna Ikan

Tips terakhir dalam memilih ikan koi yang berkualitas bagus adalah dengan melihat pola dan warnanya. Faktor inilah yang sangat menentukan harga jual ikan koi. Semakin pola dan warnanya menarik cerah cemerlang maka harganya pun semakin mahal. Sesuaikanlah budget Anda dalam pemilihan ikan koi ini.

Itulah 4 tips / cara memilih ikan koi yang berkualitas bagus yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat …

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

Iklan
loading...

loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

ikan koi yang bagus -ikan koi yang berkualitas -cara memilih ikan koi -panduan cara memilih koi -cara memilih ikan koi yang berkualitas -cara memilih koi berkualitas -cara memilih koi yg bagus -cara memilih motif ikan koi yg bagus -video cara memilih ikan koi yang bagus -cara memilih ikan koi yg berkualitas -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.