4 Cara Praktis Membuat Pengharum Ruangan Alami di Rumah

ads
Cara Membuat Pengharum Ruangan Alami – Rumah yang wangi dan segar akan membuat penghuni rumah merasa nyaman berada dan melakukan aktivitas di dalam rumah. Rumah biasanya menjadi berbau kurang enak bila ada yang memasak ikan dsb. Bau amis tsb selain mengganggu penciuman penghuni rumah ternyata mampu menarik kedatangan lalat dan hewan lainnya. Bila sudah demikian Anda pun harus berusaha mengusir lalat dari rumah dan hewan-hewan pengganggu lainnya.
Nah bila Anda biasa menggunakan pengharum ruangan sistetis yang banyak dijual di pasaran (air freshener) maka tak ada salahnya bila Anda juga mengetahui cara membuat pengharum ruangan alami di rumah.
Membuat pengharum ruangan alami di rumah yang berasal dari aroma buah-buahan, potongan bunga segar, maupun minyak esensial dipercayai lebih aman karena berasal dari bahan alami. Namun sebelum membahas mengenai cara pembuatannya akan lebih baik bila Anda mengetahui dulu manfaat pengharum ruangan alami tsb.
cara membuat pengharum ruangan alami

Ilustrasi cara membuat pengharum ruangan alami (image: homedit.com)

Baca juga: Cara Praktis Menghilangkan Bau Tak Sedap di Toilet / Kamar Mandi

Manfaat Menggunakan dan Membuat Pengharum Ruangan Alami

Sebelum membahas mengenai cara membuat pengharum ruangan alami sendiri, sebaiknya Anda ketahui dulu apa saja manfaat pengharum ruangan tsb.

Perlu Anda ketahui, seperti halnya parfum yang sering Anda gunakan sehari-hari, wangi-wangian pada pengharum ruangan dapat memberikan efek tertentu pada seseorang selain untuk menetralisir bau yang kurang enak tentunya, seperti efek relaksasi, menenangkan pikiran, memperbaiki mood, dapat membuat Anda lebih semangat, dan mampu membuat Anda tertidur lebih lelap. Selain itu manfaat pengharum ruangan alami adalah lebih aman dan tanpa efek samping walaupun Anda menghirup wewangian tsb seharian atau berhari-hari.

Cara Mudah Membuat Pengharum Ruangan Alami

Berikut ini adalah 4 cara mudah membuat pengharum ruangan sendiri di rumah yang terbuat dari bahan-bahan alami yang mudah Anda dapatkan di sekitar Anda:

1. Bunga Segar

Potongan bunga segar atau pot yang berisi tanaman yang berbunga selain menambah keindahan pada ruangan namun aroma yang dihasilkan oleh bunga tsb mampu memberikan kesegaran pada penciuman Anda. Untuk membuat pengharum ruangan alami dari bunga segar ini, Anda cukup meletakan bunga tsb di sudut ruangan atau tempat lain yang strategis, seperti di meja tamu, di atas lemari, di koridor, dll, gantilah bunga bila sudah layu.

 2. Buah Lemon

Lemon adalah jenis buah yang memiliki segudang manfaat. Lemon tak hanya berguna untuk kesehatan dan kecantikan, namun irisan buah lemon pun dapat menghasilkan aroma khas yang menyegarkan dan membuat semangat. Untuk membuat pengharum ruangan alami dari buah lemon cukup dengan mengirisnya dan letakkan potongan lemon ini dalam mangkuk dan taruhlah di sudut ruangan yang strategis. Selain itu air perasan lemon pun dapat Anda masukkan ke botol spray lalu Anda semprotkan di ruangan yang Anda kehendaki terutama di dekat AC sehingga wangi segarnya cepat menyebar. Jika wangi yang tercium sudah memudar, gantilah dengan yang baru.

Tak hanya buahnya yang dapat dimanfaatkan, kulit lemon pun dapat digunakan untuk membuat pengharum ruangan alami. Jadi selain buahnya Anda konsumsi, nah kulitnya jangan dibuang cepat-cepat, letakkan lah di dalam mangkuk lalu letakkan di sudut ruangan. Bila penampakan kulit jeruk ini kurang indah dipandang, Anda dapat letakkan mangkuk berisi kulit jeruk tsb di dalam guci.

3. Daun, Biji, Kayu, dan Akar Wangi

Selain bunga dan buah, Anda pun dapat membuat pengharum ruangan alami dari bagian tanaman lainnya seperti daun, biji, kayu, dan akar nya. Contohnya: biji lavender, menyan, sandalwood, kayu cendana. Rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan juga dapat digunakan untuk membuat pengharum ruangan alami, seperti jahe, kayu manis, dan pandan. Untuk membuatnya, taruhlah rempah atau biji-bijian tsb pada kain tipis yang berpori / cheesecloth agar terlihat menarik, lalu letakkan pada sebuah mangkuk untuk ditaruh di atas meja atau cukup menggantungkannya di salah satu sudut ruangan. Anda pun dapat mencampurkan aneka bahan tsb sehingga dihasilkan kombinasi aroma yang paling Anda sukai.

sponsor

4. Minyak Esensial

Minyak esensial biasanya dihasilkan dengan cara ekstraksi (diambil sarinya) dari bunga atau tanaman yang berbau harum. Minyak ini biasanya tersedia di toko kosmetik dan dijadikan bahan parfum. Anda cukup meneteskan 2-3 minyak esensial ini di sudut ruangan atau di filter AC untuk membuat pengharum ruangan alami di rumah. Beberapa minyak yang cukup banyak digemari adalah minyak eucalyptus, lavender, atau sandalwood. Penting diperhatikan, penetesan minyak ini jangan sampai berlebihan agar aroma yang dihasilkan tidak terlalu wangi / menyengat.

Itulah 4 cara membuat pengharum ruangan alami yang praktis dan mudah. Tentunya Anda bebas berkreasi untuk menggabungkan beberapa wewangian untuk memperoleh wangi ruangan yang benar-benar Anda sukai. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat …

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Iklan
loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara membuat pengharum ruangan dari downy -cara membuat pengharum ruangan dari molto -cara membuat pengharum ruangan -pengharum ruangan alami -cara membuat pewangi ruangan -cara membuat pengharum ruangan sendiri -cara membuat pengharum ruangan tahan lama -Pewangi ruangan -cara membuat pengharum ruangan alami -cara membuat pengharum ruangan sederhana -

One Response

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.