9 Cara Cepat Menghilangkan Bau Cat Dalam Ruangan

Cara Menghilangkan Bau Cat dalam Ruangan – Warna cat rumah merupakan salah satu cara memberikan nuansa keindahan dan kenyamanan di rumah. Namun masalahnya bau cat pada rumah yang baru dibangun ataupun baru direnovasi seringkali meninggalkan bau cat yang kurang enak. Lalu bagaimana ya cara mengatasi masalah bau cat tsb?

Baca juga: 4 Cara Praktis Membuat Pengharum Ruangan Alami di Rumah

Menghilangkan bau cat tembok dalam ruangan memang lebih sulit bila dibandingkan di luar ruangan. Memang betul bau cat ini dapat hilang dengan sendirinya seiring dengan waktu namun memerlukan waktu yang cukup lama yaitu sekitar 3 minggu. Namun permasalahannya apakah Anda akan betah tinggal di dalam ruangan yang bau tsb? Bau cat yang tak sedap ini bila dibiarkan malah akan membuat gangguan pernapasan, pusing dan mual bagi penghuninya.

Baca juga: Cara Praktis Menghilangkan Noda Cat di Kulit Tubuh

cara menghilangkan bau cat dan cara mengatasi bau tak sedap dalam ruangan

Cara Cepat Menghilangkan Bau Cat Dalam Ruangan Secara Alami

Menghilangkan bau cat dalam ruangan dapat dilakukan dengan menggunakan bahan alami yang mudah diperoleh di sekitar Anda. Ingin tahu apa saja dan cara melakukannya? Yuk simak ulasan Cara Praktis berikut ini.

1. Kulit Jeruk
Kulit jeruk selain memiliki aroma yang menyegarkan ternyata dapat juga menghilangkan bau cat dalam ruangan. Caranya cukup dengan membuat irisan kulit jeruk dalam potongan kecil lalu letakkanlah irisan kulit jeruk ini dalam mangkok di ruangan yang baru dicat. Percayalah, bau cat yang menyengat akan segera digantikan oleh segarnya aroma jeruk yang menyebar ke seluruh sudut ruangan.

Baca juga: Cara Praktis Menghilangkan Bau Tak Sedap di dalam Mobil

2. Air Garam
Ternyata air garam dapat digunakan untuk mengatasi dan menghilangkan bau cat dalam ruangan, bahkan mampu menyerap segala bau di dalam ruangan. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan beberapa sendok garam dalam seember air lalu taruh di tengah ruangan maka bau tak sedap pun akan segera hilang.

3. Arang
Arang sudah diketahui sebagai penyerap aneka bau dan racun. Cat dinding yang Anda gunakan bisa saja mengandung zat kimia berbahaya. Untuk mengurangi dampak bahaya dan menghilangkan bau cat dalam ruangan maka Anda dapat menggunakan arang dengan cara memasukan arang-arang tadi ke dalam ruangan semalaman agar bau cat benar-benar hilang.

Baca juga:  Cara Mengatasi Pipa Wastafel Mampet

4. Cuka
Cuka dapur memiliki aroma tajam yang sangat khas. Aroma dari asam cuka yang ditaruh di dalam ruangan mampu menghilangkan bau cat dalam ruangan tsb.

5. Bubuk Kopi
Selain cuka dapur, kopi juga memiliki aroma khas yang cukup tajam. Kopi mampu menghilangkan bau cat dalam ruangan dengan 2 cara yaitu menyerap bau di udara dan mengganti udara tsb dengan aroma kopi. Tempatkan beberapa mangkuk berisi bubuk kopi di dalam ruangan yang berbau maka bau tak sedap pun akan hilang terganti bau kopi.

6. Daun Teh
Selain bubuk kopi, kita pun dapat memanfaatkan daun teh untuk menghilangkan bau cat dalam ruangan. Caranya dengan menyeduh daun teh lalu taruhlah seduhan tsb di ruangan bercat tadi.

7. Nanas
Aroma buah nanas yang segar dapat menghilangkan bau cat dalam ruangan secara efektif. Tempatkan beberapa potongan nanas di sejumlah sudut ruangan maka rumah pun akan menjadi segar kembali.

8. Apel
Apel selain enak dimakan juga sangat ampuh menyerap bau tak sedap. Coba letakkan irisan apel di ruangan untuk menghilangan bau cat dalam ruangan tsb.

9. Daun Mint
Bila Anda memiliki daun mint, Anda pun dapat memanfaatkan daun ini untuk menghilangkan bau cat dalam ruangan secara alami. Irislah beberap lembar daun mint setipis dan sekecil mungkin, lalu tempatkan di ruangan bercat. Minyak atsiri dari daun mint ini dapat membersihkan udara dalam ruangan.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau cat dalam ruangan. Semoga bermanfaat ..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *