Cara Praktis Mengatasi Remote Control Rusak / Tidak Berfungsi

ads

Cara Mengatasi Remote Control Rusak – Remote control seperti remot TV, remot AC, remot DVD, dll merupakan salah satu peralatan elektronika yang paling sering rusak. Eits .. tapi jangan salah sangka, kerusakan tsb belum tentu disebabkan oleh komponennya yang kurang baik namun lebih sering karena kecerobohan pemakainya, misalnya terjatuh atau bila Anda memiliki anak kecil di rumah biasanya remot menjadi barang mainan untuk dilempar sana-sini. Akibatnya remote control menjadi tidak berfungsi dan tidak dapat digunakan lagi.

Ada 3 cara mengatasi remote control yang rusak yaitu melakukan pemeriksaan secara fisik, memeriksa komponen, dan yang ketiga yang paling praktis adalah membeli remote control baru. Sayangnya di pasaran sering tidak tersedia remote control yang persis sama dengan yang kita miliki di rumah sehingga kita perlu membeli remote universal. Bila Anda membeli remote universal, siap-siap saja harus men-setting kode alat elektronik yang digunakan setiap kali baterainya habis, lumayan merepotkan, apalagi bila angka ribuan karena harus setting angka secara manual.

Nah daripada membeli remote control baru lebih baik Anda coba mengatasi remote control rusak tsb dengan memperbaikinya. Selain dapat menghemat uang, juga dapat melatih kemampuan elektronika Anda.
cara mengatasi remote control rusak

Ilustrasi cara mengatasi remote control yang tidak berfungsi (image: playbuzz.com)

Cara Mengatasi Remote Control Rusak

Berikut ini adalah cara memperbaiki remote control yang rusak:

1. Periksa Kondisi Fisik Remote Control

Untuk mengatasi remote control rusak maka Anda harus melakukan pemeriksaan secara fisik terlebih dahulu seperti:

  • Lakukan pemeriksaan kondisi baterai, apakah sudah habis? Cara mengatasi remote control yang tidak berfungsi karena baterai habis dapat dilakukan dengan mengganti baterai dengan yang baru.
  • Lakukan pemeriksaan konektor baterai, apakah ada yang patah? Apakah ada karat? Atau posisinya sudah berubah / bergeser? Cara mengatasi remote control rusak karena ada yang patah dapat dengan cara menyambung atau membeli konektor baru. Bila muncul karat sebaiknya dibersihkan dengan cara mengerok karat menggunakan cutter. Sementara untuk mengatasi remote control rusak karena posisi konektor yang bergeser maka betulkan ke posisi yang benar.
  • Periksa kondisi solderan pada rangkaian elektronika, apakah ada yang lepas? atau retak? Bagian yang mudah retak solderannya adalah bagian IR (infra merah) yaitu sebuah komponen yang berada di ujung depat remote, berbentuk mirip lampu LED. Cara mengatasi remote control rusak karena solderan yang retak / copot dapat dengan cara menyolder ulang.

Bila hasil pemeriksaan fisik menunjukan kondisi remote control baik-baik saja maka selanjutnya perlu dilakukan pemeriksaan komponen di dalam rangkaian elektronika untuk mengatasi remote control rusak tsb.

2. Periksa Kondisi Komponen Elektronika

Perlu Anda ketahui, setidaknya ada 2 komponen remote control yang paling sering rusak, yaitu bagian IR (infra red) dan filter Kristal. Filter Kristal / Kristal remote adalah komponen dalam remote control yang berbentuk kotak panjang, biasanya berwarna kuning, dan biasanya tertulis angka frekuensi pada body nya.

sponsor

Bila hasil pemeriksaan ternyata ada komponen yang tidak berfungsi / rusak maka cara mengatasi remote control rusak tsb adalah dengan memasang komponen baru atau komponen yang ada di remote lain yang sudah tidak digunakan lagi, namun pastikan komponen pengganti yang Anda pasang tsb memiliki spesifikasi yang sama. Anda dapat membeli komponen baru di toko elektronika.

Itulah cara mengatasi remote control rusak yang dapat Anda coba. Bila cara memperbaiki remote control yang rusak tsb tidak berhasil, maka tidak ada pilihan lain selain membeli remote control baru.

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

Iklan
loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara memperbaiki mobil remot control yang rusak -cara memperbaiki remot tv polytron -servis mobil remot control -cara mengetahui komponen elektro yang rusak -memperbaiki mobil remot yang rusak -servis mobil remote -remot mobil rc rusak -cara memperbaiki remot dvd polytron -mobil remot mati total -cara memperbaiki helicoopter mini infra red tidak bekerja -cara perbaiki remot mobil mobilan rc -komponen mobil remot rusak -cara mengatasi karat di remote -cara memperbaiki remote receiver rusak -cara memperbaiki remote mobil -cara memperbaiki remote kipas angin yang rusak -cara memperbaiki remote drone -tips remote tv rusak -cara mengatasi remote digital goldsat yg tidak respons -cara mengatasi remote bell wireless rusak -cara mengatasi remot tv rusak -cara mengakali atena remot kontrol yang patah -cara memperbiki remot lampu imfra tidak nyala -cara memperbaikimobil remote control yg sudah tidak menyala -cara mengatasi mobil rc remot yang rusak -cara mengatasi mobilan remot ilng rwmot -cara mengatasi remot drone -cara memperbaiki remote tv lg -cara memperbaiki remote reciver rusak tidak bisa salah satu angka -cara memperbaiki mobil remot control -cara memperbaiki remot receiver yang rusak -cara memperbaiki remot kontroL -cara membetulkanh remot rusak -cara membetulkan remot mobil mainan -cara membetulkan mobil remote control -cara membetulkan mobil remot -cara membetulkan aisi mobol remot yang mati -cara kanibal remote ir -cara cek remot mobil rc berfungsi apa tidal -cara bikin antene mobil remote yang patah -cara memperbaiki batrai mobil rc yang rusak -cara memperbaiki mobil re -cara memperbaiki remot dvd -cara memperbaiki remot control mobil -cara memperbaiki remot contro mobil rc -cara memperbaiki rc yg rusak karena air -cara memperbaiki mobil remote control yang rusak -cara memperbaiki mobil remote control -cara memperbaiki mobil remot homiped yang tidak bisa dikendalikan -cara memperbaiki mobil remot -

3 Comments

  1. sudirman SP
    • admin
  2. ahmad

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.