Cara Praktis Agar Aquarium Tetap Bersih dan Tidak Amis

ads

Cara Agar Aquarium Tetap Bersih – Memiliki akuarium yang bersih, tidak bau amis, dengan ikan yang sehat dan bagus merupakan kepuasan tersendiri bagi pemiliknya selain memberikan keindahan pada rumah dan kenyamanan bagi penghuni rumah. Namun masalahnya tak semua orang memiliki hobi memelihara ikan dan tak mengerti cara merawat aquarium dan ikannya.

Baca juga: Cara Agar Kolam Ikan Tidak Cepat Keruh

Merawat aquarium dengan membersihkannya secara berkala agar aquarium tetap bersih dan tidak amis adalah kunci sukses mendapatkan keindahan aquarium di rumah sekaligus memiliki ikan yang sehat dan indah. Namun masalahnya membersihkan aquarium terlalu sering juga sering membuat kita lelah. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Cara Praktis akan membagikan tips perawatan dan pembersihan aquarium yang mudah dan tidak membuat Anda lelah.

cara merawat aquarium agar tetap bersih dan tidak amis

Tips Agar Aquarium Tetap Bersih dan Tidak Amis

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan agar menjaga aquarium tetap bersih dan tidak amis:

1. Cuci Kain Filter Setiap Hari
Anda harus memiliki setidaknya 2 kain filter untuk menyaring kotoran pada aquarium sehingga bila kain filter yang satu dicuci maka Anda masih memiliki cadangan filter untuk dipasang di aquarium. Agar Anda memiliki aquarium tetap bersih dan tidak amis, maka cucilah kain filter setiap hari. Pencucian kain filter ini pun dapat membuat Anda tidak harus sering-sering mencuci aquarium yang lebih merepotkan.

Rekomendasi Artikel dari Sponsor:

loading...
2. Perhatikan Kondisi Air Yang Keluar dari Selang Filter
Bila tidak lancar maka dapat dipastikan ada sesuatu yang salah dengan selang tsb, apakah selangnya dipenuhi lumut atau as baling-baling tsb tersumbat sesuatu seperti rambut atau sampah lainnya sehingga daya sedot air berkurang. Bila Anda menemukan kondisi seperti ini, segera bersihkan pompa air aquarium, filter, dan selangnya agar aquarium tetap bersih dan tidak amis. Bila Anda rutin membersihkan kain filter setiap hari, biasanya selang filter baru akan kotor setelah 5-6 hari.

3. Jangan Menggunakan Terlalu Banyak Aksesoris di dalam Aquarium
Aksesoris dalam aquarium seperti batu-batu kecil, tanaman hias, dll memang dapat mempercantik aquarium. Namun ini akan menambah bagian yang harus dibersihkan selain itu bila kurang jeli akan banyak kotoran yang terselip di antara aksesoris tsb dan menyebabkan aquarium cepat kotor. Jadi gunakan sedikit mungkin aksesoris di alam aquarium agar aquarium tetap bersih dan tidak amis.

4. Gunakan Arang
Arang terbukti efektif menyerap bau tidak sedap dan menyerap kotoran di dalam air. Anda dapat menambahkan arang khusus yang banyak tersedia di toko penjual ikan hias ke dalam kotak filter. Pastikan Anda mencuci arang tsb terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam aquarium.

Itulah 4 cara praktis memiliki aquarium tetap bersih dan tidak amis. Jika tips di atas Anda lakukan secara rutin maka Anda paling tidak Anda perlu menguras air aquarium setiap 8 hari sekali. Selama pengurasan belum dilakukan, air aquarium hanya akan berubah kekuningan saja.

Baca juga: Cara Membuat Aquarium Air Laut Dalam 5 Langkah
Penting sekali Anda melakukan pengurasan air aquarium secara teratur agar Anda dapat memiliki aquarium tetap bersih dan tidak amis walaupun aquarium tsb belum dibersihkan secara total. Dalam menguras air aquarium, sisakan sekitar 1/4 dari air aquarium tersebut dan ditambahkan air baru ¾ nya dengan tujuan agar si ikan tidak kaget dengan pergantian air baru.
Semoga informasi mengenai tips perawatan dan pembersihan agar aquarium tetap bersih dan tidak amis di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

Iklan
loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara membuat filter aquarium agar air tetap jernih -cara pasang filter akuarium yang benar -cara merawat aquarium -cara menjernihkan air akuarium secara alami -cara merawat air aquarium agar tetap jernih -cara memasang filter aquarium -cara agar air aquarium tetap jernih -agar air aquarium tetap jernih -cara membuat filter aquarium -air aquarium cepat keruh -

One Response

  1. denis

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.