Cara Agar Kolam Ikan Tidak Mudah Keruh

ads

Cara Agar Kolam Ikan Tidak Mudah Keruh – Taman yang diintegrasikan dengan kolam ikan hias adalah salah satu cara membuat rumah Anda semakin indah, segar dan hidup. Agar taman kolam ikan hias tsb dapat memberikan fungsinya sesuai harapan Anda maka Anda harus terus menerus merawat taman dan kolam ikan hias Anda secara berkala.

Kolam ikan yang keruh dan bau akan mengganggu pemandangan dan menimbulkan masalah baru. Kolam ikan yang tidak bersih dapat menjadi sumber penyakit baik untuk ikan itu sendiri ataupun bagi makhluk lain yang hidup di sekitar kolam tsb seperti Anda. Lalu bagaimana cara agar kolam ikan tidak mudah keruh dan senantiasa bersih?

cara agar kolam ikan tidak mudah keruh

Kolam Ikan Yang Jernih dan Bersih Sangat Indah Dipandang (image: pinoyhit.com)

Tips Merawat Kolam Ikan Agar Kolam Ikan Tidak Mudah Keruh

Penyebab Kolam Ikan Keruh

Sebelum membahas cara merawat kolam ikan agar kolam ikan tidak mudah keruh, sebaiknya Anda mengetahui dulu penyebab kolam ikan keruh.

Pada umumnya, air kolam ikan yang keruh disebabkan oleh adanya sirkulasi air kolam yang tidak lancar sehingga menimbulkan penumpukan kotoran di dasar kolam ikan. Bila tidak cepat-cepat dibersihkan maka kotoran tsb akan menempel pada dinding kolam dan berkerak sehingga semakin sulit untuk dibersihkan. Selain itu pemberian pakan ikan yang berlebih memperparah kondisi kolam ikan karena ada sisa pakan ikan dan banyaknya kotoran ikan.

Baca juga: 5 Cara Praktis Membuat Kolam Ikan di Rumah Mungil Minimalis

Cara Agar Kolam Ikan Tidak Mudah Keruh

Berdasarkan penyebabnya, ada 2 cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga agar kolam ikan tidak mudah keruh yaitu membersihkan kolam ikan secara teratur dan mengurangi pemberian pakan ikan.

A. Cara Merawat Kolam Ikan Agar Kolam Ikan Tidak Mudah Keruh

Berikut ini adalah tips membersihkan kolam agar kolam ikan Anda senantiasa bersih, yaitu:

1. Pasanglah Filter / Saringan Sesuai Ukuran Kolam

Rekomendasi Artikel dari Sponsor:

loading...

Pemasangan filter / saringan air terbukti efektif untuk menjaring kotoran pada air kolam sehingga kolam ikan tidak mudah keruh. Anda pun tak perlu repot-repot membersihkan kolam ikan cukup bersihkan saja filter kolam ikan Anda setiap minggu. Namun perlu diperhatikan agar pemasangan filter tsb sesuai dengan ukuran kolam sehingga kapasitas penampungan kotoran memadai. Dan jangan lupa untuk selalu menyalakan aerator yang terhubung dengan filter tsb agar kolam ikan tidak cepat keruh dan sirkulasi udara dalam kolam tetap terjaga.

2. Bersihkan Kolam Ikan Secara Teratur

Pembersihan kolam ikan secara teratur dapat mencegah kolam ikan cepat keruh. Pembersihan tsb dapat dilakukan sebulan sekali karena pembersihan kolam ikan yang terlalu sering selain membuat capek juga dapat menyebabkan ikan-ikan hias tsb stress. Kecuali bila Anda melihat kondisi kolam ikan Anda sangat kotor maka tak perlu pikir panjang, langsung saja bersihkan kolam ikan tsb.

3. Ganti Sebagian Air Kolam Secara Berkala

Penggantian air dan penambahan air kolam secara berkala dapat dilakukan agar kolam ikan tidak cepat keruh. Anda dapat membuang air sejumlah 1/3 bagian kolam ikan dan menggantinya dengan air yang bersih. Lakukanlah tips ini seminggu sekali agar kolam ikan tidak mudah keruh dan tetap jernih. Penting sekali untuk mendiamkan air yang akan digunakan untuk mengganti air kolam selama 24 jam agar ikan hias Anda tidak stress.

4. Segera Ambil Kotoran yang Jatuh di Kolam

Kolam ikan yang berada di halaman rumah / lingkungan terbuka sangat mudah dikotori oleh benda-benda yang jatuh ke dalam kolam seperti daun dan sampah lainnya. Segeralah ambil kotoran tsb agar kolam ikan tidak mudah keruh dan tetap bersih sebelum kotoran tsb membusuk di dalam air.

5. Pelihara Juga Ikan Sapu-Sapu

Ikan sapu-sapu sudah dipercayai sebagai ikan yang hobinya bersih-bersih di aquarium. Anda dapat menggunakan trik yang sama untuk menjaga kolam ikan tidak mudah keruh. Ikan sapu-sapu sangat menyukai memakan lumut dan kotoran yang menempel di dasar dan dinding kolam.

Iklan

B. Cara Pemberian Pakan Ikan Agar Kolam Ikan Tidak Mudah Keruh

Saat-saat memberi makan ikan memang mengasyikkan tetapi pemberian pakan ikan yang terlalu sering dan terlalu banyak sangatlah tidak baik pada kondisi ikan maupun kondisi kolam. Sesuaikanlah pemberian pakan tsb baik dari segi jumlah maupun frekuensi pemberian pakan ikan agar kolam ikan tidak mudah keruh dan ikan Anda tetap sehat. Cara yang paling mudah adalah memberikan pakan ikan sedikit demi sedikit, bila ikan tidak langsung memakan pakan ikan tsb artinya Anda terlalu banyak memberikan pakan ikan.
Itulah tips perawatan kolam ikan hias agar kolam ikan tidak cepat keruh. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat …

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara merawat ikan di kolam -cara menjernihkan air kolam ikan yang keruh -cara membuat air kolam ikan tetap jernih -resep cara menjernihkan air kolam ikan -cara menjernihkan air kolam ikan -cara membuat kolam koi bening -agar air kolam tetap jernih -sirkulasi kolam ikan -cara membersihkan kolam ikan -cara merawat kolam ikan -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.