Cara Praktis Mengatasi Jamur Pada Lemari

ads

Cara Mengatasi Jamur Pada Lemari – Apakah Anda memiliki lemari atau furnitur yang terbuat dari bahan serbuk kayu / particle board? Bila iya maka siap-siap saja lemari Anda atau furnitur lainnya akan ditumbuhi jamur, apalagi di musim penghujan seperti saat ini. Jamur akan sangat mudah sekali tumbuh atau timbul di lemari yang sirkulasi udaranya kurang baik atau ruangan lembab.

Kelembaban udara yang tinggi di negara kita Indonesia membuat jamur akan mudah sekali tumbuh walaupun tempat tinggal Anda di daerah panas sekalipun seperti di Jakarta. Jamur dapat tumbuh dimana saja baik di tembok, di lemari, bahkan di pakaian asalkan tempat tsb cocok sebagai media hidup bagi jamur. Untuk itu Anda perlu mengetahui cara mengatasi jamur pada lemari ataupun cara mengatasi jamur di tembok.

Bila Anda baru berencana untuk membeli furnitur baru, saran saya belilah furnitur dengan bahan kayu asli atau plastik atau bahan metal. Bahan-bahan tsb tidak akan sulit sekali ditumbuhi jamur. Namun bila Anda sudah terlanjur membeli dan merasa sayang untuk menggantinya, sebaiknya Anda ketahui cara mengatasi jamur pada lemari. Nah bagaimana cara menghilangkan serangan jamur pada lemari atau furnitur lainnya? yuk simak ulasannya berikut ini ..

cara mengatasi jamur pada lemari

Ilustrasi cara mengatasi jamur pada lemari (image: kitchen.laviesenior.com)

Baca juga: Ternyata Ini Loh Cara Mengatasi Jamur Pada Pakaian

Cara Praktis Mengatasi Jamur Pada Lemari

Berikut ini adalah tips menghilangkan jamur di lemari yang dapat Anda coba:

  1. Keluarkan pakaian dan semuai isi dalam lemari lalu bersihkan jamur dalam lemari menggunakan lap yang telah dibasahi alkohol 70%. Lakukan beberapa kali sampai jamur betul-betul hilang dari dalam lemari. Alkohol 70% dapat berfungsi sebagai desinfektan.
  2. Biarkan lemari mengering, bila memungkinkan jemur lemari di bawah sinar matahari. Atau letakkan lemari di bawah sinar lampu. Kandungan sinar UV (ultraviolet) pada sinar matahari maupun lampu TL dapat menghambat pertumbuhan jamur.
  3. Masukkan anti lembap yang dapat Anda beli di pasaran. Zat anti lembap dapat menarik kelebihan air dalam lemari. Gantilah anti lembap secara teratur.
  4. Tambahkan kapur barus atau kamper. Selain berfungsi mengusir bau tak sedap, kamper ini dapat menghambat pertumbuhan jamur.
  5. Letakkan lemari di atas papan kayu untuk menghindari timbulnya lembap dari lantai. Berilah jarak antara lemari dan dinding untuk menghindari masuknya lembab dari dinding rumah Anda. Hindari juga memasukkan barang yang basah / lembap ke dalam lemari seperti pakaian basah / lembap dll.
  6. Bukalah jendela kamar Anda setiap hari untuk meningkatkan sirkulasi udara sehingga udara lembap dapat tergantikan dengan udara baru yang menyegarkan.
  7. Bila dengan cara di atas masih belum berhasil, lapisilah permukaan lemari Anda dengan pernis atau melamin.

Itulah 7 cara mudah menghilangkan jamur lemari.  Semoga cara mengatasi jamur pada lemari di atas dapat bermanfaat. Selamat mencoba…

sponsor

 

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Iklan
loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara menghilangkan jamur pada lemari serbuk kayu -cara menghilangkan jamur pada lemari -cara menghilangkan jamur di lemari -cara menghilangkan jamur -cara mengatasi jamur pada lemari -anti jamur lemari -mengatasi jamur pada lemari -cara menghilangkan jamur pada lemari olympic -cara menghilangkan jamur pada lemari pakaian -cara mengatasi jamur di lemari -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.