Cara Praktis Membedakan Madu Asli Dengan Madu Palsu

ads

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu – Madu selain enak dikonsumsi sebagai minuman, madu pula memiliki banyak manfaat kesehatan. Dalam berbagai kitab suci pun disebutkan bahwa madu merupakan penawar dari berbagai macam penyakit. Karena banyaknya manfaat madu tsb, banyak sekali madu yang tersedia di pasaran, tak hanya madu asli tapi banyak pula madu palsu.

Yang dimaksud madu palsu di sini adalah madu yang isinya bukan madu atau isinya madu tetapi telah mendapatkan zat tambahan selama proses pengolahan dan pengemasannya. Padahal madu yang baik agar memberikan manfaat yang diharapkan adalah harus madu asli. Lalu bagaimana cara mengetahui madu yang kita beli atau konsumsi itu madu asli atau bagaimana cara membedakan madu asli dengan madu palsu? yuk simak tips nya berikut ini.

cara praktis membedakan madu asli dengan madu palsu

Bagaimana cara membedakan madu asli dengan madu palsu ?

Baca juga: 5 Cara Praktis Memilih Telur Segar Agar Tidak Membeli Yang Busuk

Begini Cara Membedakan Madu Asli Dengan Madu Palsu

Cara mengenali madu asli atau palsu yang harus dilakukan pertama kali adalah dengan melihat isi / ingredient yang tercantum pada kemasannya. Pada label tsb akan terlihat apakah memang mengadung 100% madu asli atau hanya berupa minuman / suplemen yang mengandung madu hanya beberapa % saja.

Dikatakan madu palsu bila pihak penjual memanipulasi isi madu dalam kemasan. Nah untuk memastikan dan membedakan madu asli dan madu palsu silahkan gunakan cara berikut ini …
1. Cara Menguji Keaslian Madu Melalui Kertas TissueCaranya sangat mudah yaitu celupkan kertas pada madu lalu perhatikan pola basah pada kertas tissue. Bila madu yang digunakan adalah madu asli maka pola basahnya tidak akan menyebar selain itu kertas tissue pun tidak mudah robek. Berbeda dengan madu palsu, maka air akan cepat menyebar dan kertas tisue pun mudah robek.

2. Cara Menguji Keaslian Madu Dengan Korek Api

Cara ini pun cukup mudah, Anda tinggal mencelupkan korek api ke dalam madu yang dicurigai. Lalu cobalah untuk menyalakan korek api tsb dengan menggosoknya pada kotak korek api. Bila madu Anda asli maka korek api akan tetap menyala walaupun korek api tsb dalam keadaan basah. Sementara pada madu palsu maka korek api tsb tidak akan mampu menyala.

3. Cara Menguji Keaslian Madu dengan Membakarnya Hingga Berbusa

Anda memerlukan sendok, lilin dan korek api / pemantik untuk menggunakan cara ini. Taruh madu di atas sendok lalu bakarlah di atas lilin yang menyala dan biarkan hingga mendidih atau berbusa. Madu asli yang terbakar akan berbusa dan busanya akan tumpah. Sementara madu palsu maka busa yang dihasilkan lebih sedikit dibandingkan madu palsu.

sponsor
4. Cara Menguji Keaslian Madu Dengan Lemari Es

Masukkan madu yang dicurigai ke dalam lemari es. Bila madu tsb asli maka madu tsb tidak akan membeku sementara pada madu palsu akan membeku.

5. Cara Menguji Keaslian Madu Dengan Menggunakan Air

Saat Anda meneteskan madu ke dalam air putih maka madu asli akan tenggelam dan tidak bercampur dengan air. Sementara pada madu palsu maka madu tsb akan bercampur dengan air.

Itulah 5 cara menguji keaslian madu dan cara membedakan madu asli dengan madu palsu. Selamat mencoba …

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Iklan
loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara memakai madu dengan membakar nya dengan korek -mengetes madu asli dn palsu pake tisu -tes keaslian madu -tes keaslian madu dgn api -tes madu asli -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.