Cara Praktis Merawat Gelas Dan Cangkir

ads

Cara Merawat Gelas dan Cangkir – Gelas dan cangkir merupakan alat minum yang biasa kita gunakan sehari-hari. Namun karena bahannya terbuat dari kaca maupun keramik, maka gelas dan cangkir ini sangat rentan pecah.

Walaupun sifatnya lebih inert (lebih tahan terhadap kontaminasi / pengotoran) namun penggunaan dan perawatannya yang tidak tepat seringkali membuat gelas dan cangkir tsb tampat kotor dan berkarat sehingga membuat seseorang merasa jijik untuk menggunakannya. Untuk itu kali ini penting sekali mengetahui cara membersihkan peralatan gelas dan cangkir tsb beserta cara perawatannya.

cara praktis merawat gelas dan cangkir

Baca juga: Cara Merawat Wajan Teflon Agar Lebih Awet

Beberapa Tips Merawat Gelas Dan Cangkir

Berikut ini adalah tips perawatan gelas dan cangkir mulai dari cara menggunakannya hingga cara mencucinya. Cara merawat gelas dan cangkir di bawah ini dapat menjaga peralatan tsb lebih awet dan tahan lama.

  1. Cucilah gelas dan cangkir yang baru dibeli untuk menghilangkan kotoran atau debu yang melekat pada gelas dan cangkir.
  2. Rebuslah gelas dan cangkir yang baru dibeli dalam air mendidih sekitar 1 jam, kemudian biarkan mendingin secara alami pada suhu kamar. Hal ini dilakukan untuk menghindari gelas dan cangkir tsb mudah pecah saat diisi air panas.
  3. Simpanlah gelas dan cangkir yang telah bersih dan kering ke dalam lemari atau rak piring. Bila gelas atau cangkir tsb masih basah sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu untuk menghindari air yang terjebak di dalam gelas, cangkir maupun lemari dan rak piring. Air akan menambah kelembaban lemari atau rak piring sehingga akan memicu tumbuhnya jamur.
  4. Bila gelas dan cangkir tsb digunakan untuk minum air teh maupun kopi maka sebaiknya segera buang sisa teh dan kopi tsb baik ampas maupun air nya bila masih tersisa, lalu bilaslah dengan air bersih. Lamanya teh dan kopi diam di gelas ataupun cangkir akan membuat noda yang sulit untuk dibersihkan.
  5. Lakukan pencucian gelas dan cangkir segera setelah digunakan.
  6. Gelas dan cangkir yang disimpan terlalu lama di dalam lemari akan menimbulkan bau kurang enak. Sebaiknya cucilah dahulu gelas dan cangkir tsb sebelum digunakan. Biasanya orang-orang jaman dulu sering kali memajang koleksi gelas dan cangkir cantiknya dalam lemari pajangan.

Cara Membersihkan Noda Pada Gelas Dan Cangkir

Namun bila noda bekas teh dan kopi terlanjur ada di gelas dan cangkir maka berikut adalah beberapa cara untuk membersihkannya:

sponsor
  1. Rebuslah gelas dan cangkir yang bernoda di dalam air yang telah dicampur dengan cuka, garam dan air perasan jeruk nipis. Lalu gosoklah dengan lap menggunakan cairan tsb sampai noda hilang.
  2. Gunakan abu gosok yang telah dicampur dengan sabun cuci piring, gosokanlah pada gelas dan cangkir yang bernoda sampai noda hilang.
  3. Dengan menggunakan campuran baking soda dan air. Gosokanlah campuran tsb pada noda gelas atau cangkir sampai bersih.

Itulah beberapa tips cara merawat gelas dan cangkir serta cara membersihkan noda karat pada gelas dan cangkir. Selamat mencoba …

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Iklan
loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

tips agar gelas baru tidak mudah pecah -cara membersihkan noda teh di cangkir seng -cara kilapkan gelas hias -cara bikin gelas biar awet tidak pecah -cara agar gelas gk gmpang pecah -cangkir yang panasnya awet -Agar gelas tidak pecah -agar gelas tdk mudah pecah -agar gelas tak mudah pecah -tips merawat gelas -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.