5 Cara Praktis Menghindari Letusan Ikan Saat Menggoreng

ads

Cara Menghindari Letusan Ikan Saat Menggoreng – Ikan merupakan salah satu makanan sehat kaya gizi. Orang yang diet daging merah biasanya akan memilih ikan untuk memenuhi asupan protein dan lemak. Salah satu menu ikan yang menggugah selera adalah ikan goreng. Namun menggoreng ikan tak semudah menggoreng kerupuk karena ikan basah seringkali meletus bila digoreng sehingga menyebabkan beberapa orang malas untuk menggoreng ikan.

Padahal menggoreng sendiri di rumah merupakan salah satu cara menyiapkan makanan sehat di rumah loh. Bila Anda termasuk orang yang takut menggoreng ikan karena khawatir terkena cipratan minyak goreng, berikut ini saya berikan tips mudah menghindari letusan ikan saat menggoreng. Dengan tips menggoreng ikan ini diharapkan Anda tak perlu takut lagi terkena cipratan minyak goreng dan dapur Anda tetap bersih.

cara menghindari letusan ikan saat menggoreng

Ilustrasi cara menghindari letusan ikan saat menggoreng

Baca juga: Cara Membuat dan Resep Masakan Sambal Ikan Colo

Tips Menghindari Letusan Ikan Saat Menggoreng

Berikut ini beberapa cara mengatasi letusan ikan saat menggoreng yang dapat Anda coba praktekan di rumah, yaitu:

1. Gunakan Minyak Secukupnya

Letusan atau letupan minyak terjadi bila minyak dalam suhu panas bertemu dengan air. Untuk mencegah letusan ikan saat digoreng, jangan gunakan minyak terlalu banyak. Semakin banyak minyak yang digunakan maka semakin banyak pula letusan yang terjadi saat ikan digoreng. Namun minyak yang digunakan jangan pula terlalu sedikit agar ikan tetap renyah. Jumlah minyak yang digunakan adalah secukupnya yang penting dapat merendam badan ikan.

2. Panaskan Minyak Lalu Kecilkan Api

Tips menggoreng ikan yang kedua adalah mengecilkan api kompor setelah minyak goreng panas. Menggunakan suhu terkecil saat memasukan ikan ke dalam penggorengan dapat menghindari letusan ikan saat menggoreng.

3. Gunakan Tutup Panci

Setelah ikan masuk ke dalam minyak goreng, tutuplah wajan / penggorengan dengan tutup yang memiliki lubang udara sehingga uap air dapat keluar melalui lubang udara tsb namun minyak tidak menciprat kemana-mana yang menyebabkan banyak noda minyak di dapur.

4. Kecilkan Api Saat Membalik Ikan

Untuk mengurangi letusan minyak goreng maka kecilkan api saat membalik badan ikan atau saat akan mengangkat ikan. Tips menggoreng ikan ini sangat efektif dalam menghindari letusan ikan saat menggoreng.

sponsor

5. Gunakan Tepung

Selain ke-4 cara menggoreng ikan di atas, untuk mengurangi letusan minyak goreng dapat pula dilakukan dengan membalut ikan yang akan digoreng dengan tepung roti atau tepung terigu. Tepung akan menyerap air sehingga dapat mengurangi jumlah letupan. Selain itu keberadaan tepung membuat ikan goreng makin renyah dan mencegah ikan lengket pada wajan.

Itulah tips mudah menghindari letusan minyak saat menggoreng ikan. Semoga dengan cara menghindari letusan ikan saat menggoreng di atas dapat bermanfaat untuk Anda. Sekarang Anda tak perlu takut lagi menggoreng ikan. Selamat mencoba …

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Iklan
loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara membersihkan wajan setelah menggoreng ikan -cara mengatasi ketakutan pada saat menggoreng ikan -cara menghilangkan jamur di ikan yg sudah digoreng -cara menghilangkan percikan minyak saat menggoreng ikan -cara menghilangkan rasa takut saat menggoreng -menghindari kecipratan saat menggoreng -penyebab letupan saat menggoreng -tips agar ridak takut menggoreng -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.