Cara Praktis Menghilangkan Noda Pada Pakaian

ads
Cara Menghilangkan Noda Pada Pakaian – Pakaian yang bersih dari segala macam noda dapat memberikan kenyamanan dan rasa percaya diri pemakainya. Mungkin Anda pernah mengalami pakaian Anda terkena noda, entah sengaja maupun tidak. Yang menjadi masalah adalah cara membersihkan kotoran yang menempel pada pakaian Anda. Bila pakaian Anda putih semua, Anda dapat menggunakan cairan pemutih untuk melenyapkan semua noda, namun apa jadinya bila pakaian yang terkena noda tersebut adalah pakaian berwarna?

Cara menghilangkan noda pada pakaian pada pakaian yang paling efektif adalah dengan mengetahui dulu penyebab noda dan segera membersihkannya. Kotoran yang dibiarkan begitu saja malah akan membuat bekas noda yang lebih sulit untuk dibersihkan.

cara praktis menghilangkan noda pada pakaian

Baca juga: 6 Cara Praktis Merawat Mukena Agar Tetap Wangi, Bersih Dan Awet

Aneka Cara Menghilangkan Noda Pada Pakaian Berdasarkan Penyebabnya

Oke langsung saja, berikut ini adalah beberapa jenis noda dan cara mengatasi noda pada baju tsb.

1. Noda Darah

Kucek pakaian yang terkena noda darah dengan sabun mandi sampai bersih. Penggunaan sabun mandi mempercepat hilangnya noda darah pada pakaian. Bila noda darah sudah hilang, Anda dapat mencuci pakaian Anda seperti biasa.

Baca juga: 3 Cara Mudah Menghilangkan Noda Darah Pada Pakaian

2. Noda Kopi atau Teh

Pakaian yang terkena air kopi atau teh, bila langsung dicuci seperti biasa. Namun bila noda masih membandel, Anda dapat merendam pakaian tsb dengan air panas lalu dicuci lagi seperti biasa.

3. Noda Hitam

Noda / bintik hitam seringkali muncul pada pakaian yang masih basah kemudian disimpan, seperti pada mukena dsb karena adanya air yang terjebak dalam pakaian dan menumbuhkan jamur. Untuk menghilangkan noda hitam tsb pada pakaian, Anda dapat mengolesi noda tsb dengan campuran Salmaniak yang dibuat dengan cara mencampurkan 1 sendok makan salmaniak dengan 3 sendok makan air. Jemur sampai kering kemudian cucilah seperti biasa sampai bersih.

Baca juga: Ternyata Ini Loh Cara Mengatasi Jamur Pada Pakaian

4. Noda Tinta

Noda tinta pada pakaian dapat dihilangkan dengan alkohol, hair spray atau aseton (Pemghilang Cat Kuku). Oleskan bahan tadi pada noda tinta sampai basah, bilas lalu gosokkan deterjen pada bagian noda tinta. Setelah itu cucilah seperti biasanya. Anda juga dapat menggunakan gliserin untuk menghilangkan noda tinta pada pakaian dengan cara menggosok noda menggunakan gliserin kemudian cucilah seperti biasa.

5. Noda Kunyit

Noda kunyit pada pakaian dapat dihilangkan dengan menggosok noda tsb menggunakan kapur sirih. Cucilah seperti biasa setelah noda hilang.

6. Noda Bekas Lemak/Minyak

Noda minyak yang menempel pada pakaian dapat dihilangkan dengan menaburkan bedak atau kapur jika noda tsb masih baru atau baru saja menempel. Kapur atau bedak mampu menyerap noda lemak tsb. Namun jika noda lemak sudah lama, Anda dapat mengucek pakaian yang terkena noda tsb dengan deterjen lalu cucilah dengan air panas.

7. Noda Karat Besi

Noda karat besi pada pakaian dapat dibersihkan dengan memakai campuran air jeruk nipis dan garam yaitu dengan cara mencampurkan garam ke air jeruk nipis sampai menjadi campuran yag agak kental. Gosokan campuran tsb ke noda karat pada pakaian secara perlahan lalu jemur di bawah sinar matahari. Ulangi sampai bersih bila noda karat masih belum hilang.

sponsor

8. Bekas Permen Karet

Permen karet yang lengket pada pakaian dapat dihilangkan dengan cara menggosokan cairan spiritus pada bagian yang terkena permen karet. Jika masih kotor, Anda dapat membersihkannya lagi dengan air hangat yang dicampur sabun.

Baca juga: Cara Mudah Menghilangkan Noda Bekas Permen Karet Yang Menempel

9. Terkena Cat Kuku

Noda cat kuku pada pakaian dapat dihilangkan dengan menggunakan aseton atau amil asetat (minyak pisang). Setelah itu cucilah seperti biasa.

Itulah beberapa tips membersihkan kotoran pada pakaian. Semoga cara menghilangkan noda pada pakaian di atas dapat bermanfaat. Selamat mencoba …

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

Iklan
loading...

loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

salmaniak -cara menghilangkan noda di baju dengan jeruk nipis -salmaniak pembersih noda bahan apa saja -campuran salmaniak -cara menghilangkan bekas bedak pada mukena -cara menghilang kan tinta di mukena -xara menghilangkan noda krbasahan pada mukena -bekas kotoran yang masih menempel di baju -bahan untuk menghilangkan kapur pada celana putih -apa salmaniak itu -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.