Cara Praktis Mencegah Dan Menghilangkan Kutu Rambut

ads

Kutu pada rambut seringkali membuat jengkel, bagaimana tidak kepala menjadi gatal dan banyaknya telur kutu pada rambut membuat kita menjadi tidak percaya diri. Munculnya kutu rambut terjadi karena kurangnya menjaga kebersihan rambut atau tertular dari orang lain. Biasanya yang sering mengalami kutuan adalah anak kecil yang belum mengerti cara merawat dan mencegah timbulnya kutu rambut.

cara praktis menghilangkan kutu rambut

Untuk mencegah timbulnya kutu rambut sebetulnya mudah saja, berikut adalah cara praktis mencegah timbulnya kutu rambut:

1. Keramas atau Cuci Rambut Secara Teratur

Rambut dan kepala yang kotor merupakan tempat hidup yang nyaman untuk berbagai kuman seperti ketombe dan kutu rambut. Cucilah rambut dan kepala secara teratur dengan shampo yang sesuai dengan jenis kulit kepala. Seringnya mencuci rambut pun disesuaikan dengan kondisi yang ada, misalnya rambut yang cenderung kotor karena udara yang panas sebaiknya keramas sehari sekali.

2. Gunakan Sisir Dan Aksesoris Rambut Hanya Untuk Anda Sendiri

Salah satu penyebab timbulnya kutu rambut adalah tertular dari orang lain melalui media sisir, ikat rambut dan aksesoris rambut lainnya. Kutu dari orang yang berkutu akan ada yang tertinggal pada aksesoris rambut tsb lalu pindah ke orang lain saat aksesoris rambut yang tercemar tsb dipakai oleh orang lain.

3. Jangan Menempelkan Kepala

Kebiasaan anak kecil yang suka duduk berdekatan bahkan kepala satu anak dengan anak lain saling menempel sebaiknya dihindari karena kutu kepala dapat berpindah dengan mudahnya.

Lalu bagaimana bila Anda atau anak Anda terlanjur kutuan? Tenang saja ada cara praktis menghilangkan kutu rambut.

1. Menggunakan Serit / Sirkam

tips jitu membasmi kutu rambut, cara praktis mengusir kutu rambut

Serit / sirkam adalah sisir dengan jarak gigi yang sangat rapat sehingga hanya mampu dilewati oleh lembaran lambut sementara kutu rambut akan terbawa jatuh. Gunakanlah alas yang berwarna putih untuk melihat kutu rambut yang jatuh untuk segera dibunuh. Lakukanlah menyisir dari bagian atas ke bawah. Walaupun serit / sirkam ini tidak mampu menjatuhkan telur kutu namun dengan pemakaian sisir tsb selama sebulan setiap hari mampu menghilangkan kutu secara sempurna.

2. Gunakan Kain Putih Untuk Memijat Kepala Saat Keramas

Pada saat Anda menggunakan shampo dan timbul busa di kepala Anda lalu gunakan kain putih untuk memijat-mijat kepala dan rambut maka kutu rambut yang lemas akan menempel pada kain putih tsb.

3. Menggunakan Ramuan Tradisional

Anda dapat membuat ramuan tradisional dari perasan air jeruk nipis yang dicampur dengan kayu putih lalu diaduk merata. Gunakan ramuan tsb dengan cara meratakannya ke kulit kepala dan semua bagian rambut. Diamkan sekitar sejam lalu cucilah rambut menggunakan shampo sampai bersih.

4. Menggunakan Obat Kutu Yang Tersedia Di Pasaran

Bila Anda tak mau repot dengan cara 1-3 di atas, Anda dapat menggunakan obat kimia yang tersedia di pasaran. Obat tsb diklaim mampu membunuh telur kutu dan kutu rambut. Cuma bau dan lamanya penggunaan obat yaitu sekitar 4-6 jam seringkali membuat anak-anak tidak betah menggunakannya.

sponsor

Itulah cara mudah mencegah tertularnya kutu rambut dan tips jitu membasmi kutu rambut. Selamat mencoba …

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Iklan
loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara menjahtukan semua telur kutu -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.