Cara Mudah Mahir Berbahasa Inggris

ads

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Tak hanya itu bahasa Inggris pun merupakan bahasa pergaulan dan menjadi syarat utama untuk mendapatkan beasiswa belajar di luar negeri serta menentukan besarnya penghasilan. Apalagi Indonesia merupakai bagian dari AFTA dimana terjadi perdagangan bebas di kawasan ASEAN. Dengan mahir berbahasa Inggris, Anda tidak akan mudah dibohongi dan tidak akan merasa rendah diri. Nah untuk mahir berbahasa Inggris tentunya ada caranya.

Bahasa Inggris sebetulnya tidak terlalu sulit untuk dipelajari, malahan lebih sulit mempelajari ilmu sains dibandingkan bahasa Inggris. Namun walaupun demikian tidak ada sesuatu yang instan kecuali bila Anda lahir dan besar di negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai alat komunikasinya. Kunci agar Anda dapat mahir menggunakan bahasa Inggris hanyalah terletak pada niat dan usaha Anda.

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris

1. Perbanyaklah Kosa Kata / Vocabulary

Semakin Anda banyak menguasai kata, semakin mudah pula Anda menguasai bahasa ini. Cobalah dengan mengetahui bahasa Inggris dari barang-barang yang ada di sekitar Anda, yang sering Anda gunakan dan sering Anda temui.

2. Latihlah Kemampuan Bicara Anda

tips mudah belajar bahasa inggris, kunci sukses belajar bahasa inggris

Anda dapat melatih kemampuan berbicara menggunakan bahasa Inggris dengan menggunakan kosa kata yang Anda miliki. Anda sebaiknya memiliki lawan bicara yang bisa membetulkan kesalahan dalam pengucapan maupun dalam tata bahasa. Namun bila tidak ada lawan bicara yang lebih mahir tak mengapa bila Anda sering-sering berbicara dengan teman Anda. Hal ini berguna untuk melatih keberanian. Salah satu program pemerintah kota Bandung yang mencanangkan program “Kamis English” patut diacungi jempol karena dengan program ini orang-orang akan terpaksa menggunakan bahasa Ingris sehingga terbiasa. Bukankah pepatah mengatakan “Bisa Karena Terbiasa”?

3. Latihlah Kemampuan Membaca Dan Menulis

Orang bilang bila ingin mahir bahasa Inggris perbanyaklah bicara bahasa Inggris, iya memang benar tapi mahir bahasa Inggris tidak hanya dalam berbicara tetapi juga Anda harus bisa membaca dan mengerti isi bacaan tsb selain mampu mendengarkan. Anda dapat melatih kemampuan membaca dalam bahasa Inggris melalui artikel-artikel bahasa Inggris. Anda dapat masuk ke perpustakaan atau bacalah artikel yang tersedia di internet, semua artikel tsb dapat Anda baca secara gratis. Gunakanlah kamus untuk mengartikan kata-kata atau frasa yang tidak Anda mengerti. Andapun dapat menggunakan alat penerjemah gratis di internet. Namun saran saya, bacalah per alinea, kemudian cobalah mengerti, bila memang Anda tidak mengerti barulah lihat terjemahannya.

4. Latihlah Kemampuan Mendengar

Selain belajar dari partner Anda, Anda pun dapat melatih pendengaran Anda menggunakan bahasa Inggris dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris atau menonton film berbahasa Inggris kemudian mencoba mengerti apa yang mereka ucapkan. Banyak teman saya yang mahir berbahasa Inggris hanya karena dia hobi menonton film berbahasa Inggris.

5. Pelajari Tata Bahasa / Grammar

Tata bahasa sangat penting dalam tingkat kehidupan Anda berikutnya. Bukan hanya yang penting sama-sama mengerti tetapi saat Anda masuk ke dunia bisnis, bila Anda tidak mengerti tata bahasa maka atasan atau kolega Anda nantinya akan memberikan nilai minus kepada Anda.

6. Belajar Bahasa Inggris Secara Online

Terdapat berbagai aplikasi maupun tempat belajar bahasa Inggris online. Biasanya terdapat tingkatan level kemapuan mulai dari basic, intermediate sampai level advance. Sayangnya aplikasi gratis untuk level advance sampai level business tidak tersedia. Belajar bahasa Inggris secara online ini meliputi mempelajari kosa kata, grammar (tata bahasa) baik tulisan maupun ucapan dan ada ujiannya. Hanya orang yang lulus tes saja yang dapat melanjutkan ke level berikutnya. Anda pun dapat mengikuti komunitas belajar bahasa yang banyak tersedia di sosial media baik di google plus maupun facebook.

7. Kursus Bahasa Inggris

Banyak kursus bahasa Inggris yang tersedia belakangan ini, baik dalam kelas umum maupun kelas privat.

Jika Anda memiliki budget yang cukup maka Anda dapat mengikuti kursus bahasa Inggris. Namun bila tidak, saya kira dengan tahap 1-6 pun sudah cukup untuk membuat mahir bahasa Inggris asalkan niat Anda kuat dan terus berlatih setiap hari.

sponsor

Itulah tips mahir berbahasa Inggris. Teruslah berlatih, jangan mudah menyerah dan jangan malu untuk berbahasa Inggris, insya Allah Anda akan mahir menggunakan bahasa Inggris. Good luck 🙂

Photo credit: daftarmenarik.com

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Iklan
loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

Apa lewat mendengar lagu bahasa inggris bisa membuat mahir berbahasa inggris -kumpul cara peraktis bahasa inggris -solusi ingin mendapatkan beasiswa tspi tidak mahir berbahasa Inggris -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.